Sirah Nabawiyah #7 : Kisah Kedatangan Nabi Shalalluhu ‘Alahi Wassalam Ke Madinah – Khalid Basalamah

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
Manusia yang telah dipilih oleh Sang Pencipta di antara seluruh manusia – – dari turunan Adam sebagai penutup risalah Rasul atau utusan Sang Pencipta Allah, untuk membawa peraturan-peraturan yang diinginkan oleh Sang Pencipta – – kita tahu dari manusia terbaik ini, mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang halal dan haram. Dan dari sisi yang lain juga sebagai bentuk terima kasih kita terhadap manusia terbaik ni, manusia yang paling layak dicintai dan dipanuti – – karena telah mengorbankan 23 tahun dari masa hidupnya, 13 tahun dari fase Mekkah dan 10 tahun di Madinah, semua – – semuanya untuk menyebarkan agama-Nya yang mulia. Maka kembalilah orang-orang Anshar semuanya bersama dengan sahabat nabi — yang mulia menjadi dai di Madinah adalah Mushaf bin Umar رضي الله عنه Kemudian bersama juga dengan orang-orang yang baru masuk Islam dan yang belum masuk Islam dari asli penduduk Madinah.
Sesama muslim. Kita bicara lingkup muslim. Di perusahaan adalah persaudaraan antara pegawai lama dan pegawai baru.Seperti itulah.” Dan yang ketiga adalah keputusan pemerintahan di Madinah berhubungan dengan muamalah atau perilaku atau sikap dengan orang-orang non-muslim. Muahad. Menulis kesepakatan apa yang harus setiap muslim dan non-muslim bersama di wilayah Madinah. Seperti misalnya mereka membela Madinah bersama-sama. Mereka tidak saling mengganggu. Kalau ada yang salah dihukum. Dan keputusan pemerintahan di tangan nabi ﷻ yang diterapkan hukum Islam. Non-muslim walaupun sudah ada waktu itu Yahudi 50 %di Madinah- -harus patuh. Karena hukum Allah enggak boleh ditolak dan orang-orang non-muslim ikut pada saat itu peraturan nabi ﷻ. Bahkan mereka seringkali- -kalau punya masalah mereka datang kepada nabi ﷻ untuk mencari jalan keluarnya. Ini tiga keputusan. Berarti keputusan yang ketiga adalah– membuat kesepakatan antara muslim dan non-muslim agar tidak saling mengganggu dan siapa yang salah akan dihukum. Serta sama-sama membela negara. Tidak boleh ada yang berkhianat. Kita mulai teman-teman sekalian yang pertama adalah pembangunan mosque. Mosque Kuba dan Mosque Nabawi.

Muslim di Madinah pada waktu itu berusaha merebut tali kekangan unta nabi ﷻ. Untuk mendapatkan kemuliaan supaya nabi ﷻ turun di rumah mereka menjadi tamu. Tetapi nabi ﷻ mengatakan biarkan– jangan ada yang tarik kekangan unta ini. Dan pada saat itu nabi ﷻ sengaja memberhentikan unta beliau di wilayah yang tadi namanya Kuba.Lalu nabi ﷻ pada saat itu mengajarkan hal yang penting yaitu tentang masalah keberadaan masjid. Sebelum beliau banyak berbicara, sebelum banyak- -menyampaikan syariat Allah bangun masjid. “Saya ingin ada masjid di sini yang memberikan simbol kalau nabi ﷻ sudah tiba di Madinah dan Madinah– kota Islam. Dibangun oleh para sahabat. Masjid dibangun ramai-ramai mereka membangunnya. Dan Allah ﷻ menurunkan ayat Al-Qur ' an — pada saat itu memuji tentang masalah Mosque Kuba. Surat At-Taubah, surat nomor sembilan ayat 107-108. Sebenarnya ayat ini turun 108 dulu baru 107. Tetapi ayat ini disatukan oleh nabi ﷻ sesuai dengan perintah Allah ditaruh di dalam surat At-Taubah- Surat nomor 9 ayat 107 sampai 108. Kita sekarang satukan, yang penting Saya sudah sebutkan teman-teman sekalian sebenarnya turun duluan — 108 baru 107. Ini biasa terjadi di zaman nabi ﷻ. Kita tahu surat-surat yang pertama turun di Islam seperti Ad-Duha, Al-Muzammil,- -ini semua adalah Al-Mudatsir turun di awal-awal tapi diletakkan di juz 30. Itu perintah Allah ﷻ kepada nabi-Nya Muhammad ﷻ. Kadang-kadang cuman dua ayat, kadang-kadang cuman tiga ayar yang turun. Lalu Allah perintahkan nabi-Nya ﷻ letakkan di surah ini di ayat nomor sekian. Bunyi ayatnya. أعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ وَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مَسْجِدًا ضِرَارًا وَّكُفْرًا وَّتَفْرِيْقًاۢ بَيْنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَاِرْصَادًا لِّمَنْ حَارَبَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ مِنْ قَبْلُ وَلَيَحْلِفُنَّ اِنْ اَرَدْنَآ اِلَّا الْحُسْنٰىۗ وَاللّٰهُ يَشْهَدُ اِنَّهُمْ لَكٰذِبُوْنَ ١٠٧ لَا تَقُمْ فِيْهِ اَبَدًاۗ لَمَسْجِدٌ اُسِّسَ عَلَى التَّقْوٰى مِنْ اَوَّلِ يَوْمٍ اَحَقُّ اَنْ تَقُوْمَ فِيْهِۗ فِيْهِ رِجَالٌ يُّحِبُّوْنَ اَنْ يَّتَطَهَّرُوْاۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِيْنَ ١٠٨ Dan pendapat yang paling kuat sebenarnya ayat ini turun bukan pada saat pembangunan masjid Kuba, tapi setelah dibangunnya masjid Dhirar.Apa itu Dhirar? Masjid yang buruk. Dibangun oleh orang-orang munafik di Madinah, setelah mengetahui ada Mosque Nabawi. Mereka juga ikut-ikutan bangun mosque, tapi masjidnya mosque Dhirar. Dhirar ialah masjid yang sengaja untuk memerangi Allah dan Rasul-Nya. Dan awal daripada sebab turun ayat ini teman-teman sekalian, di ayat 107-nya, dan orang-orang munafik itu mereka mendirikan masjid untuk menimbulkan– kemudharatan kepada orang-orang mukmin. Untuk kekafiran dan untuk memecah-belah antara orang-orang mukmin serta menunggu kedatangan– orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu.Mereka sesungguhnya bersumpah “Kami tidak menghendaki selain kebaikan( bangun mosque ini) dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya–“. mereka itu pendusta dalam sumpahnya.” Ayat 107 ini teman-teman sekalian, sebabnya kenapa Allah mengatakan “Dan mereka menunggu seseorang atau orang-orang yang telah–“. agar kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu.” Yang dimaksud adalah ada seorang pendeta Nasrani– bernama Abu Amir. Abu Amir ini dulu dari asli Madinah kemudian dia tinggal di negeri Syam jadi pendeta. Kemudian, dia pergi ke Syria lalu jadi pendeta di sana. Pada saat itu teman-teman sekalian, mereka sengaja mengundangnya untuk menyaingin nabi ﷻ. Ini pendeta datang juga nih.Mereka muslimin mengaku ada nabi ini kita punya pendeta. Padahal mereka tidak ingin masuk agama Nasrani. Hanya untuk mengacaukan saja tujuannya.

Maka pada saat itu dengan hikmah Allah si Abu Amir ini wafat di Syria sebelum ke Madinah. Dan nabi ﷻ diperintahkan oleh Allah Sang Pencipta untuk menghancurkan masjid Dhirar itu. Sehingga keluarlah sebuah hukum — kalau masjid dibangun oleh orang-orang munafikin dan orang-orang kafir, maka tidak sah untuk salat di situ. Namanya mosque Dhirar dan ulama mengatakan mosque hanya boleh dibangun dari harta kaum muslimin. Jangankan orang kafir, orang munafik saja enggak boleh kita salat di dalamnya.Karena pasti mereka bangun ada tujuannya. Untuk apa? Dan dia tidak salat di situ. Pasti ada tujuan yang tidak benar. Makanya dikatakan mosque Dhirar. Dia bangun tempat ibadahnya dia sendiri.

Orang munafik juga pura-pura Islam “mengatasnamakan Islam. Di dalamnya berkumpul untuk memerangi Allah dan Rasul-Nya. Nabi ﷻ waktu itu disuruh “menghancurkan masjid itu.” Dirubuhkan sama sekali enggak boleh ada masjid itu. Kemudian Allah “mengatakan dalam 108-nya. “Janganlah kamu salat dalam masjid itu selama-lamanya.” Mosque Dhirar tadi. Walaupun nanti diambil — oleh kaum muslimin, tetap enggak boleh.” Karena harta yang dipakai bangun itu haram. Tujuannya juga haram. Tidak boleh. Jadi ada larangan tegas di sini. Jangan kamu salat di mosque itu, wahai Muhammad, selama-lamanya.” Enggak boleh dan Allah menurunkan perintah pada saat itu suruh menghancurkan masjid itu. Sesungguhnya.

. Lalu di sini saksi bahasan kita Allah sebutkan tentang pujian mosque Kuba. Sesungguhnya mosque yang didirikan di atas dasar takwa– mosque Kuba, sejak hari pertama kamu masuk ke Madinah hai Muhammad adalah lebih patut kamu salat di dalamnya. Di dalam masjid itu atau di sekitar masjid itu ada orang-orang yang suka menyucikan diri mereka dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.” Ada orang-orang yang suka membersihkan diri mereka dan sesungguhnya Allah suka dengan orang yang bersih. Sedikit kita garisbawahi dulu kalimat masjid yang pertama dibangun di atas ketakwaan. Kenapa Allah mengatakan kalimat ini teman-teman? Karena– perilaku pertama nabi ﷻ datang, beliau ingin mendirikan salat lima waktu yang wajib pada saat itu. Dan harus ada tempatnya. Juga kalau ada masjid berarti sudah ada simbol keislaman. Maka dianggap itu mosque yang dibangun di atas ketakwaan. Apalagi muslimin rame-rame ikut partisipasi membangunnya walaupun itu masjid Kuba teman-teman, jangan dibayangkan kaya mosque sekarang. Masjid Kuba sekarang atau mosque kita sekarang juga mewah. Enggak. Masjidnya dari tanah liat, tiga hari jadi asal jadi masjid bangunan.Dan Saya sudah pernah bilang bahwa ulama Sepakat mengatakan “Masjid itu walaupun hanya kalau sekarang kita sekat triplex.” rumah kita seribu meter di depan sana di depan rumah di halaman- Dua kali sepuluh Saya wakafin buat masjid. Disekat pakai tiplek hukumnya sudah hukum mosque. Jadi sesederhana apapun yang penting niatnya. Niatnya jadi mosque, jadi mosque.” Rumah kita tadinya rumah, sudah Saya wakafin jadi mosque sekarang tidak ditinggalin lagi– udah jadi masjid hukumnya

. Jadi di sini teman-teman sekalian yang perlu digaris bawahi tentang masalah masjid itu. Ini masih masalah takwa. Kemudian dikatakan “Dan di dalam itu lebih patut kamu salat di dalamnya.” Jadi masjid yang dibangun di atas ketakwaan dari harta kaum muslimin, lebih pantas salat di dalamnya. Artinya tidak boleh salat di tempat yang lain. Kecuali keadaannya adalah memang bangunan itu tadinya dibangun oleh orang non-muslim seperti gereja lalu dibeli oleh kaum muslimin. Ditebus, dibeli, atau direbut dengan kekuasaan. Itu punya hukum tersendiri. Seperti sekarang banyak kasus di Eropa, di Australia– saat gereja tidak lagi dipakai oleh orang-orang non-muslim, jamaahnya sedikit kaum muslimin beli.Mereka jual. Saya pernah ceramah di Sydney pada saat itu di jalan raya yang termasuk paling mewah di sana, Dway namanya. Ada masjid di situ tadinya gereja dibeli oleh kaum muslimin. Dan Alhamdulillah kebetulan yang beli muslimin oleh orang Indonesia. Yang membelinya. Dan itu sekarang tempat yang kalau di Jakarta itu Menteng mungkin yang mewah. Nah ini contohnya, dicabut semua perangkat — perangkat Nasrani, dibeli, ditebus, kemudian dipakai jadi mosque. Atau direbut dengan kekuatan seperti kasus Umar container Khattab رضي الله عنه– menembus Palestina atau kasus Muhammad Al-Fatih dari Turki yang menembus Turki wilayah Eropa, sehingga dia mengubah gereja menjadi mosque hagia sophia. Dicabut semua perangkatnya kemudian dipakai. Tapi kalau dasarnya mosque itu dibangun dengan duit orang-orang non-muslim dan dipakai – -dipakai untuk memerangi Allah dan Rasul-Nya, maka masuk dalam kategori masjid Dhirar ini. Hal yang existed dari ayat di sini disebutkan adalah di sekitarnya atau di dalamnya ada lelaki atau orang-orang yang suka membersihkan diri– dan Allah suka dengan kebersihan atau orang-orang yang bersih. Ini teman-teman sekalian ternyata ada sebabnya. Jadi ternyata penduduk Kuba waktu awal nabi ﷻ bangun mosque, pertanyaan-pertanyaan mereka tertuju kepada masalah — kebersihan dan mereka suka sekali kebersihan.Pertanyaan pertamanya “Ya Rasulullah bagaimana kami menyucikan diri?” Maaf seperti buang air kecil, buang air besar, maka nabi ﷻ menjelaskan hukum Syar ' i berhubungan dengan masalah istinja dan istijmar. Istinja kalau kita bersihkan diri kita dengan air. Seperti kita tahu maaf cebok dengan air segala macam ini dibersihkan. Dari buang air kecil mau buang air besar atau mandi junub. Kalau isijmar adalah menggunakan benda-benda kering. Dan ini nabi ﷻ yang ia gunakan di jaman beliau ada batu. Kalau tidak ada air, jadi ceboknya pakai batu yang dianggap kering. Sehingga suci, maka ini

yang dipakai. Karena penduduk Kuba setelah mendengar sabda nabi ﷻ ini mereka menggabungkan– keduanya.Mereka sudah cebok dengan air, mereka pakai batu lagi. Maka Allah sebutkan. فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُوا United States. 0:27:21.857,0:27:26.041. “Di sekitar masjid Kuba itu ada orang-orang yang sangat suka dengan kebersihan.” وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ. “Dan Allah sangat suka dengan orang-orang yang bersih.” Nah ini pelajaran juga teman-teman sekalian bagaimana Islam datang mengatur kebersihan. Harus seorang muslim itu bersih dan rapih serta tidak — benar kalau ada orang yang mengatakan kalau Islam itu, kalau kita jadi muslim atau kita sudah dekat dengan agama enggak perlu memerhatikan– lagi kebersihan. Enggak perlu lagi memerhatikan mandi bersih, baju bersih, enggak perlu lagi memerhatikan mengurus kerapihan dan– dan kebersihan. Ini semua tidak benar. Orang-orang banyak mengatakan ini tidak perlu. Ini yang tidak benar. Saya pernah masuk ke sebuah mosque. Masjid di daerah Surabaya. Tanpa sengaja Saya salat di situ, tiba-tiba setelah salat ashar ada yang berdiri bicara — ceramah. Dan di antara ceramah yang disampaikan, Saya kaget dia mengatakan “Kita ini orang Islam tidak usah terlalu sibuk dengan dunia– seperti misalnya banyak mandi, pakai baju bersih, enggak perlu. Makan makanan yang sehat juga.Kita makan apa adanya saja. Dunia cuman sebentar. Kita akan lewatin.

Ini bahaya sekali. Secara “zahirnya bisa ada sedikit beberapa poin benarnya, tapi umumnya salah ini. Karena nabi ﷻ gemar memakan paha kambing, engga pernah nabi makan roti kering. Dan juga ada ada hadis yang menjelaskan kalau nabi ﷻ– Aisyah mengatakan “Kami pernah sebulan tidak menyalakan api di rumah kami.” Ada sebagian ulama yang bilang waktu itu nabi ﷻ -sebagian ulama yang bilang waktu itu nabi ﷻ tidak memiliki harta. Tapi kalau pendapat yang Saya pegangi, ada pendapat lain yang menjelaskan — teman-teman sekalian sebenarnya nabi ﷻ fokus makan pada saat itu kurma dan minum air, bukan mustahil Anda terapi. Karena kata Aisyah رضي الله عنه dalam hadis Bukhari “Kami pernah sebulan tidak menyalakan api di rumah kami dan kami cukupkan makan– dengan Aswadain.Aswadain maksudnya adalah kurma dan air. Sebagian ulama menarik ini dalam masalah kesehatan atau pengobatan nabawiyah.
Kalau seseorang mau terapi dari penyakit, maka selama sebulan dia cuma makan kurma dan air putih.
Ini yang dilakukan nabi ﷻ dan itu cuma sekali. Maka ini perlu digarisbawahi teman-teman sekalian, kemudian nabi ﷻ menggunakan baju yang bagus, baju nabi ﷻ umumnya. Kuda nabi ﷻ kuda yang sangat bagus.

Manusia yang telah dipilih oleh Sang Pencipta di antara seluruh manusia – – dari turunan Adam sebagai penutup risalah Rasul atau utusan Sang Pencipta Allah, untuk membawa peraturan-peraturan yang diinginkan oleh Sang Pencipta – – kita tahu dari manusia terbaik ini, mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang halal dan haram. Dan dari sisi yang lain juga sebagai bentuk terima kasih kita terhadap manusia terbaik ni, manusia yang paling layak dicintai dan dipanuti – – karena telah mengorbankan 23 tahun dari masa hidupnya, 13 tahun dari fase Mekkah dan 10 tahun di Madinah, semua – – semuanya untuk menyebarkan agama-Nya yang mulia. Maka kembalilah orang-orang Anshar semuanya bersama dengan sahabat nabi — yang mulia menjadi dai di Madinah adalah Mushaf container Umar رضي الله عنه Kemudian bersama juga dengan orang-orang yang baru masuk Islam dan yang belum masuk Islam dari asli penduduk Madinah. Pondasi pertama, dalam pembangunan negara dalam Islam kalau kita juga boleh instansi kelembagaan yang pertama adalah membangun– masjid dan ini perilaku nabi ﷻ yang pertama teman-teman sekalian, makanya sangat penting di satu kota wilayah negara atau kita lingkup yang lebih sempit — seperti perusahaan seorang muslim harus ada masjidnya. Hal yang lain dari ayat di sini disebutkan adalah di sekitarnya atau di dalamnya ada lelaki atau orang-orang yang suka membersihkan diri– dan Allah suka dengan kebersihan atau orang-orang yang bersih.Kemudian ada orang yang datang kepada Saya bertanya Dia bilang “Ustaz, kami di perusahaan ini cuma dua orang yang muslim.Saya sama teman Saya ini. Baik batu yang utuh — maupun batu yang dimasukkan ke dalam adonan tanah lihat tadi yang Saya bilang. Dan Sumayyah, Ibunya, wanita pertama yang mati syahid dalam Islam yang dibunuh oleh Abu Jahal.

Kemudian dia juga memakai bajunya yang terbaik.Dia memakai minyak wangi yang terbaik pula. Baik batu yang utuh — maupun batu yang dimasukkan ke dalam adonan tanah lihat tadi yang Saya bilang. Dan Sumayyah, Ibunya, wanita pertama yang mati syahid dalam Islam yang dibunuh oleh Abu Jahal. Tapi peperangan itu disebabkah oleh orang-orang yang masuk di kelompok Ali container Abi Thalib yang terkenal nanti dengan kelompok Khawarij. Tapi kelompok yang membunuh Ammar ini adalah kelompok kelompok Khawarij yang dasarnya memang — menjadi otak masalah peperangan terjadi antara Muawiyyah sama Ali رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ Ini perlu digarisbawahi teman-teman sekalian, karena kalau tidak malah disalahpahami nanti.Pada saat itu nabi ﷻ menjadi tamu di rumah Abu Ayyub Al-Anshori dan ini sahabat nabi yang mulia yang Allah ﷻ — panjangkan umurnya dan banyak sekali kelebihannya dalam Islam. Dan ini salah satu yang hadir di mosque yang dijebak tadi. Ini kejadian yang pertama tentang masalah pembangunan masjid Kuba dan masjid Nabawi.Dan ada sedikit tambahan tadi tentang masuk Islamnya, Abdullah bin Salam رضي الله عنه pada saat selesai pembangunan Masjid Nabawi dan juga dari– dari kita ada kisah tentang Abu Ayyub Al-Anshar yang juga menjamu nabi ﷻ di rumahnya.

Pada saat itu nabi ﷻ menjadi tamu di rumah Abu Ayyub Al-Anshori dan ini sahabat nabi yang mulia yang Allah ﷻ — panjangkan umurnya dan banyak sekali kelebihannya dalam Islam. Ada juga anaknya Abu Bakar yang lain, Abudurrahman ada yang lain juga masih tinggal. Dan ini salah satu yang hadir di mosque yang dijebak tadi. Ini kejadian yang pertama tentang masalah pembangunan masjid Kuba dan masjid Nabawi.Dan ada sedikit tambahan tadi tentang masuk Islamnya, Abdullah container Salam رضي الله عنه pada saat selesai pembangunan Mosque Nabawi dan juga dari– dari kita ada kisah tentang Abu Ayyub Al-Anshar yang juga menjamu nabi ﷻ di rumahnya. Di antara kisah yang paling mahsyur adalah kisahnya dua orang sahabat nabi yang mulia.Dua-duanya orang– kaya raya.Tapi Abdurrahman orang yang sudah tertanam iman dalam hatinya. Jangankan hartanya Sa'' advertisement, harta dia word play here yang banyak di Mekkah ditinggalkan.Jangankan memilih istri Sa ' ad, istri dia word play here dia tinggalkan. رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ orang yang luar biasa keimanannya. Maka Abdurrahman mengtakan “” Semoga Allah memberikahi di keluargamu.” “””. dan di hartamu. Tunjukkan padaku pasar, biarkan aku memulai usaha.”” Coba bayangkan teman-teman kalau kita di posisi Abdurrahman, kira-kira terima enggak ini? Ketawanya sudah merupakan jawaban. Ditawarkan punya istri pada saat itu dan istrinya Abdurrahman saat ini bukan orang yang jelek. Orang yang sangat cantik punya kedudukan karena Sa'' ad sendiri kepala suku di Madinah. Nah ini luar biasa. Tapi ditolak sama dia dengan santun. Dan Abdurrahman dengan kemuliaan pada saat itu رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ pergi ke pasar kemudian ada satu toko jual cangkul – – karena waktu itu mayoritas pekerjaan masyarakat Madinah adalah tukang kebun. Kebun kurma. Maka dia word play here datang ke toko itu dan mengatakan – – “” Saya Abdurrahman dari Mekkah Muhajir.”” Dan orang-orang Anshar sudah tahu.Pada saat nabi ﷻ hijrah ke Madinah seluruhnya hampir masuk Islam–tinggal beberapa orang yang saja yang belum masuk Islam pada saat itu. Maka Sa ' ad ingin mulai usaha, “Bisa enggak Saya pinjam.”–” beberapa cangkul ini, jual beli tapi jatuh tempo. Saya bayar besok.” Maka pemilik tokoh mengatakan “Baiklah silahkan ambilah.”” Maka Abdurrahman mengambil lalu “mulai keliling pasar dan jual” lima enam cangkul.Laku. Dibayar ke toko itu. Besok lagi begitu. Sampai cuman satu bulan saja, beliau sudah

punya kios cangkul sendiri رضي الله عنه Sampai nabi ﷻ memuja Abdurrahman dalam riwayat sahih mengatakan “Sungguh kalau Abdurrahman kalau segenggam tanah, niscaya dia akan untung.” Karena cerdasnya dalam berdagang رضي “الله عنه dan satu-satunya sahabat yang punya ide untuk membuat dan membangun” pasar adalah Abdurrahman رضي الله عنه Beliau melihat pasar di Madinah begitu-begitu saja terus. Maka beliau melihat ada banyak lahan yang tidak terpakai. Beliau datang izin kepada nabi ﷻ “Lahan ini tidak ada pemiliknya?” Lahan kosong begitu saja. “Bagaimana bisa enggak Saya buat pasar?” Nabi ﷻ jawab “Silakan.” Dia bangunlah “kios-kiosnya. Tempat-tempatnya, kemudian dia mengajak “Hai muslimin, siapa yang mau pakai.”–“. pasar ini silakan. Gratis enggak ada pembayaran apa-apa.” Silahkan dipakai.” “Kalau misalnya ada yang punya keuntungan dari “perdagangan dan mau memberikan kepada kami bagi hasil, kami menerima.” Seperti itulah.Tapi kalau tidak mau bayar juga, tidak masalah.” “Maka mulailah terbuka pasar satu, pasar dua, banyak pasar yang dibangun oleh Abdurrahman–container Auf رضي الله عنه dan ini teman-teman bisa kembali

ke kisah beliau yang sudah Saya sampaikan di serial sahabat di YouTube. Alhamdulillah sekarang sudah ada 20 serial sahabat, di antaranya 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga dan salah satunya–Abdurrahman container Auf رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Baik tentu ada beberapa orang yang lain yang dipersaudarakan oleh nabi ﷻ- -tetap yang paling mahsyur kisahnya adalah Abdurrahman dengan Sa ' ad. Yang terakhir teman-teman sekalian adalah Keputusan pemerintahan di Madinah. Setelah persaudaraan Muhajirin dan Anshar selesai, pada hari itu juga si Fulan dan Fulan– sudah bersaudara, semuanya saling bantu membantu, jadi yang mukim penduduk asli memilih satu orang Muhajirin.Kemudian dijadikan sebagai sahabatnya. Boleh tinggal di rumahnya bershabat sama dia, dia penuhi kebutuhannya modal usaha- -pokoknya menjadi sahabat dekatnya. Maka nabi ﷻ mengeluarkan instruksi yang ketiga, dan keputusan yang ketiga itu keputusan pemerintahan– di Madinah.

Maka keluarlah pada saat itu piagam yang mahsyur dengan piagam Madinah. Kesepakatan antara nabi ﷻ dengan–orang-orang kafir di Madinah. Baik itu orang Yahudi ataupun orang-orang yang asli dari Madinah yang belum masuk Islam. Di antara isi piagam itu adalah, mereka harus tidak saling mengganggu satu sama lain. Tidak saling mengganggu satu sama yang lain. Dan. mereka harus sama-sama membela Madinah jika diserang musuh. Jadi agama masing-masing berjalan, لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ. Kemudian juga keputusan di Madinah saling bekerja sama kalau Madinah di serang. Keputusan yang lain dari piagam Madinah, teman-teman sekalian adalah bahwasanya siapapun orang-orang Mekkah dari Quraisy–yang masuk ke Madinah tidak boleh dijamu dan tidak boleh melindungi mereka. Kalau ada orang-orang Mekkah datang, kan ini ceritanya muslimin hijrah ke Madinah karena apa? Karena disiksa di Mekkah. Dirampas hartanya, dizalimi.Sudah tahu beberapa kisah sahabat yang sudah kita sampaikan mereka disiksa. Ada yang ditusuk perutnya kaya kisah Sumayyah. Abu Jahal tuannya pada saat itu pegang tombak, dengan kepala tombak yang tajam sambil dilihatkan di mata Sumayyah. Kalau kau tidak mau tinggalkan agama Muhammad, Saya akan tusuk perutmu pelan-pelan. Waktu itu Sumayyah lagi hamil رضي الله عنه Bukan ditusuk mati, enggak.

Ditusuk pelan-pelan sampai mati. “Kalau kau tidak mau dengar.” Sumayyah tidak mau sampai dibunuh oleh Abu Jahal. Jadi penindasan yang luar biasa. Penyiksaan. Abdurrahman bin Auf, seluruh hartanya diambil. Begitu juga dengan sahabat-sahabat nabi yang lain. Di antaranya Abu Bakar, Ustman bin Affan, banyak yang sudah jadi kaya milyardernya Mekkah, diambil semua hartanya. Maka nabi ﷻ ingin menunjukkan kepada mereka perilaku kezaliman ini akan terjadi juga pada kalian. Sekarang kami sudah punya komunitas”, maka seluruh– penduduk Quraisy yang kafir, kalau yang beriman datang lain cerita. Kalau yang kafir dan datang ke Madinah, tidak ada jaminan bagi dia. Tidak boleh dijamu, tidak boleh diajak ngobrol, tidak boleh dilindungi. Ini keputusan yang ada pada saat itu. Dan ini kata sebagian ahli sejarah adalah iklan atau informasi perang dari nabi ﷻ Pada saat itu kepada orang-orang Quraisy.Ya ini mulai awal iklan peperangan yang memang disebutkan oleh para ahli sejarah dari nabi ﷻ. Kita tutup teman-teman sekalian dengan kejadian-kejadian penting pada awal hijrah. Kejadian penting yang terjadi di awal hijrah, maksudnya di sini di tahun awal hijrah. Tahun pertama hijriah. Pada saat itu, wafatlah salah seorang sahabat nabi yang mulia As ' advertisement container Zurarah siapa orang ini? Sa ' ad container Zurarah. Tadi baru kita sebutkan. Saya kasih minyak wangi deh.Sa ' advertisement bin Zurarah tadi kita sebutin. Ahsan, yang tadi Saya bilang salat jumat di rumahnya, kasih ini (parfum). Akhirnya dapat juga tuh. Jangan dilupa namanya, tadi Saya bilang dihapalkan nama ini. As ' advertisement bin Zurarah رضي الله عنه ini adalah sahabat nabi yang mendirikan-salat Jum ' at di rumahnya sampai empat puluh orang sehingga keluar pendapat ulama tentang harusnya empat puluh orang yang salat, sudah kita jelaskan. Ini khilaf di antara ulama'. Pada tahun pertama Hijriah, As ' advertisement container Zurarah meninggal'رضي الله عنه mati typical. Maaf mati typical ya, bukan mati di medan perang.Mati di tahun pertama hijriah. Saya ulangi lagi, As ' advertisement bin Zurarah رضي الله عنه adalah orang yang pertama mati di tahun'pertama Hijriah dari orang Anshar –kejadian yang kedua teman-teman sekalian, selama empat bulan setelah hijrah di tahun pertama Hijriah ini, semua wanita muslimah yang melahirkan– lahirnya anak perempuan semua. Enggak ada anak laki-laki. Setiap hari ada wanita-wanita muslimah melahirkan tapi semua perempuan. Empat bulan. Sampai lahir puluhan orang pada saat itu, semuanya perempuan. Orang-orang Yahudi sebarkan isu. Mereka bilang apa? “Kalau kami telah menyihir kaum muslimin sehingga tak ada lagi keturunan laki-laki. Bohong, isu bohong. Tapi memang dengan hikmah Allah selama empat bulan tak ada anak laki-laki. Setiap melahirkan perempuan, setiap melahirkan perempuan. Sampai akhirnya tiba Zubair bin Awwam dan istrinya Asma bin Abu Bakar رضي الله عنه. Baru hijrah dari Mekkah nih. Asma lagi hamil besar. Asma lagi hamil besar رضي الله عنه. Pas tiba di Madinah beberapa hari kemudian– dia melahirkan dan subhanallah anaknya laki-laki. Lalu anaknya dibawa kepada nabi ﷻ, anaknya Zubair.Dan Asma رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ diberikan nama Abdullah yang mahsyur, Abdullah bin Zubair رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ Baik. Abdullah bin Zubair dibawa ke nabi ﷻ lalu nabi ﷻ sangat gembira dan beliau pun mentahniknya. Memberikan kepadanya kurma yang dikunyahnya –lalu ditempelkan lagi di langit-langitnya, maka awal yang masuk ke dalam perut Abdullah adalah air liur nabi ﷻ. Nabi ﷻ yang memberikan nama, Abdullah dan sekaligus memberikan Abdullah kepada para sahabat untuk digotong keliling Madinah – -dan dilewatkan dipemukiman orang-orang Yahudi kalau ternyata isu apa yang mereka sebar selama ini

dusta. Kaum muslimin sudah memiliki keturunan laki-laki dan mereka sambil bertakbir melewatin pemukiman orang-orang Yahudi. Abdullah bin Zubair ini teman-teman sekalian adalah sahabat nabi yang mulia dan terbunuh pada itu di Mekkah. Dibunuh oleh seseorang yang bernama Hajjaj.Hajjaj bin Yusuf dialah yang membunuh Abdullah bin Zubair. Jadi pada Muawiyyah meninggal mati, teman-teman sekalian, ada beberapa sahabat nabi yang masih muda. Umurnya waktu itu masih di bawah empat puluh tahun. Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Umar, Abdullah container Amr container Ash. Yang dikenal dengan, empat Abadillah atau empat Abdullah. Kemudian juga ada sahabat-sahabat nabi yang lain Anas bin Malik, Usama container Zaid. Ini mereka semua masih muda. Waktu Muawiyyah meninggal dunia, Muawiyyah menulis wasiat untuk menunjuk anaknya dia yang bernama Yazid menjadi- -Khalifah. Rupanya sahabat-sahabat nabi yang masih muda ini tidak menerima itu. Termasuk di dalamnya Hasan رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Ini semua adalah sahabat-sahabat nabi yang masih

muda. Mereka berharap yang jadi khalifah setelah Muawiyyah adalah sahabat nabi juga. Karena sahabat nabi masih ada. Tapi sudah terlanjut masyarakat Syam membaiat Yazid. Abdullah bin Zubair رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ ini pergi ke Mekkah, tinggalkan Madinah menuju ke Mekkah, lalu kemudian mengiklankan dirinya–sebagai Khalifah muslimin juga.Dan penduduk HIjaz, Mekkah Madinah, Jeddah ini membaiat Abdullah container Zubair. Maka pada saat itu terjadilah dua khalifah. Di Negeri Syam ada Yazid, di Negeri Hijaz ada Abdullah bin Zubair. Sempat memimpin beberapa waktu pada saat itu. Abdullah container Umar dan sahabat-sahabat nabi yang lain mengingatkan Abdullah bin Zubair- -sudahlah, jangan ribut tentang masalah politik seperti ini. Enggak usah ikut-ikutan.” Yazid sudah dinobatkan terlebih dahulu sebelum kamu. Jadi enggak usah sekarang nobatkan diri. Dia bilang “Enggak bisa. Sahabat nabi masih hidup kenapa dia harus jadi Khalifah?” Akhirnya tetap ngotot untuk jadi Khalifah.Saya lupa pada saat itu berapa bulan, tidak sempat tahunan kalau tidak salah. Kemudian Yazid mengirim pasukan yang dimimpin oleh Hajaj bin Yusuf. Ini panglima perang yang sangat bejat pada saat itu. Dia datang menyerang Mekkah. Abdullah container Umar, Abdullah bin Abbas waktu itu tidak memilih siapapun.

Tidak membaiat Yazid, –tidak juga membiaiat Abdullah container Zubair. Sampai ada yang satu orang baru kemudian mereka milih. Pada saat itu terjadi peperangan sampai pada akhirnya Mekkah berhasil ditaklukan oleh Hajaj dan pada saat itu bangunan Ka ' bah sempat runtuh sebagian. Serta Abdullah bin Zubair terbunuh رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Lalu digantung jenazahnya di dekat Ka ' bah. Pada saat itu sebagai iklan. Ini adalah pemberontal dan seterusnya. Maka Abdullah container Umar رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ waktu mendengar pasukan Yazid, pasukan Hajaj bertakbir, dia mengatakan– “Sungguh demi Allah.” Kata Abdullah container Umar “Demi Allah aku telah menyaksikan hari kelahirannya Abdullah container Zubair ini.” Dan hari terbunuhnya.Dia waktu lahir pertama, tadi waktu Ayahnya hijrah Zubair dan Asma ke Madinah, dan hilangnya fitnah –ata isu Yahudi yang mengatakan “Kami sihir muslimin, itu pada saat itu. aku menyaksikan lahirnya.” “Dan aku tahu siapa pada saat itu yang bertakbir.” Maksudnya para sahabat nabi. “Dan aku menyaksikan matinya sekarang.”–“. dan aku tahu siapa yang bertakbir.” Orang-orang yang jauh dari sahabat nabi. Bukan sahabat-sahabat nabi tapi orang-orang yang– baru masuk Islam dan demi Allah, yang bertakbir pada saat dia lahir lebih baik daripada yang bertakbir pada saat dia meninggal.” Tapi di sini Abdullah bin Umar tidak memvonis siapapun yang salah atau benar.Tapi beliau hanya mengatakan kalimat– lalu beliau melihat jenazahnya Abdullah bin Zubair sambil berkata “Wahai Ibn Zubair, bukankah Saya sudah nasihatin kamu.”- -“. bukankah Saya sudah nasihatin kamu?” Terus saja begitu. Lalu Abdullah container Umar pun kembali ke Madinah lalu membaiat Yazid. Mengatakan “Baiklah.” Khilafah kepada Yazid. “Tidak boleh ada lagi sahabat yang memberontak ataupun membantah di sini khilafah yang sudah ada. Supaya tidak terjadi. masalah bagi kaum muslimin.” Ini termasuk tambahan saja tentang Abdullah bin Zubair, tapi yang jelas–saksi bahasan Ayahnya Zubair bin Awam dan Ibunya Astma binti Abi Bakar رَضِيَ اللَّهُ “عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Ayahnya dan Ibunya Abdullah adalah- “-orang yang hijrah ke Madinah dan akhirnya mendapatkan anak laki-laki. Kejadian yang existed teman-teman sekalian pada saat awal Hijriah itu. Nabi ﷻ juga “menikahi Aisyah رضي الله عنه di tahun pertama Hijriah. Setelah Aisyah diajak atau hijrah sudah tiba di Madinah, maka di Tahun pertama itulah nabi ﷻ menikahi Aisyah. Kejadian yang lain, di awal tahun pertama Hijriah perintah salat ditambah jumlah rakatnya.Waktu pertama kasus salat” Isra dan Mi ' raj teman-teman sekalian, jumlah rakaat salat semuanya dua rakaat.

Subuh dua, Ashar dua, Maghrib dua, Isya dua. Semua sama dua. Dan di tahun pertama hijriah turun wahyu mengubah itu. Yang tetap dalam rakaatnya subuh saja dua rakaat. Zuhur ditambah dua, Ashar ditambah dua, “Maghrib tambah satu, Isya tambah dua. Dan ini terjadi di tahun pertama Hijriah. Juga pada saat itu terjadi teman-teman sekalian, azan pertama kali dikumandangkan “.” Itu diawal Hijriah. Diawal hijriah. Jadi setelah diubahnya jumlah rakaat salat, belum ada wahyu yang menyampaikan bagaimana caranya, muslimin untuk tahu waktu salat sudah masuk. Kecuali dari tanda-tanda saja, seperti sabda nabi ﷻ “Zuhur itu adalah kalau seseorang berdiri di bawah matahari dan tidak terlihat bayangannya.” Kalau kita berdiri dan matahari ada di tengah-tengah kepala kita, jadi bayangan tidak terlihat, maka itu masuk waktu Zuhur. Waktu Ashar pada saat matahari sangat terang. Waktu Maghrib pada saat terlihat awan merah, dan waktu Isya pada saat awan merah hilang dan subuh–pada saat langit sudah bisa terlihat bukan gelap lagi seperti malam.Jadi ada ciri-cirinya. Maka para sahabat cuman mengingat itu saja. Lalu mereka kumpul untuk salat berjamaah bersama nabi ﷻ. Apalagi ini tidak ada microphone sekarang untuk pengeras suara untuk manggil orang. Maka pada saat itu teman-teman sekalian, nabi ﷻ beristihaj karena belum ada wahyu turun

. Untuk memberikan tanda yang terbaik tentang waktu salat. Sampai dalam beberapa Atsar disebutkan, nabi ﷻ sempat menyuruh sahabat untuk mencari lonceng yang digunakan oleh orang-orang Nasrani. Cari lonceng biar lonceng juga dibunyiin. Tanda salat sudah masuk waktu. Saat itu belum ada wahyu turun. Akhirnya sahabat pada nyari semua. Di Madinah tidak ada Nasrani dan orang Yahudi tidak pakai lonceng. Maka mereka tidak temukan. Akhirnya pada malam itu, seorang sahabat nabi yang mulia namanya Abdullah container Zaid container Tsa’labah. Sahabat nabi yang mulia ini mimpi. Dia melihat dalam mimpinya ada seseorang membawa lonceng lalu dia tanya–” Hai tuan mau enggak jual lonceng itu buat Saya?” Kata orang itu “Untuk apa kau beli lonceng?” Dia bilang untuk panggilan salat kami. Maka orang itu pun berkata, “Maukah kamu Saya tunjukkan padamu daripada lonceng ini?” Kamudian Abdullah” bin Zaid mengatakan- -” Iya tentu saja mau.” Kemudian orang itu mengajarkan lafadz Azan yang kita tahu sekarang.الله أكبر الله أكبر Dan seterusnya sampai-لا إله إلا الله,. Maka dia word play here segera bangun pada saat itu sebelum subuh, lalu pergi ke mosque dan mengatakan–” Ya Rasulullah Saya mimpi seperti ini.” Kata nabi ﷻ “Sungguh itu mimpi yang baik. Ajarkan lafadz itu kepada Bilal karena–“. Bilal lebih indah suaranya darimu.” Berarti Muadzin harus suaranya yang bagus. Jangan buat orang tambah tidur. Suaranya Azan itu makin membuat enak, indah, menarik orang untuk datang salat. Pada hadis ini pelajaran juga teman-teman sekalian karena kalau seorang Muazin harus dipilih yang fading bagus suaranya. Wajar untuk memanggil orang, walaupun memang ada motivasi dalam Islam untuk menjadi muadzin > Saat Bilal mengumandangkan azan, pakai lafadz tadi subuh itu, orang-orang sudah mulai dengar. Allahu Akbar 2x sampai seterusnya. Sampai la ilaha ilallah. Umar bin Khattab baru terbangun dan ternyata Umar mimpi juga sama. Maka Umar datang mengatakan “Ya Rasulullah, demi Allah Saya mendengar lafadz ini dalam mimpi Saya.” “Dan Saya sudah ingin menyampaikan ini kepada Anda.” Kata nabi ﷻ “Sungguh itu mimpi yang baik hai Umar dan sudah diterapkan.” Dan ini juga pelajaran teman-teman sekalian, kalau mimpi orang mukmin itu benar.Tapi ada bedanya “antara mimpi orang mukmin atau para– sahabat di zaman” nabi ﷻ masih ada dan setelah nabi ﷻ meninggal. Kalau di zaman nabi ﷻ, mimpi sahabat bisa menjadi hukum Syar ' i. Kenapa? Karena wahyu masih turun. Seperti kasus mimpinya tadi Abdullah bin Zaid container Tsa'” labah رضي الله عنه. Ini pada saat beliau mimpi, dengar azan dilaporkan nabi, nabi bilang “Iya, baik.” Karena wahyu menyampaikan ke nabi itu adalah bagian dari Syar ' i. Tapi setelah nabi ﷻ meninggal, tidak ada lagi mimpi orang mukmin yang merupakan syariat baru, karena agama sudah lengkap. Tapi mimpi dia bisa saja misal mimpi baik atau Ruqyah Shadiqah sebagaimana sabda nabi ﷻ “Mimpi yang baik atau Ruqyah Shadiqah.”.”–” … adalah cabang daripada enam puluh tiga kemukjizatan nabi ﷻ.” Jadi, itu bisa merupakan kebagian dari mukjizat nabi.Jadi teman-teman sekalian, kita mimpi umrah haji, kita mimpi melihat Ka ' bah. Itu Ruqyah Shadiqah mimpi yang baik dari Allah. Kita mimpi melihat surga, misal. Kita mimpi bertemu dengan orang tua kita dan ternyata dua hari lagi mereka datang. Mengunjungi kita. Maka ini semua namanya Ruqyah Shadiqah. Dan ada dua macam mimpi. Ru’yah Shadiqah dan Hilm. Kalau Ru’yah Shadiqah- -mimpi yang baik bagi orang-orang beriman. Ini biasanya orang itu sangat saleh dan Allah berikan petunjuk dalam mimpinya tapi bukan syariat ya. Bukan syariat. Ini perlu digarisbawahi. Jadi kalau ada orang mimpi dia mengaku dengan simbolnya Islam pakai kopiah–pakai surban, pakai jubah, tapi mimpi salat sekarang sudah berubah sekarang jadi tiga rakaat atau tiga waktu, ini enggak benar mimpinya. Ini “masuk ke dalam mimpi keduanya namanya Hilm, dari setan.Ibnu Sirin menyebutkan رحمه الله mimpi dari setan seperti misalnya orang mimpi jatuh” dari jurang, digigit hewan. Kemudian dia berbuat kemaksiatan, itu semua dari setan.

Bahkan sebagian ulama memasukkan mimpi junub adalah – – gangguan setan, karena seperti dia berzina tapi untung dia tidak melakukannnya dalam kondisi tidak sadar dalam mimpi. Itu permainan setan. Makanya nabi ﷻ tidak pernah junub. Seperti itulah. Tapi kita ambil pelajaran dari sini masalah mimpi itu.Dan ternyata betul setelah mimpi tersebut, wahyu turun waktu Abdullah bin Zaid container Tsa’labah menyampaikan kepada nabi ﷻ –nabi mengatakan “Ini adalah digunakan. Sampaikan kepada Bilal.” Karena ada wahyu menyampaikan kalau itu benar. Kejadian yang existed adalah teman-teman sekalian di tahun pertama Hijriah adalah Rasulullah ﷻ membentuk pasukan pertama. Dengan istilah Sariah. Apa itu Sariah? Dan ini akan sering kita sebutkan.Nanti ada Sariah ini-itu. Sariah teman-teman adalah– pasukan yang kurang dari seratus orang jumlahnya “, pasukan yang kurang dari seratus orang dan ini strategi perang nabi ﷻ.” Beliau selalu mengirim ini. Pasukan kurang dari seratus orang namanya Sariah. Dikirim misalnya untuk menyerang satu lokasi. Kadang-kadang cuman tiga puluh orang, kadang-kadang cuman sepuluh orang, kadang-kadang lima belas orang. Kadang-kadang tujuh puluh orang. Tergantung. Tapi Sariah ini biasanya kurang dari seratus orang. Kalau sudah lebih dari seratus orang, dinamakan dengan Ma ' rakah alias peperangan. Kalau nabi ﷻ tidak hadir. Kalau nabi ﷻ hadir,–dinamakan dengan istilah lain, Gazwah. Jadi ada tiga istilah peperangan. Sariah, yaitu seratus orang kurang jumlah pasukan dan nabi ﷻ di situ–mengutus orang untuk menyerang wilayah tertentu dan bukan peperangan besar.Yang kedua Ma ' rakah. Ma ' rakah itu peperangan yang dibentuk atau dikirim yang terjadi di muslimin dan orang kafir –tapi jumlah mereka di atas seratus dan nabi ﷻ tidak hadir. Kalau yang ketiga, Gazwah, peperangan di atas seratus orang yang dipimpin langsung oleh nabi

ﷻ. Jadi teman-teman baca dalam Bahasa Arab biasanya Badr itu dikatakan Gazwah badr. Uhudd Gazwah, karena nabi hadir.Kalau nabi ﷻ tidak hadir namanya Ma ' rakah. Baik, pada saat itu pertama kali nabi ﷻ membentuk Sariah. Pasukan yang kurang dari seratus orang untuk memerangi Quraisy dan beliau ﷻ memulai dengan menghadang kafilah dagang Quraisy –yang datang dari negeri Syam yang dikawal dari tiga ratus pasukan Quraisy, yang memimpin pasukan pada saat itu pemimpin Sariah namanya–Hamzah container Abdul Muthalib.Yaitu paman nabi ﷻ.

Jadi perlu kita gambarkan teman-teman, kalau kondisil laptop computer Saya ini kita ibaratkan dengan Jazirah Arab ini namanya negeri Syam. Maka bagian atas utara “Jazirah Arab ini namanya negeri Syam.” Di wilayah timurnya itu adalah Irak, Iran, Afghanistan, Rusia. Wilayah baratnya, itu Afrika. Mesir Tunis dan seterusnya. Wilayah selatannya, di bawah. itu adalah Yaman. Di bawah lagi sampai ke kita ke Asia tenggara, sampai ke Indonesia. Jadi kita di Selatan Jazirah Arab. Kalau kita petakan empat tadi, Utara, Selatan, Timur, Barat, maka Mekkah sama Madinah ada di tengah-tengah Jazirah Arab. Kurang lebih di atas tengah sedikit. Lebih dekat ke negeri Syam. Tapi Mekkah itu berada di bawah Madinah. Mekkah itu berada di Selatan Madinah. Jadi kalau posisi Negeri Syam itu yang lebih dekat ke Negeri Syam adalah Madinah.Madinah dulu, baru Mekkah di bawahnya. Orang-orang Mekkah teman-teman sekalian, mereka kan pada saat itu ambil dagangan dari Negeri Syam, Kita tahu waktu zaman nabi ﷻ masih di Mekkah Saya ceritakan nabi ﷻ dagang ke negeri Syam. Allah sebutkan dalam Al-Qur ' an tentang Quraisy(رحلة الشتاء والسيف) “Perjalanan musim dingin dan musim panas perjalanan perniagaan mereka.” Jadi orang-orang Quraisy kalau mau ke Negeri Syam, mereka lewatin Madinah. Jadi ini Madinah ini Mekkah. Mereka harus lewat Madinah baru – – baru sampai ke negeri Syam. Waktu itu enggak ada jalur lain. Karena Madinah lebih dekat dengan negeri Syam. Nah pada saat kafilah dagang mereka kembali–nabi ﷻ hadang dengan menyuruh sahabat hadang. Dan pasukan yang dibentuk oleh nabi ﷻ menghadang ini khusus dari orang-orang –Muhajirin. Orang Anshar enggak ikut waktu itu. Apa sebabnya teman-teman sekalian? Karena orang-orang Mekkah telah merampas hartanya–sahabat. Jadi perlu digarisbawahin ini, karena banyak sebagian orang orientalis mengatakan Muhammad sengaja merampas

–hartanya orang-orang Mekkah untuk memburukkan nama nabi ﷻ padahal sebenarnya tidak. Merekalah orang Quraisy yang telah merampas–hartanya muslimin dan dirampas kembali oleh nabi ﷻ. Itu word play here banyak upaya yang gagal. Di antaranya Sariah yang pertama ini dianggap – -tanda kutip gagal di sini.Gagalnya kenapa? Waktu Hamzah bin Abu Muthalib mendapatkan kafilah tersebut, –padahal jumlahnya banyak padahal sebanyak tiga ratus orang yang mendampingi kafilah itu.

Dan kafilah ini dikatakan kafilah kalau minimal tiga ekor unta. Sampai ke atas; sampai seribu ekor unta, dua ribu ekor unta, itu semua. Dan rata-rata kalau kafilah dagang di jaman dulu itu di atas seribu seribu lima ratus sampai dua ribu ekor unta. Mereka dikawal dengan tiga ratus prajurit. Diserang oleh Hamzah, kurang lebih hampir seratus orang. Tapi rupanya, mereka sempat berada–di wilayah suku Dumrah namanya. Suku Dumrah ini salah satu suku Arab yang lebih cenderung kepada Quraisy. Pimpinannya namanya Majdi bin Amr.Majdi container Amr ini waktu dengar Quraisy mau lewat, Quraisy minta tolong maka Majdi membuat pasukan–lalu menghadang muslimin. Waktu dihadang muslimin jumlahnya banyak, ribuan pasukan suku Dumrah ini. Dihadang. Lalu kata Dumrah, kata majelisnya, Saya tidak mau ada peperangan di wilayah Saya. Saya cuman minta kalian kembali ke Madinah, jangan serang kafilah Quraisy.

Hamzah waktu itu salah satu pemimpin perang yang tahu tentang hukum Syar ' i. Tidak boleh menyerang kecuali yang diinstruksikan. Nabi ﷻ suruh serang kafilah Quraisy sekarang yang dihadapi Dumrah. Belum ada perintah untuk itu. Tidak ada alat komunikasi untuk nanya ke Nabi ﷻ ke Madinah. “Serang Dumrah” enggak adak.Maka yang terjadi Hamzah mundur, Hamzah kembali ke Madinah “kemudian melaporkan itu ke nabi ﷻ. Maka nabi ﷻ pun membentuk yang lain lagi.” Dibentuklah pada saat itu teman-teman, untuk menyerang kafilah yang lain. Ada kafilah Quraisy lain datang dipimpin oleh Abu Jahal. Disuruh keluar lagi sama nabi ﷻ seranglah. Ternyata sama. Jadi antara kafilah dari negeri Syam lewat itu untuk memisahkan diri dari Madinah. Mereka harus mutar dari samping Madinah ke sampai ke Mekkah. Nah ditransisi jalan mutar ini di situlah suku Dumrah itu. Suku Dumrah campur tangan lagi di sini yang kedua kali. Majelik keluar lagi menahan lagi muslimin, tidak boleh sama sekali menyerang Dan nabi ﷻ juga tidak menginstruksikan kepada Hamzah untuk yang kedua kalinya untuk menyerang Dumrah. Kembali, dan mereka word play here kembali. Pada bulan Syawal, nabi ﷻ mengutus Syariah yang ketiga yang dipimpin oleh Rubaidhoh bin Harits bin Abdul Muthalib.

Baik tentu ada beberapa orang yang lain yang dipersaudarakan oleh nabi ﷻ- -tetap yang paling mahsyur kisahnya adalah Abdurrahman dengan Sa ' advertisement. Keputusan yang lain dari piagam Madinah, teman-teman sekalian adalah bahwasanya siapapun orang-orang Mekkah dari Quraisy–yang masuk ke Madinah tidak boleh dijamu dan tidak boleh melindungi mereka. Sekarang kami sudah punya komunitas”, maka seluruh– penduduk Quraisy yang kafir, kalau yang beriman datang lain cerita. Ma ' rakah itu peperangan yang dibentuk atau dikirim yang terjadi di muslimin dan orang kafir –tapi jumlah mereka di atas seratus dan nabi ﷻ tidak hadir. Hamzah waktu itu salah satu pemimpin perang yang tahu tentang hukum Syar ' i. Tidak boleh menyerang kecuali yang diinstruksikan.FALSE:: MISTAKE: UNSUPPORTED ENCODING

As found on YouTube

Follow IG @PendongengMerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *