Bapak Ibu jemaah yang Allah
muliakan Alhamdulillah mudah-mudahan pagi ini semua dalam keadaan sehat
walafiat semoga setiap langkah yang mengantarkan kita ke rumah Allah ini
kaki kanannya mengangkat derajat dan kaki kirinya menghapus dosa-dosa kita
Insyaallah Semoga perjalanan ke rumah Allah ini kelak memudahkan perjalanan
kita ke surganya Allah subhanahu wa taala Insyaallah amin ya rabbal alamin
dan mudah-mudahan kajian yang Ee kita ikuti
ilmu yang kita dapatkan mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat menambah
kecintaan kepada Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dan mudah-mudahan kita
termasuk orang-orang yang dirindukan oleh Nabi dipertemukan oleh Allah kelak
di akhirat dengan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam amin ya rabbal
alamin pembahasan terakhir sampai sampai mana tadi
Teh kondisi dunia berarti ya kalau Jazirah Arab belum belum Oke baik
alhamdulillah Bapak Ibu jemaah yang Allah muliakan Ee Kita memulai dengan kondisi sebelum
kelahiran Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sekali lagi
karena kita ingin mengetahui sebelum dan setelahnya PR dan
paskananya agar kalau ya dulu kita buat ilustrasi
perumpamaan kalau produk kecantikan itu biasanya dipasang foto gitu ya Before
and afternya Sebelum pakai produknya dan setelah pakai produknya karena kalau
tidak ada perubahan Berarti ada dan tiadanya sama saja ada dan Ti wujuduhu
kaadami wujudnya seperti tidak adanya kehadiran Rasulullah Sallallahu Alaihi
Wasallam itu Furqan pembeda yang membedakan antara
sebelum dan setelahnya termasuk saya kira juga untuk
kita untuk saya dan untuk kita semuanya Adakah perubahan sebelum kita mengenal
Islam dan setelah kita mengenal Islam Sebelum kita belajar dan setelah kita
belajar sebelum kita ibadah dan setelah kita ibadah karena
ee seluruh ibadah tujuannya adalah untuk membawa perubahan salatnya saumnya
zakatnya termasuk hajinya juga nah ee kondisi dunia sudah kita sampaikan di
pertemuan sebelumnya dikuasai oleh Persia dan Romawi dengan semua
pernak-perniknya dinamika dunianya kemudian kita akan masuk ke lingkungan
yang lebih kecil di Jazirah Arab sebelum kelahiran Nabi Muhammad Sallallahu
Alaihi secara umum kalau kita merujuk ke kitab-kitab sirah biasanya
para ulama mencatat e kondisi sebelum kelahiran Nabi ada beberapa hal yang
dihlight ada beberapa poin yang kemudian selalu diangkat yang pertama terkait
dengan masalah ideologinya keyakinannya akidahnya mereka menyembah berhala
menyembah patuh Kemudian yang kedua masalah keamanan begitu mudahnya perang
terjadi perpecahan antar suku tapi bukan B lagi perang
antar suku dan kondisi sosial wanita yang tidak memiliki harga sama sekali
biasanya tiga Hal inilah yang sering di sering dimunculkan dalam kitab
sirah sementara Allah subhanahu wa taala di dalam al-qur'an merangkumnya dengan
satu kata yang ini ee gambarannya mewakili seluruh
gambaran sebelum Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam eh Nah ini
dia al-quran menggambarkan kondisi sebelum kelahiran Nabi Muhammad
Sallallahu Alaihi Wasallam atau sebelum datangnya Islam dengan kalimat
jahiliah jahiliah sebelum Islam sebelum Rasulullah kondisinya
jahiliah dan kalau kita kumpulkan kata jahiliah di dalam Alquran setidaknya
bukan setidaknya memang hanya empat kali empat kali saja Allah menyebut jahiliah
di dalam Alquran yang pertama dalam surah Ali Imran
[Musik] 154 yang KUA hukumnya jahiliah yang ke dan [Musik] jahah hadirapak ibuah
allahul terkait dengan poin yang sebelumnya kita kembali dulu ke sini penyembahan berhala ini terjadi
mulai dari seorang bad namanya kaab bin am bin pergi ke negeri SY pergi ke utara
dalam perjalanan dag kemudian takjub dengan peradabannya orang-orang
Romawi mauentarasud gung-gnyaah danusand kan
dengan kondisi orang-orang Arab di di padang pasir sampai setelah berinteraksi
dengan orang Romawi kata orang Romawi begini kalian orang Arab kalau ingin
maju seperti kami sembahlah dewa-dewi yang kami juga sembah ni kami menyembah
dewa ini Dewa ini Dewa ini De dan seterusnya sembahlah apa yang kami
sembah kalau kalian sama keyakinannya seperti kita maka tuhan-tuhan kami akan
memberikan apa yang kami dapatkan juga karena mentalnya sudah kena
karena sudah sudah takjub sudah Wow duluan sudah apa namanya sudah kagum
sudah kaget melihat peradabannya Romawi sehingga dikasih masukan seperti tadi
dapatitu Oh iya benar kalau begitu saya harus bawa tuhan-tuhannya romawi
berhala-berhala dari Romawi untuk mungkin niatnya Demi kemajuan
bangsa Arab awalnya dari jadi penyembahan Berhala ini kalau bahasa
kekinian diimpor dari luar pemikiran yang ada
dari luar diimpor ke Jazirah Arab dengan iming-iming supaya kita maju maka kita
harus punya pemikiran yang sama seperti orang
romawi dari situlah karena Romawi bisa maju Romawi bisa berkembang karena
mereka seperti ini Persia bisa maju karena mereka juga seperti ini kita
enggak maju-maju karena kita enggak sama seperti merekaah kita lakukan hal yang
sama dariulah mulai berkembang satu demi satu suku bangsa Arab mulai menyembah
berhala jadi ee penyembahan kepada patung kepada berhala itu sekali lagi
diimpor dimulai dari ke apa
ya bukan tidak boleh kita kita mengikuti ee kemajuan bangsa lain asal kemajuannya
tidak mengorbankan akidah
mengorbankan keimanan singkat cerita ya dari dulu
sampai sekarang yang namanya berhala tetap sama yang membuat itu tangannya
manusia yang menyembah yang membuatnya juga jadi definisi berhala itu apa sih
definisi berhala berhala itu produk manusia tapi disembah oleh manusia nah
Hari ini saya ka berhalanya bukan berbentuk manusia berhal
buentun jadi berhala karena berhala itu dibuat oleh
tangan manusia dan disembah oleh manusia Apun bisa jadi berhala dituhankan oleh
manusia padahal disembah oleh manusia
dan ya para nabi dari dulu sampai Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam
selalu mengajak orang-orang yang menyembah buatan tangan mereka sendiri
menyembah untuk e mengajak untuk berpikir
ee afudun Apakah kalian menyembah yang
kalian pahat sendiri harusnya yang menyembah itu yang ya produknya yang
menyembah penciptanya kan begitu ini penciptanya yang yang harus menyembah
produknya sendiri penyembahan tapi kalau mereka ditanya kenapa kalian
menyembah berhala jawabannya mayoritas Sama jawabannya
[Musik] begini kami bukan menyembah
[Musik] berhala surah azzumar ayat [Musik] ke3
Hanik dari kesyirikan dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah
menyembah selain Allah mereka berkata kata mereka kami enggak menyembah Mereka
kami enggak menyembah patung kami nyembah Allah tapi berhala ini untuk
mendekatkan kami kepada Allah jadi
eh apa ya mindsetnya masih ini masih sedang menyembah Allah cuman lewat
perantara patung berawal dari ee pola pikir sampai
akhirnya terus-menerus dan kata para ulama pertama kali manusia menyembah
berhala itu tidak langsung mereka dengan
terang-terangan mengatakan menduakan Allah subhanahu wa taala sejarah pertama
manusia menyembah berhala itu dimulai dari umat sebelum umat Nabi Nuh alaih
salam jadi eh di Surat Nuh ada ada lima nama
orang-orang Saleh yang hidup sebelum Nabi Nuh alaih salam namanya ada di
Surat Nuh ayat 23 waqu la tarunna alihatakum w tarunna
wadda wala suwa wala yaguta wa yauq waasro wad suwa yagut yauq dan Nasr dulu
adalah lima orang Saleh hidup sebelum Nabi Nuh kemudian meninggal dunia mereka
ee dikenang luar biasa Kemudian
ee masyarakat yang ditinggalkan oleh lima orang Saleh ini
punya niat bagus awalnya jangan sampai generasi berikutnya merupakan orang
Saleh ini haruselalu diingatim carang mengingatnya kita buat tujuannya apa bukan untuk disembah
patung ini kita buat ini [Musik]
patung mungkin dengan bentuknya wad wajahnya begini wad Sua begini y ya Nasr
supaya setiap orang melihat patungnya wad Oh iya kita harus meneladani
kebaikan dan amal salehnya wad kita harus e apa namanya mendoakan wad kita
harus menjaga melestarikan kebaikan Nas awalnya begitu seiring dengan waktu generasi
pertama meninggal dunia datang generasi yang kedua generasi yang kedua meninggal
generasi yang ketiga sampai akhirnya muncul generasi yang oh
eh sebagaimana dulu wadsa yag Nasr sudah banyak membantu sudah banyak membagikan
makanan kepada lingkungan sekitar Sekaranglah waktunya kita membalas
hutang budi dengan memberikan makanan balik kepada W yahud caranya bagaimana
taruh saja di depan patungnya simpan sa simpan niatnya dari balas Bui simpan
seiring dengan waktu Akhirnya sudah sudah disimpan kemudian dimakan
lama-kelamaan akhirnya Setan Pun inilah pintarnya setan setan itu sabarnya luar
biasa sabar dalam menggelincirkan manusia step by stepnya itu tidak
tergesa-gesa Wi dan jangan ikuti langkah demi langkah
kalau manusia biasanya dia bikin grand design planingnya Seperti apa setan juga
punya Bagaimana menggelincirkan manusia targetnya begini langkahnya Bagaimana
sedikit demi sedikit satu generasi dulu dua generasi generasi maka tidak ada
kemaksiatan yang langsung terjadi besar yang namanya maksiat pasti sedikit
kemudian tidak diistigfari enggak ditobbati lanjut lagi lanjut lagi
akhirnya fenomena apa bola bola sedikit menggelinding ke ujung jadi
besar Kalau dibiar tidak ada dosa besar yang
dilakukan tanpa didahului dosa kecil selalu dimulai dari yang dan Umar Bin
Khattab waktu nangkap seorang maling koruptor ditangkap kemudian
ditanya ini sudah berapa kali mencuri ya namanya maling engak ada yang
ngaku gitu ya ini baru pertama kali Tolong maafkan saya dipukul sama umarin
jabret ngaku Sudah berapa kali tegas baru sekali lagi sampai akhirnya karena
takut dipukul lagi ini sudah ke kali kata umarinii Allah tidak mungkin
perbuatan yang pertama kali dilakukan kemudian dibongkar oleh Allah dan
diketahui oleh orang lain kecuali kalau sudah dilakukan berkali-kali dan
tidakti jadi pert danak sengaja
Allah yang K dan tereng ya Allah masih tutup kalau terus-terusan dan dia tidak
tidak ada penyesalan enggak tbat Allah sayang supaya tobat Bagaimana caranya
diangkat sedikit sitarnya hijabnya tirainya orang lihat dia malu akhirnya
diabat jadi eh apa penyembahan kepada berhala itu tidak tidak ujug-ujug
langsung Eh ini sembah selain Allah enggak begitu sedikit demi sedikit
makanya eh i
ya kita sama-sama pahamlah maksudnya tidak ada dosa besar yang tidak
didahului oleh dosa kecil dalam masalah rumah tangga juga pasti seperti itu
tidak ada dosa besar dalam rumah tangga Kalau tidak ada mukadimah dosa-dosa
kecil yang Dati tidak ada perselingkuhan kalau
tidak didahului dengan
[Musik] apa ini terkait penyembahan patung yang
tidak ujug-ujug langsung Drok tah nyembah
patung wanita tidak berharga perang antar suku ini saling berkaitan antara
perang antar suku dan wanita tidak berharga Bapak Ibu yang Allah
muliakan Jazirah Arab mereka punya semangat untuk menjaga
nasab artinya eh fanatisme kesukuannya sangat tinggi
gengsi kabilahnya itu sangat besar sehingga kesenggol dikit
itu bisa bisa emosi bahkan bisa terjadi peperangan
dan ya kalau kita lihat ke ayatnya prasangka jahiliah itulah yang
memulai terjadinya penyembahan berhala Yun
billahqial jahiliah Seperti apa prasangka jahiliah suuzon ke Allah itu
prasangka jahiliah
berdoa suuson kayaknya Allah memang G mau ini prasangka jahiliah contoh
prasangka jahiliah yang akhirnya membuat dampak buruk di lingkungan
Makkah kita ini kan lahir Suci
kemudian Ka'bah ini kan tempat yang suci sementara pakaian yang kita gunakan
sering digunakan untuk peran yang bur maka
kita tempat yang suci pakaian ini harus dilepas jangan
menggunakan pakaian ketika ingin tawaf di sekitar
Ka'bah inilah yang jadi latar belakang Kenapa banyak orang yang tawaf di
sekitar Ka'bah telanjang bulat kemudian sambil tepuk tangan sambil bersiul
awalnya dari mindset dari pola pikir dari
prasangka kesucian Ka'bah tidak boleh dinodai oleh pakaian kita yang digunakan
di luar sana untuk berbuat dosa padahal yang berbuat dosa Bukan bajunya yang
berbuat dosa orangnya harusnya orangnya dan pun sisa-sisa prasangka
jahiliah yang seperti ini kadang masih masih ada [Musik]
masah Allah
Allah k
rumah Allah saya ini kotor banyak dosa takutnya mengotori rumah Allah akhirnya
jaga jarak dengan itu prasangka jahiliah prasangka jahiliah berdoa seperti tadi
aduhana saya harus tahu diri minta ke Allah ibadahnya masih kurang jadi
mintanya juga jangan yang berat-beratah ya
allahihan motor jadul tahun kalau peng minta m tahun 2023
sadari saya juga ibadahnya masih ini itu u bent dari prasangka jahiliah kepada
Allah subhahu ta at Min diampuni dosanya dengan embel-embel Ya Allah kalauau
berkehend ampuni dosa saya ya Allah berkend karena Masya Allah
dipaksa kalau berkehendak saja ya Allah itu prasangka jahiliah kata nabi kalauan
kepada Allah serius Jang diun
Ampuni Aku Ya Allah Kalau engkau berkehendak karena Allah tidak bisa
dipaksa oleh siapun
awalnya ya kan prasangka jahiliah itu suuzon kepada Allah itu karena
memperlakukan Allah seperti memperlakukan manusia eh Tong seurse
teing minta ke Allah mah atuh Padahal kalau manusia makin banyak diminta makin
ggak disuka kalau ke Allah enggak diminta malah Kitanya yang yang
dimurka malah sombong kalau tidak minta ke Allah Subhanahu Wa
kita itu harus bersyukur betul dan EE Alam Raya sudah banyak memberikan
kebaikan kepada kita betul atau salah ini karena alam sudah misal saya sebagai
seorang nelayan begitu ya Eh saya tinggal di pinggir pantai karena
alam sudah banyak memberikan kebaikan kepada kita maka kita harus bersyukur
dan salah satu bentuk syukurnya kita harus berterima kasih kembali caranya
bagaimana memberikan sesuatu kembalikan sesuatu kepada
Al dan seterusnya awalnya dari dari pola pikir dari
eh alam itu selalu memberikan isyarat untuk
manusia alam dari situ awalnya alam itu selalu memberikan petunjuk dan isyarat
buat manusia kalau kita mau keluar rumah maka kita harus membaca isyarat alam
supaya perjalanan kita itu selamat saat keluar rumah Perhatikan
Kalau burung terbang ke kanan itu isyarat isyarat dari alam kalau burung
terbang ke kanan kita berarti perjalanan kita akan selamat kalau burung terbang
ke kiri berarti perjalanan kita akan terancam itulah yang dinamakan
tatayyur tatayyur itu apa menggantungkan keselamatan perjalanan dengan burung
yang terbang di atas kita Cing cuui Cing Cui Cing Cui tah usnya
[Musik] danusnya itu
dianjurkan kalau berprasangka baik itu dianjurkan misal menjadi Jalan kemudahan bagi
permasalahan saya itu ta Jadi kalau yang pertama maknanya kepada Allah
kemudian menduakan Allah di sana menyandingkan Allah dengan yang
lainnya ujungnya Mas iu
allahul orang berbatikahha se kita sampaikan ternyata
tidak sehari langsung musyrik enggak begitu dari prasangka satu generasi dua
generasi generasi EMP generasi mungkin di generasi yang
kelima baru fenomena kesyirikan mulai mulai viral kira-kira mudah tidak untuk
mengembalikan orang kepada tauhid setelah generasi mengarah ke
kesik kena mengajak orang karena apa namanya mindsetnya sudah
tertanam terlalu jauh keyakinannya sudah sudah mengakar luar biasa dari generasi
ke generasi inilah yang terjadi di Jazirah Arab kah
Apakah hukum jahiliah yang mereka inginkan
di Jazirah Arab saat itu ada satu syair yang jadi Syar syair yang jadi
jargon semuanya menggunakan syair ini semuanya menggunakan jargon ini sepakat
atau tidak sepakat ituin itulah [Musik]
terjadi [Musik]
a yang Mi mata airnyanya Mat airnya ak dihkan orang dan
sia ke orang maka dia akan di orang siapa yang jahat ke orang maka dia
akan di orang siapa yang tidak [Musik]
menjaga artinya apa Siapa yang kuat dia yang pegang
kendali hukum yang berlaku Siapa yang kuat dialah yang benar Anda kuat Anda
benar Anda lemah Anda pasti salah walaupun benar jadi e dukungannya hanya
kepada yang kuat ini kita menyebutnya Hukum Rimba Allah menyebutnya hukum
hukum jahiliah akhirnya Kalau ada yang mencuri
melakukan pelanggaran elit bangsawan Darah Biru
tokoh hukum itu enggak bisa tegak tumpul tapi kalau orang kecil Wah cepret
langsung Afa hukmal jahiliah hukum jahiliah dan dulu pernah kejadian kita
lihat ini hukum sebelum Rasulullah Bagaimana hukum setelah Rasulullah
Sallallahu Alaihi Wasallam ada tokoh perempuan dari kabilah
e Bani makzum Bani makzum itu bangsawan perempuan Darah Biru dia mencuri
korupsi keluarga besarnya kusuk Gimana caranya supaya Rasulullah gak tahu
kalupun tahu gimana supaya berkasnya itu di dipetikan jangan sampai
p21 jangan sampai masuk ke pengadilan pokoknya jangan sampai berlanjut
akhirnyauk Gimana caranya supaya bisa akhirnya ada
yang punya ide begini kalau nembus ke Rasulullah tidak
bisa ring satunya yang nanti bicara ke Rasulullah Jadi kalau orang nomor satu
gak bisa dipengaruhi maka ring satunya yang kita pengaruhi nanti ring sat
ngobrol ke orang nomor sat siapa ring satunya Rasulullah orang terdekatnya
rasulullah yang pasti akan didengar oleh Rasulullah Oh itu Usamah bin Zaid bin
Har kitaobrol pendekatan PDKT ke usam tollah ini demi nama baik kabilah
Bani makzum kalau Rasulullah memproses ini kalau ini viral kasusnya orang jadi
tahu nama baik kabilah Bani Maksum jadi tergadaikan Tolonglah jangan jangan
diteruskan Usamah datang ke Rasulullah kemudian Usamah cerita ya
Rasulullah kabilah baniy Maksu mereka minta supaya kasusnya jangan
diteruskan apa yang terjadi nabi mukanya merah naik ke atas mimbar orang
dikumpulkan kata nabi begini demi Allah yang menghancurkan umat-umat sebelum
kalian adalah ketika orang besarnya yang mencuri maka hukum tidak ditegakkan
ketika orang kecilnya yang mencuri maka hukum ditegakkan demi Allah seandainya
Fatimah putrinya Muhammad mencuri maka Muhammad yang langsung akan memotong
tangannya Saya yakin kita pernah mendengar kalimat ini seandainya Fatimah
yang mencuri maka Muhammad yang langsung akan memotong tangannya Kenapa yang
disebutnya itu Siti
Fatimah Kenapa contohnya Siti Fatimah langsung Kalau itu yang mencuri
perempuan seandainyaah yang menc samasama Peru kalau kalianasa bahwa anak
kalian itu terhormat makaah jauh lehhormat tapitimah [Musik] menuh nabiaksinya
menyebya makauhamad yangan bapaknya enggak ada istilah bapak
dalam pegakan hukum Muhammad yang akan memotong tangannya
Fatimah ini hukum di zaman jahiliah nah
dampaknya Bapak Ibu yang Allah muliakan kalau hukum yang berbicara di zaman
jahiliah itu yang kuat yang benar yang lemah pasti salah walaupun
benar maka yang terjadi orang-orang Arab mereka berlomba-lomba untuk jadi benar
atau untuk jadi kuat kalau hukum yang berlaku di masyarakat
yang benar yang kuat pasti dibenarkan yang yang lemah pasti disalahkan maka
orang akan berlomba jadi kuat atau Jadi benar jadi kuat engak peduli Mau salah
yang penting kuat efeknya kalau perlombaannya menjadi kuat orang
berlomba jadi kuat kabilahba jadi kuat siapa yang
[Musik] akanersk termasuk orang lemah yang ada
di keluarga disingkirkan termasuk orang lemah yang ada di kabilah disingkirkan
Kenapa ini akan membuat malu keluarga kita kabilah kita dari sinilah kemudian
muncul dampak berikutnya Kalau ada anak perempuan yang lahir dikubur
hidup-hidup kenapa enggak akan nambah kekuatan kabilah kita enggak akan nambah
kekuatan keluarga kita jadi jadi orang lemahlah keburukan saja memang tidak
semuanya dikuburkan begitu ya Ada juga yang masih
dijaga oleh Allah ada juga yang masih jauh karena kalau semuanya dikuburkan ya
mereka juga gak punya keturunan ada sebagian juga yang kemudianih men yang kedu permasalahan yang ketig
masalahnya masalah di zaman jahiliah itu sebelum kelahiran Rasulullah
permasalahan [Musik]
wanitanya dalam surat al-ahzab ayat 33 dan
janganlah kaum [Musik]
wanita tabarjna tabaruj [Musik]
eh ada yang tahu gedung yang paling tinggi di dunia hari ini namanya
[Musik] apa burjul
khalifah namanya begitu ya di Uni Emirat di Dubai ya di Dubai Kenapa namanya Burj
khalifah diterjemahkan ke bahasa Indonesia Burj Khalifah menaranya
khalifah B amirat Arab Adakah kaitannya dengan kata wala tabarjna tabarrujal
jahiliah karena dalam bahasa Arab kalau kata-katanya sama huruf-hurufnya sama
pasti ada ada benang merahnya ada benang merahnya contoh misalnya begini Islam
dengan salam muslim dengan salam salam itu artinya kedamaian muslim itu muslim
kata Nabi orang Islam adalah orang yang bisa menjaga kedamaian saudaranyais keam
keselamatanudar diampu merah kita berhenti wupun ada polisii katan
pengendara yang it sokesnyaangilnya berh diampuah maka dia
[Musik] akanusahs
punnya tapi kalau berhenti di lampu merah
dengan niat Ya Allah saya inin menjaga
keselamatan saudara saya yang lain saya berhenti di lampu merah dapatah muslim
dengan keselamatanan
amanah hurunya sama punya makna yang berekatan sehingga k tidak ber orang
yang tidak punya si
nafq hurufnya sama infq Munafik nafq ada Nun Fa Q di tiga kata tadi apa benang
merahnya infak kita tahu berinf munafik kita tahu nafak kalau kita ke Mekah
umrah itu banyak terowongan di atasnya ditulis nafq sulaimaniah nafq aziziah
nafak itu artinya terowongan apa benang merah antara terowongan INF dan munafik
kalau hurufnya sama dan susunannya sama infak Nun Fa qof Munafik ada Nun ada Fa
ada qof nafaq Nun Fa Q kalau susunan hurufnya sama pasti maknanya juga
berdekatan kalau terowongan Bapak Ibu yang Allah muliakan ini
terowongan Terowongan itu pintunya ada dua mukanya ada dua satu menghadap ke
sana satu menghadap ke sana kan kalau gua mah masuk dari situ keluar juga dari
situ gitu gua tapi disebut terowongan di sana bolong di sana bolong di sana ada
muka di sini ada muka sehingga dinamakan nafak terowongan karena mukanya ada dua
Kenapa dinamakan munafik karena dia bermuka dua juga Makanya perawatan
paling mahal itu perawatan mukanya orang munafik karena satu muka saja sudah
mahal apalagi banyak mukanya perawatan dan orang yang bermuka banyak harusajin
kepada orang yang senang cari muka ada orang yang caricari muka ada orang
kebanyakan mukanyaaran Dian
sendi Apa kaitannya dengan INF INF itu seperti orang yang sedang
menggali terowongan kira-kira Kalau hari ini kita
menggali membuat terowongan tuju apa siowongan di terowongan yang ada pendek jarak yang kedua
mempersingkat waktu tempuh daripada harus muar daripada harus naik turun
mendingan di terobos dan infak itu tujuannya adalah
menerobos gunung yang menghalangi untuk memperpendek jarak tempuh ke tujuan yang
kita inginkan dan mempersingkat waktu tempuh ke cita-cita yang kita harapkan
Saya mau ini tapi ternyata sebelum sampai ini saya dihadapkan dengan Banyak
permasalahan maka salah satu ikhtiar untuk sampai ke tujuan itu ya Allah saya
pengin infak sampaikan kepada keinginan daripada harus muutar daripada harus
naik turun sehingga infak itu apa break through break
throughnya Ya Allah saya sakit sembuhkan saya bismillah saya
infak kemudian minta Ya Allah tolong sembuhkan saya infak ini saya niatkan
mudah-mudahan menjadi kesembuhan infaknya ke
siapa ke dokter spesialis mudah-mudahan jadi jadi
towongan nah kenapa kita kembali lagi apa hubungannya antara
tabar dengan bur karena hurufnya sama artinya menara yang tinggi tabaruj
artinya berdandan Kenapa Allah menggunakan redaksi berdandan dan
jahiliah dengan kata orang bikin Menara pasti tujuannya
ingin terlihat mentereng di mata semua orang menjulang tinggi supaya orang
[Musik] semuanya seperti itulah yang dilarang
oleh Allah subhanahu wa taala khususnya kepada kaum wanita ketika
dandanannya ingin dilihat seperti menara yang menjulang oleh semua
[Musik] orang ber UNT Oh boleh
dan tapi yang melihatnya
siam suami orang su iu Mere berdandan tapi yang ingin
diperlihatkan yang inin melihatnya semua orang semua orang Harus melihat bahwaan
saya ini yangik biasa semuanya harus
tahu zaman sekarang tidak harus keluar rumah kalau dulu tabaruj tabarjna
tabarujal jahiliah itu setelah berdandan menarik perhatian keluar rumah keliling
supaya orang melihat semuanya kalau sekarang mah enggak usah keluar
rumah enggak usah keluar rumah CK dan enggak usah dandan pakai
filter aama pakai filter kalau dulu Allah
menyebutnya jahiliah Ula itu masih asli dan keluar
sekarang lebih jahiliah lagi karena sudah nipu orang pakai filter kemudian
live streaming dengan maamam bukan tidak boleh Danan Sekali lagi bukan tidak
boleh tampil cantik bukan tidak boleh tampil menarik ciri wanita yang salhah
kata Rasulullah nomor sat nomor sat ciri wanita yangah nomor bukan dilihat dari
[Musik] kilii
[Musik] karikat
makabag [Musik] kepand dia bisa Menag Bu Bapak mau peri dulu
kear Negeri tolong titip rumah titip anak-anak dan inipartu ATM
amanang Kenapa karena tidak dikasih [Musik] tahu jadi
ternyataan ist [Musik]
kiisiknya suam Keti melihat istrinya wanita yangah wanita yang sedap nyaman
enak dipandang oleham artinya kalau memang suaminya senang
melihat istrinya itu berdandan cantik maka dandanan yang cantik yang diususkan
yang diberikan untuk suami itulah tanda wanita
yang bapak-bapak Ibu mau [Musik] dip
usnya Ibu Ma dulu mau zumbaumba dulu Ibu mau ini dan seterusnya supayap Men tapi
hadiah keahan tadi untuksetnya jahiliah hukum yang
[Musik] berlakunyaahah [Musik] jahiliah jahiliah jahiliah Hah jahiliah
Apa itu hamiah jahiliah hamiah jahiliah ini yang
menyebabkan mudahnya terjadi perang antar
suku hamiah jahiliah Itu Si Fulan dari kabilah a Sian Dar
kabilah b a dengan b a kemud Bil
an si B bilang barud tungan si A ngajak teman-tannya dari kabilahnya
si B ngajak teman-temannya dari kabilahnya teman-teman dari kabilah A
dan B itu gak peduli Ini saudaranya mau benar mau
salah pokoknya bantu kabilah juga sama begitu gak
peduli teman saudara kita ini benar atau salah pokoknya bantu saja muncah satu
syair yang jadi Syar jadi slogan disepakati bersama unsur ak unsur Tolonglah aka
saudaramuiman baik Dia berbuat zalimluman ataupun dia
terzimi selama dia kabilah kita pokoknya bantu saja dulu selama dia anggota
keluarga kita pokoknya bantu saja dulu baik bantu berbuat zalim apalagi kalau
bantu supaya [Musik]
tidak kira-kira yang seperti ini bagus atau
tidak setengahnya bagus terzalimi memang harus dibantu
Tapi ketika Punten solidaritas itu mengalahkan
Kebenaran fanatisme akan muncul ah te solali dirinya Mah Teu kebantuan Apan
dirinya salah ah bantuan we heula pokona Man kita teh satu tim
atuh itulah yang sering menyebabkan yang ribut awalnya cuman dua orang
karena ada ikatan emosional yang tidak mempulikan benar atau salah akhirnya
yang Rib Jadi dua kabilahadya yang
bergesum orang penduk bol a penduk bol [Musik] [Musik] be dari institusi
B yang ribut cuman dua orang tapi karena masing-masing kemudian pulang bilang
cerita panas-panasi mereka enggak peduli lagi temannya benar atau salah akhirnya
jadi dua institusi yang ini terjadi dulu di zaman jahiliah
sekarang apakah terjadi lagi wallahuam B Bapak Ibu yang bisa menilai sendiri
begitu ya hanya saja kalau ada di al-qur'an al-qur'an itu panduan untuk
umat seluruh zamanu begitu jaina kafaru fiubihimul hamiah
hamiyatal jahiliah bukan tidak boleh kita Solider harus kita Solider bukan
tidak boleh wanita berdandan harus wanita berdandan bukan tidak boleh kita
punya hukum harus kita punya hukum bukan tidak boleh kita punya prasangka harus
punya prasangka yang tidak boleh adalah jahiliahnya prasangkanya yang jahiliah
hukumnya yang jahiliah dandannya yang jahiliah dan fanatismenya yang jahiliah
ketika solidaritas mengabaikan kebenaran selama dia masih tim kita selama dia
masih anggota kita selama dia masih bagian dari kita benar atau salah harus
tetap dibela Itulah namanya hamiatal
[Musik] jahiliah rasanya seperti sedang
bercerminitu Ya seperti sedang bercer Bagaimana Ustaz kan tadi cerita ee di
zaman jahiliah Dian rasulah Bagaimana bab yang ke ini bapak
ibu ada kisah orang Arab yang mencuri orang
muslim mencuri di surah Anisa kitaatat ya Ada
seorang muslim yang mencuri namanya bin muslim
yang modus
dia titip di rumah orang Yahudi Nitip ya barang saya nanti
beberapa hari ke depan saya akan ambil tujuannya apa modusnya seperti ini
kenapa kalau ternyata dicari
barangnya orang akan barang itu akan mengarah bukti forensiknya begitunya
jejaknya tuh barangnya ada di rumah si Yahudi Berarti siapa yang
mencuri tapi kalau beritanya tidak muncul tidak ada yang tidak ada yang
mencari barang tersebut sudah mana titipan saya saya ambil modusnya nitip
supaya aman dari pencurian akhirnya begitu titipkan ke orang Yahudi korban
pencurian lapor ke Rasulullah Ya Rasulullah Saya kehilangan barang apa
barangnya begini Oke kita investigasi penyidikan dulu atau
penyelidikan saya gak t pokok diperiks investigasi sampai akhirnya kelihatan
ada jejak bekas karena yang dicurinya itu baju perang Baju besi baju besinya
ternyata suka disimpan e tepung teribu dan masih ada sisa sehingga masih masih
apa namanya Masih netes begitu dan jejaknya mengarah ke rumah si Yahudi
tadi dipanggillah Yahudi tadi kemudian diinterogasi ditanya ada Si Fulan
kehilangan barang baju perang bentuknya seperti ini ukurannya begini warnanya
begini dan jejaknya mengarah ke rumah Anda adakah barang seperti ini di rumah
Anda si Yahudi karena tidak tahu ini kasus pencurian polos-polos saja oh ada
Ada barang di rumah saya yang seperti itu Coba lihat diambil barangnya dikasih
lihat ini barangnya dipanggil korban pencuri sini ini barang punya Anda Oh
iya ini barang punya saya kalau begitu dia yang mencuri ni si Yahudi ini yang
mencuri kaget si Yahudi saya enggak mencuri saya enggak
mencuri tapi barangnya ada di rumah Anda saya tidak mencuri ini barang titipan ah
Boho benar barang titipan Siapa yang nitip tumah
bin ubairi mulailah dilakukan pengembangan pengembangan kasus ada yang
terlibat nama sudah terucap tumah panggilah tumah muslim yang dituduh
Yahudi nama anda disebut nama anda disebut menitipkan
baju perang ke rumahnya Yahudi baju perang Yang mana Yang ini Benarkah Anda
pernah nitip baju perang ke rumah Yahudi apa kata
tukah Saya tidak nitip karena waktu itu belum
ada CCTV tidak ada apa kuitansi dan seterusnya hanya pengakuan lisan saya
enggak nitip saya enggak nitip kira-kira Siapa yang tersudutkan terpojokkan
Yahudi dan kataah begini ya Rasulullah Saya muslim korban muslim masa sesama
muslim mencuri yang mungkin mencuri si Yahudi pastinya juga atuh marah yahudieh
tukah bal maneh teh Eh saya mati kira-kira kalau kita di posisi yang
tidak tahu kecenderungan Hati Ke mana membela Tuah atau membela
[Musik] Yahudi apa namanyaak mencu to bukti
barangnya ada di rumah dan nabi ada kecenderungan benar
kenapa dia muslimah ini agab bukan hanya sekedar beda suku beda
agama sukunya beda agamanya beda sehingga ada kecenderungan Rasulullah
itu membenarkan pengakuan thah hampir-hampir si Yahudi itu divoni
salah turun Malaikat Jibril membela si Yahudi bukan karena
agamanya Tapi karena dia tidak bersalah dia tidak boleh dihukum dia tidak
bersalah dia tidak boleh kemudian dipojokkan turunlah surat An Nisa ayat
105 sampai ayat 112 kalau kita buka tafsirnya ini tentang kisah thah bin
ubair Inna [Musik]
anzalnaikalabahumimaah W tak kami telah menurunkan Alquran
kepadamu membawa kebenaran supaya kamu mengadili manusia dengan yang telah
Allah wahyukan kepadamu dan jangan kamu menjadi penantang orang yang tidak
bersalah karena membela orang Allah maheng berbat untuk Mela orang yangya
send adaar
dan nabi juga manusia ada kecenderungancenderungas pertama
buktinya ada di Yahudi yang kedua kecenderungan bahwa ini muslim masa sih
muslim melakukan hal tersebut Wil dan janganlah kamu berdebat membela
orang yang mengkhianati dirinya Karena Allah tidak suka orang yang berkhianat
dan bergelimang dosaahi W
maah wah
mereka bersembunyi dari manusia tapi mereka tidak bisa bersembunyi dari Allah
padahal Allah bersama mereka ketika pada satu malam mereka menetapkan keputusan
rahasia yang Allah tidak R sampai ayat berikutnya sampai ke ayat 110 ayat [Musik] 111 Barang siapa yang mengerjakan
kesalahan atau dosa kemudian dituduhkannya kepada orang yang tidak
bersalah 112 maka ia telah berbuat kebohongan dan dosa yang nyata Jadi
kalau ada istilah lempar batu semunyi tanganah inilah
[Musik] ayathga Allah
meng arit Ses
muslunahus Yahudi karena yahud AG [Musik] Mak
allahul inilahond Arab umum ya Secara umum di
sekitar kota Makkah termasuk di kota Makkah juga secara umum kejahiliahan
merbak di mana-mana mindsetnya
aturannya wanitanya dan apa Ikatan masyarakatnya fanatisme jahiliah yang
dampaknya tadi perang antar suku ya perang antar suku tadi dari fanatisme
dua orang ribut akhirnya nya dua suku yang ribut wanita tidak berharga karena
justru nilainya seorang wanita ketika dia bisa menjaga dirinya bukan ketika
dia memamerkan dirinya kepada kepada dunia berharganya seorang wanita ketika
dia bisa menjaga diri eh mana yang lebih
mahal barang berharga yang disimpan dengan penuh penjagaan
[Musik] atau kalau laki-laki malah teonah dip di
luar tap kan kalau perempuan mah di perempuan itu perhiasan yang paling
mahal di dunia bukan kata saya ibu-ibu jadi bapar bukan kata saya kata nabi
buun matun dunia itu perhiasan W dan sebaik-baiknya perhiasan dunia
adalah wanita yang nah sebelum kita ke
sana wanitanya berdandan jahiliah wanitanya
mencari pengakuan wanitanya kemudian pamer kecantikannya ke mana-mana tapi
justru dengan itu makin makin dilecehkan makin direndahkan
dampaknya apa yang [Musik]
terjadi perlakuan laki-laki kepada perempuan di zaman jahiliah karena
wanitanya tidak berharga memperlakukan perempuan itu seperti barang properti
[Musik] saat lahir perempuan di zaman jahiliah
itu bertarung dengan kematian karena bisa dikuburkan di kuburnya
hidup-hidup kuburnya hidup-hidup jadi ada ayat begini di surat
annahl wa ahum
waju muswad wu [Musik] Apabila mereka diberi kabar dengan
kelahiran anak perempuan bapaknya di luar ibunya sedang
berjuang melahirkan anak ketika lahir sudah lahir sudah bapnya tegang
laki-laki atau perempuan kalau dikasih tahu laki-laki
Al Alhamdulillah laki-laki Ah tenang laki-laki senang laki-laki perempuan
perempuan paka wajhuhu muswaddan wahua Kim Kalau
diberi kabar yang lahir anak perempuan merah pada mukanya dan dia sangat
marah apa yang membuat marah hanya karena yang lahir anak perempuan
mindset salah pola pikir berita gembira jadi berita
buruk busyiro itu bukan sekedar kabar busyir itu dari kata Busyro kabar
gembira Punten ini kabar gembira masuk ke telinga tapi jadi marah kira-kira
yang salah berita gembiranya atau otaknya misal contoh
begini tetangganya punya mobil baru kabar
gembira didengar oleh tetangganya yang lain kabar gembira mobil baru rumah baru
pas pas di telinga jadi
jadi berarti yang bermasalah Yang punya mobilnya atau yang
marahnya ini kabar gembira kelahiran anak perempuan tapi ternyata ya orang
tuanya sendiri bapaknya khususnya malah marah kenapa marah di sininya ada yang
eror menganggap bahwa anak perempuan itu tidak berharga bikin malu keluarga bikin
lemah kabilahnya dan seterusnyauad menyunyikan dari orang banyak
[Musik] snya yang Dis kepakah dia akanelihar menangg
Keh Ken punya anak peruan danat mentalnyaung
anakakorban tapi kalau bapak orang tua merasa terhina karena punya anak tidak
sedikit yang kemudian anak perempuannya jadi korban Bulian orang
tuanya bapaknya merasa malu gara-gara anaknya dibunuh tidak mau karena merasa
terhina anaknya jadi korban dibully terus-terusan dibuli habis-habisan anak
perempuan gak dapat perhatian dari bapak tapi dia haus dengan perhatian akhirnya
dia Cari perhatian keluar cari laki-laki yang lain pamer dan Seterusnya saya
wanita yang berharga danusnya munculah perzinahan Dan
perzinahan itu kalau masih kuat mental itu kalau kalau tidak siap untuk
membunuh anak tapi kalau yang siap membunuh anak yang kedua am yaduhu atau mereka menguburkannya ke
dalam tanah hiduphidup Jadi pas persalinan bapaknya
itu sudah siap gali tanah sudah siap gali tanah laki-laki perempuan perempuan
sini sini cat kubur hidup zaman sekarang Punten mohon maaf
jauh lebih jahiliah daripada zaman dulu karena zaman sekarang dibunuhnya
itu bahkan sebelum dia lahir ke dunia kan ini kalau bahasa kita sekarang mah
aborsi begitu ya malu karena punya anak perempuan kubur hidup-hidup dulu karena
jenis kelamin zaman sekarang mau laki-laki mau perempuan malu karena
punya anak kubur hidup kalau zaman dulu Sudah ada
USG gitu ya Dok jadi anak saya laki-laki atau perempuan
eh perempuan ah sudah gugugurkeun di ayeuna keneh
gugurkeun jadi konsepnya sama konsep aborsiitu
hanya nunggu dilahirkan dulu karena tidak tahu jenis pelamin kalau di zaman
Firaun sudah ada USG semua ibu yang hamil di USG dulu ah
kalau ketahuan laki-laki harus digugurkan semuanya dulu diincer itu
setelah lahir dulu dibunuh itu setelah lahir sekarang belum lahir saja sudah
sudah [Musik]
diugurkanw Minal artinya Bapak Ibu yang Allah
muliakan membedakan kebahagiaan karena anak yang lahirnya bukan
laki-laki ini termasuk perbuatan jahiliah pakah lahir Dera at
istri buak anak pertama perempuan anak kedua
perempuan anak perempuan anak pas anak k gimana laki-laki perempuan atau sebaliknya laki-laki
semuanya pas anak terakhir laki-aki kapan punya anak
[Musik] perempuanbahelahiran anak
per perbuatan Jah peristiwa ini atau fenomena
ini sindiran Allah kepada orang-orang musyrik Makkah karena orang musyrik
Mekah bilang begini mereka percaya ada Allah tapi mereka percaya Allah itu
punya istri Allah itu punya anak Malaikat itu perempuan mereka
anak-anaknya Allah subhanahu wa taala Allah tu anaknya perempuan semuanya kata
Allah di ayat 57 [Musik]
begini kalian menetapkan anak perempuan buat Allah Maha Suci Allah sedangkan
buat mereka itu anak laki-laki orang musyrik Makkah mereka
meyakini Allah punya anak dan anak Allah semuanya
perempuan jadi masa buat Allah anak perempuan padahal kalian kalau punya
anak perempuan saja di kubur hidup-hidup kalau ngasih buat Allah
ngasihlah yang yang lebih baik Kalau ingin menetapkan sesuatu tentang Allah t
apkan yang [Musik]
lebih lagi [Musik] 1
yang mereka jadikan permisalan buat Allah yang lahirnya anak perempuan
mukanya hitam pekat dan dia menahan sedih Apakah patut menjadikan anaknya
Allah orang yang dibesarkan dalam keadaan berperhiasan sedang dia tidak
dapat memberi alasan yang terang dalam pertengkaranah
maksudnya ayat 18 ini sifat danrat ser fitrahnya perempuan dari dulu
sampaikarang tetap sama Apa itu pertama perempuan itu dibesarkan dalam keadaan
berperhiasan jadi memang Ya sudah naluri sudah fitrahnya
ibu-ibu bahkan ke anak perempuan Mereka senang senang dengan perhiasan baik yang
nempel ataupun yang di diper kan ada istilah begini ya
kalau apa diam itu emas diam itu emas kalau istri sudah
banyak diamnya berarti waktunya nya dibawa ke
[Musik] toko karena diam itu
diam itu em yang pertama kata Allah Apakah patut
kalian menetapkan Allah punya anak dan anak perempuan padahal anak perempuan
itu umumnya dibesarkan dalam keadaan berperhiasan ya fitrahnya dibesarkan
dalam keadaan menggunakan perhiasan dan dalam bertengkar sulit untuk
memberikan alasan yang [Musik] mau makanah
k Pikir sendiri itu sudah ada ayat Qurannya dari
sana Allah yang menciptakan kata Allah ini bukan kata
[Musik] saya jadi saya dan kita bapak-bapak sebagai
suami ya ya memang ditakdirkannya seperti
itu istri Rasulullah juga samaitu yang pertama wanita di zaman
jahiliah dulu lahir mereka terancam nyawa dan wanita-wanita ini anak-anak
bayi ini mereka akan dibangkitkan kemudian mereka akan
ditanya oleh Allah kenapa kalian di dunia b o orang tua dalam surah atwir ayat [Musik]
ke dan apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya oleh
[Musik] allaha
dosaakah dibunuh maksudnya kalau orang dibunuh karena dosa dan dosanya dosa
besar dan Allah memerintahkan seperti itu sudah memang sudah begitu aturannya
orang membunuh dosa kemudian dibunuh lagi Ita memang aturannya seperti itu
orang berbuat zina Padahal dia sudah berumah tangga mempari batu sampai
akhirnya meninggal dunia memang dosanya ini tidak punya dosa tapi dia dibunuh
maka Allah akan memberikan haknya dan akan meminta pertanggungjawaban orang
tua yang membunuh termuk yang ini ayat sebetulnya bisa [Musik] jadi [Musik] yangues dibunuh tanpa dosa mereka akan
ditanya lahir bertarung dengan nyawa kalau selamat dari kematian mereka akan
dihinakan oleh bapaknya karena bapaknya orang tuanya merasa terhina
ayumsiku menikah kata Siti Aisyah begini di zaman
jahiliah itu wanita di zaman jahiliah kalau mereka mau berpasangan ada empat
cara cara yang pertama cara yang normal suami laki-laki datang ngasih mahar
kemudian nikah tapi ada cara yang lain cara yang benar-benar
jahiliah Punten ada yang namanya Mohon maaf ini istilahnya mungkin agak kurang
enak eh perempuan yang kemudian dizinahi
digauli oleh banyak laki-laki karena tadi kan dia tabarruj berdandan pamer
sana pamer sini dengan kecantikan tubuhnya Kemudian digauli oleh laki-laki
a laki-laki b c dan seterusnya dan dia punya anak pertanyaannya Ini anakanak
siapa ini bapaknya siapa ini siapa yang akan
menafkahinya kalau diaku Bapaknya si A si B juga nanam saham tidak tahu
begitu ya Siapa Tidak jelas ini anak dari nutfah yang mana dari sperma yang
mana dan si perempuan ini yang sudah digauli oleh banyak laki-laki dia bebas
kalau datang ke rumah orang kedua misalnya
Fulan Anda pernah menggauli saya dan ini anak Anda suka-suka dial mau datang ke
orang nomor satu ke orang Nomor 10 pokoknya yang pernah bergaul dengannya
yang pernah berhubungan badan dengannya harus siap menjadi suaminya dan bapak
bagi anak-anaknya nikah tapi nikahnya kalau
istilah sekarang married by sudah punya anak dulu Sudah hubungan
badan dulu baru setelah itu jadi sejarah mah selalu berulang dulu
ada dan terulang lagi semoga Allah menjaga kita dan
keluar kita ada juga yang kedua dinikahinya setelah datang ke
ahli lihat anaknya Oh begini lihat yang pernah berhubungan badan Siapa saja
Fulan Fulan fulanan dilihat jarinya dilihat kakinya dilihat bnya Oh anak
iniembuahan dari si bapak Fulan Dia bapaknya maka si bapak itu enggak bisa
mengelak dia yang harus bertanggung jawab menafkahi anaknya dan juga wanita
tadi Kalau istilah sekarang apa tes DNA Bapak biologisnya baru Setelah itu Bapak
biologisnya harus harus menafkahi harus menikahi ada lagi yang namanya
istibd Alif Sin ta ba d Alif Ain kata Siti Aisyah istibd Apa itu istibd ada
suami punya istri kata suaminya bilang begini ke istrinya
Bu itu ada laki-laki uangnya banyak orangnya ganteng fisiknya kuat Ibu pergi
ke laki-laki tadi pun sampai bergaul hubungan badan sampai berbadan dua nanti
balik lagi ke sini itu jadi anak kita itu jadi anak kita dan kalau dia
ngasih uang itu untuk kebuhan rumah tang kita itu namanyais ini ada di zaman jahiliah
suami yang nyuruh istrinya berbuat zina dan keuntungan dari zinanya dipakai
untuk membangun rumah tangganya kira-kira yang seperti ini
zaman sekarang ada tidak Hah Ada iniing apal suaminya membawa istrinya ke puntan
lokalisasi kemudian ee tempat prostitusi keuntungannya
dipakai untuk untuk menghidupi rumah tangganya itu yang terjadi di zaman
jahiliah kecil terancam nyawa tumbuh dia akan terhina menikah dia tidak berharga
dan setelah menikah misal suaminya meninggal dunia Bagaimana nasib ini
wanita ini dia akan jadi pusaka jadi perempuan itu bukan hanya
tidak punya hak waris tapi dia justru bisa diwariskan makanya Allah melarang
praktik ini dalam surat Annisa ya ayyuhalladina amanu la
titunisa karha Wahai orang yang beriman kalian tidak boleh mewarisi mempusakai
wanita bapaknya punya istri 10 misal karena belum dilarang waktu itu bapaknya
punya istri 10 bapaknya meninggal dunia maka istri tirinya maaf ibu tirinya
istri bapaknya itu jadi warisan buat semua anak
laki-lakinya sudah kecil terancam wabuh kemudian terh jadi istri dia tidak
berharga pas suaminya meninggal dunia jadi janda dia jadi barang
[Musik] pusaka tidak halal mempusakai wanita
dengan jalan paksaakh jangan lagi setelah turun ayat
ini tidakh kakaknyaaki meninggalun Istan ita juga istri-istri kakaknya
kemudian dipaksa jadi istri adiknya yang laki-laki praktik seperti ini marak di
zaman jahiliah artinya kalau kita bisa melihat
wanita jahiliah nasibnya begini maka Mari Bandingkan bagaimana nasib wanita
di zaman Rasulullah dan setelah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam
satu kalau punya anak perempuan boleh angkat tangan yang punya anak perempuan
yang punya anak perempuan t bolehya adais bya anak [Musik] [Musik] per maka anak perempuannya akan menjadi
hijab dari neraka untuk orang tuanya dan orang tuanya waj masuk Sur sahabat yang mendengarkan hadis ini
bisik-bisik di belakangumahah ananganya ya
rasah kumaha kalau Bim KBI
bahkan Siapa yang punya dua anak perempuan selama dididik disayangi
dibiayai wajib orang tuanya masuk surga Eh bisik-bisik lagi di
belakang tany bisik-bisiknya para sahabat
ditangkap oleh Nabi dan nabi tersenyum Apa arti senyumnya
nabi karena intinya bukan di jumlah intinya adalah anak perempuan itu bukan
pembawa sial anak perempuan itu bu a anak peruan itu bisa menjadi jatan
oranganyau itu yang diing mengahset jahiliah tang anak
perempuan supa mihat anak perempuan sebagai aset
menu belum punya anak [Musik]
peruanudahudah kedua Rasulullah menyebut bahwa istri itu Pernikahan itu
penyempurna agama tujuannya supaya orang beriman
memperlakukan istri seperti memperlakukan setengah
agamanya memperlakukan pasangan seperti memperlakukan setengah agama kenapa
kalau memperlakukan pasangan jelek maka pas setengah AG
jelek setengah agama ada
sudahahang menengah
AG ini Bu Rus [Musik] matemkauengah ini hadis bukan bicara
jumlah ini hadis Maksudnya mau mau yangik meneng agama
orang-orang e Arab saat itu khususnya muslim perlakukan pasanganmu seperti
engkau memperlakukan agamu ini setengah agama
kita yang ketiga bahwa ibu itu Ibu bahwa wanita
itu ya Ibu itu ada surga itu ada di bawah telapak kaki walaupun redaksi
hadisnya beragam ya ada yang redaksi hadisnya dan seterusnya intinya Rasulullah
mengajak para sahabat menghormati wanita yang sudah melahirkan ataupun istri dari
orang tuanya ditambah ayat ini [Musik]
ya di zaman jahiliah wanita tidak punya hak untuk mendapatkan warisan di Islam
wanita punya hak untuk menerima
warisan Pak ustaz tapi kan setengahnya kalau
perempuan mah wanita dapat setengahnya dari
laki-laki Kenapa karena wanita kalau dapat warisan harta warisan itu hanya
untuk dirinya tapi laki-laki kalau dapat warisan dua kali lipat harta itu untuk
dirinya dan untuk istrinya untuk anaknya untuk keluarganya dan seterusnya jadi ya
Adil Allah subhahu wa ta tidak punyaajiban untuk
mbiaiam punyaajiban mbiai istri dapat warisan normal proporsional karena adil
bukan berarti sama saya
kira ini mungkin yang bisa kita sampaikan
tema hari ini tentang kondisi Jazirah Arab sebelum
kelahiran Nabi Muhammad Sallahu Alaihi was Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi
Wasallam dan kondisi Makkah sebelum kelahiran Rasulullah