Sirah Nabawiyah #7 : Kisah Kedatangan Nabi Shalalluhu ‘Alahi Wassalam Ke Madinah – Khalid Basalamah

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
Manusia yang telah dipilih oleh Sang Pencipta di antara seluruh manusia– dari turunan Adam sebagai penutup risalah Rasul atau utusan Sang Pencipta Allah, untuk membawa peraturan-peraturan yang diinginkan oleh Sang Pencipta– kita tahu dari manusia terbaik ini, mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang halal dan haram. Dan dari sisi yang lain juga sebagai bentuk terima kasih kita terhadap manusia terbaik ni, manusia yang paling layak dicintai dan dipanuti- -karena telah mengorbankan 23 tahun dari masa hidupnya, 13 tahun dari fase Mekkah dan 10 tahun di Madinah, semua– semuanya untuk menyebarkan agama-Nya yang mulia.” Sesungguhnya ini adalah rezeki atau bagian kalian yang sudah datang.Maka kembalilah orang-orang Anshar semuanya bersama dengan sahabat nabi– yang mulia menjadi dai di Madinah adalah Mushaf bin Umar رضي الله عنه Kemudian bersama juga dengan orang-orang yang baru masuk Islam dan yang belum masuk Islam dari asli penduduk Madinah.
Pondasi pertama, dalam pembangunan negara dalam Islam kalau kita juga boleh instansi kelembagaan yang pertama adalah membangun — mosque dan ini perilaku nabi ﷻ yang pertama teman-teman sekalian, makanya sangat penting di satu kota wilayah negara atau kita lingkup yang lebih sempit- -seperti perusahaan seorang muslim harus ada masjidnya.Semaksimal mungkin dia usahakan. Hal yang existed dari ayat di sini disebutkan adalah di sekitarnya atau di dalamnya ada lelaki atau orang-orang yang suka membersihkan diri– dan Allah suka dengan kebersihan atau orang-orang yang bersih.Ini teman-teman sekalian ternyata ada sebabnya. Tapi kalau pendapat yang Saya pegangi, ada pendapat lain yang menjelaskan– teman-teman sekalian sebenarnya nabi ﷻ fokus makan pada saat itu kurma dan minum air, bukan mustahil Anda terapi.Karena kata Aisyah رضي الله عنه dalam hadis Bukhari “Kami pernah sebulan tidak menyalakan api di rumah kami dan kami cukupkan makan- -dengan Aswadain.

Manusia yang telah dipilih oleh Sang Pencipta di antara seluruh manusia– dari turunan Adam sebagai penutup risalah Rasul atau utusan Sang Pencipta Allah, untuk membawa peraturan-peraturan yang diinginkan oleh Sang Pencipta– kita tahu dari manusia terbaik ini, mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang halal dan haram. Dan dari sisi yang lain juga sebagai bentuk terima kasih kita terhadap manusia terbaik ni, manusia yang paling layak dicintai dan dipanuti- -karena telah mengorbankan 23 tahun dari masa hidupnya, 13 tahun dari fase Mekkah dan 10 tahun di Madinah, semua– semuanya untuk menyebarkan agama-Nya yang mulia.” Sesungguhnya ini adalah rezeki atau bagian kalian yang sudah datang.Maka kembalilah orang-orang Anshar semuanya bersama dengan sahabat nabi– yang mulia menjadi dai di Madinah adalah Mushaf container Umar رضي الله عنه Kemudian bersama juga dengan orang-orang yang baru masuk Islam dan yang belum masuk Islam dari asli penduduk Madinah. Pondasi pertama, dalam pembangunan negara dalam Islam kalau kita juga boleh instansi kelembagaan yang pertama adalah membangun — mosque dan ini perilaku nabi ﷻ yang pertama teman-teman sekalian, makanya sangat penting di satu kota wilayah negara atau kita lingkup yang lebih sempit- -seperti perusahaan seorang muslim harus ada masjidnya.Semaksimal mungkin dia usahakan. Hal yang existed dari ayat di sini disebutkan adalah di sekitarnya atau di dalamnya ada lelaki atau orang-orang yang suka membersihkan diri– dan Allah suka dengan kebersihan atau orang-orang yang bersih.Ini teman-teman sekalian ternyata ada sebabnya.Ini salah dan ingat firman Allah di sini turun “” Allah itu suka dengan orang-orang yang bersih.”” Dan dalam masalah ilmu ruqyah, pengobatan orang yang kena sihir, atau diganggu oleh setan, salah satu hal yang harus dijaga adalah – – kebersihan dirinya secara fisik juga tentu secara hati dia harus bersihkan dari semua dosa penyakit hati dibersihkan – – semua secara fisik dan lingkungannya juga harus bersih. Karena rumah yang kotor disukai oleh setan> > Makin bersih, maka makin dibenci oleh setan.Makanya memang

setan itu suka di tempat-tempat yang kumuh, yang kotor, dia kalau lihat tempat bersih – – dia seperti kita lihat tempat kotor manusia. Seperti itulah. Jadi perlu digarisbawahi teman-teman sekalian jangan salah paham karena banyak orang begitu apalagi – – Iltizam dalam agama sudah mulai dekat dengan Allah ﷻ, sudah mulai belajar agama, maka kita lihat makin berantakan. Penampilannya berantakan, kotor semua kopiahnya, kotor sudah tujuh bulan enggak dicuci-cuci. Sajadah kalau salat di tempat yang kotor. Kamar mandi kotor ini kenapa teman-teman sekalian? Saya sangat sedih kalau melihat kadang-kadang kalau dalam masjid kotor – – tidak terawat, rumahnya seorang muslim kalau kita datang menjenguknya malah kotor. Kenapa ini teman-teman sekalian? Kenapa enggak suka dengan kebersihan? Allah suka dengan kebersihan. Allah suka dengan kerapihan. Allah suka dengan yang wangi. Sampai kata nabi ﷻ, beliau mengatakan dalam hadis sahih “” Dicintakan dunia kalian ini untukku, aku tapi tidak suka dengan dunia ini.”” Maunya akhirat. “” Tapi dicintakan karena adanya kaum wanita, adanya ibu yang dibakti, adanya istri yang disayangi, adanya anak perempuan yang dibiayai.” “” “Dinaungi dan juga aku suka dengan wangi-wangian.”” Dicintakan dunia masalah itu.Harusnya kita

jaga ini teman-teman sekalian. Kita tahu misalnya ada mandi junub, kita tahu dalam Islam ada mandi wajib saat haid dan nifas, ada mandi jumat. Nabi ﷻ terkadang di musim panas – – merendam tubuh beliau di air dingin. Kadang-kadang di musim dingin berendam dengan air panas. Musti dijaga semua ini. Nabi ﷻ sangat gemar menjaga bau mulut dengan rajin bersiwak. Beliau mengatakan tentang rambut “” Siapa yang dikaruniai rambut maka dia harus – – merawatnya dan seterusnya.”” Semua itu harus dijaga teman-teman sekalian. Harus dijaga. Dan seorang muslim akan terlihat simbolnya – – simbol keislamannya salah satunya dengan kebersihannya. Makanya dikatakan dalam banyak riwayat juga kalau nabi ﷻ itu tidak menyukai hal-hal yang – – busuk.Hal-hal yang buruk.

Hal-hal yang berantakan. Jadi ini yang harus digarisbawahi teman-teman sekalian sehingga tidak– ada kesalahpahaman tentang masalah ini. Sekali lagi banyak di antara kaum muslimin begitu soalnya keadaannya. Disayangkan sekali. Pada saat awal Saya menikah, dan kebetulan karena istri Saya tadinya punya keterampilan di masalah hair salon- -sebelum nikah dengan Saya, alhamdulillah pada saat itu sudah menikah dia ingin punya kegiatan. Saya bilang baiklah, Saya bukain. Datanglah banyak akhwat kita di tempat itu. Pakai jilbab besar, pakai cadar. begitu selesai baru hari pertama buka ada beberapa yang datang — begitu mereka pergi istri Saya masih diam rupanya. Hari kedua ada lagi datang, hari ketiga setelah seminggu dia bilang sama Saya. “Ada sesuatu yang mau Saya sampaikan. Tapi jangan disalahpahami.” Saya bilang “Silahkan ada masalah apa?” “Kenapa akhwat-akhwat ini.”- -“.”. pakai jilbab “besar, pakai cadar, enggak merawat sama sekali rambutnya?”” Begitu dibuka jilbabnya MashaAllah ketombe, kutu.” Kaget istri Saya.Tadinya dia berpikir selama ini kalau Saya nasihatin ” dia masalah agama Islam itu bersih rapih, tapi ini justru yang datang semua memang

— pakaiannya sudah jelas-jelas akhwat kita. Tapi begitu penampilannya. Saya bilang belum tentu mereka semua paham. Nasihatin. Berikan masukkan. Bilang enggak apa-apa sudah tanya sama Saya. Dan sampaikan kalau perlu merawat, perlu menjaga kebersihan. Tidak boleh tidak. Dan kita dianjurkan, kita tahu misalnya tentang salat jum ' at. Kata nabi ﷻ “Siapa yang mandi di hari Jum ' at.” –“. Kemudian dia maksimal dalam membersihkan tubuhnya, kemudian dia.” Ulama hadis mengatakan sekarang dia pakai sabun yang wangi, dia pakai sampo – “- yang bagus, rapih semuanya bersih. Kemudian dia juga menggunakan minyak rambutnya. Dalam riwayat begitu ya. Sehingga- -rapih, tersisir rapih. Artinya dia memakai wangi-wangian. Kemudian dia juga memakai bajunya yang terbaik. Dia memakai minyak wangi yang terbaik pula. Kemudian dia datang ke masjid, kemudian dia mendengarkan khatib pada saat menyampaikan imam khutbah, lalu dia salat bersama imam — kecuali diampuni dosanya yang telah lalu. Jadi ada motivasi pembersihan dosa di hari Jum ' at dengan bersihnya badan. Baju yang bersih badan yang wangi.Ada hubungannya mandi. Ini ada hubungannya semua dengan masalah ini. Jadi jangan sampai salah paham teman-teman. Jadi usahakan kalau orang salat di sebelah kita, maka dia merasa nyaman.

Jangan orang salat di sebelah kita malah hilang semua konsentrasi. Bau mulutnya, bau ketiaknya, bau semuanya, harusnya diperbaiki. Ingat ya Allah suka dengan kebersihan. Ini ayat tadi turun 108 surat At-Taubah. Baik pada saat itu teman-teman sekalian, mosque Kuba dibangun sangat sederhana karena dari tanah liat dan sahabat semuanya partisipasi dalam membangunnya.Pada saat selesai, nabi ﷻ sempat berada di wilayah Kuba selama empat hari, maaf tadi Saya keliru dengan tiga hari. Senin -Kamis. Pada hari Jum ' atnya, Nabi ﷻ berangkat menuju ke pusat kota Madinah yang ada sekarang masjid Nabawi.

Waktu itu belum ada masjid Nabawi tentunya. Di tengah jalan waktu salat Jum ' at masuk dan beliau word play here akhirnya salat pada saat itu Jumat – -di satu lokasi belum ada masjid. Di lokasi suku Salim container Auf. Ini salah seorang sahabat namanya Salim bin Auf. Sampai sekarang penduduk Madinah masih tahu tuh, ini lokasi Salim container Auf. Terakhir pun kami waktu masuk ke Madinah- -sekitar tiga pekan yang lalu itu sempat diingatkan lagi oleh teman-teman asli Madinah. “Ini masih ingat Khalid, ini tempatnya Salim bin Auf.” Jadi ini dulu tempat nabi ﷻ salat Jumat di sini. Dan waktu itu teman-teman karena belum ada masjid, maka Jumat dilakukan di lapangan. Dan dari sini juga sebuah hukum sebagian besar ulama mengatakan bolehnya salat Jumat walaupun bukan di masjid. Di pelataran kantor- -di tempat-tempat umum. Jumat datang boleh didirikan. Di gedung kalau kita sekarang.Semua ini sudah menjadi hal umum pendapat ulama, Dan nabi ﷻ waktu itu berkhutbah dan mengimami salat Jumat pertama dikerjakan di Madinah oleh nabi ﷻ dan juga khutbah pertama dikerjakan. Sebelum nabi ﷻ datang teman-teman sekalian ke Madinah, ada seorang sahabat nabi bernama As ' ad container Zurarah. Hafal nama orang ini. As ' advertisement container Zurarah رضي الله عنه ini salah satu pimpinan orang Anshar.

Orang Madinah. Beliau sudah dengar dari Mushab رضي الله عنه.- kalau salat Jum ' at sudah wajib. Masih di fase Mekkah itu sudah wajib. Perintah lima waktu salat, diikutin perintah Jum ' at. Maka kaum muslim kerjakan semampunya di Madinah.As ' ad bin Zurarah ingin mengerjakan Jum ' at. Namun belum ada masjid. Masjid dibangun pertama kali setelah nabi ﷻ hijrah. Maka beliau membuka rumahnya — dan memberikan kesempatan siapapun yang mau salat Jum ' at di antara kaum muslimin dan terkumpul di rumah beliau 39 orang — dari sahabat ada 40 orang sama dia, sama As ' ad bin Zurarah رضي الله عنه. Maka, dari sini sebagian ulama menganggap bahwa– bahwasanya syarat salat Jum ' at itu adalah 40 orang. Padahal sebenarnya, waktu itu kebetulan terkumpul yang mau salat 40 orang. Kalau dipahami ini teman-teman sekalian, makanya pendapat yang paling kuat bukan 40 orang sebetulnya tapi Jum ' at berlaku– seperti berlakunya salat wajib lima waktu. Ada imam ada makmum sudah boleh (salat). Sudah boleh salat. Dan masuk masalah Jum ' at. Pernah ada seseorang menanyakan kepada Saya tapi memang mereka di negara non-muslim. Waktu itu di Jepang. Saya diundang di sana saat Ramadhan untuk ceramah di Tokyo. Kemudian ada orang yang datang kepada Saya bertanya Dia bilang “Ustaz, kami di perusahaan ini cuma dua orang yang muslim.Saya sama teman Saya ini. Jum ' at bagaimana caranya?” “Kalau salat lima waktu kami masih salat. Kadang-kadang kami masing-masing salat. Tapi salat Jum ' at bagaimana?” Dia bilang “Kalaupun Saya salat lima waktu harus usahakan berjamaah.” Kan salat lima waktu kalaupun ada akad kerja — enggak bisa ditinggalkan, wajib seorang muslim patuhi akadnya. Maka, jangan ketinggalan salat wajib. Salat wajib itu enggak bisa( ditinggal). Semua haknya makhluk, kalau yang wajib, misalnya bakti sama orang tua, patuhnya seorang istri pada suami. Ini wajibnya hak makhluk. Kalau ketemunya hak wajibnya Allah, salat lima waktu misalnya; “hak wajibnya Allah.Maka harus haknya Allah didahulukan. Kalau ketemu sama haknya Allah sunnah, dengan hak wajibnya makhluk– misal kita lagi salat Sunnah, Ibu “kita manggil; batalin salat sunnah-nya. Karena hukum hak Allah” sunnah ketika ketemu dengan hak wajibnya makhluk. Ini pun Allah yang tentukan hak wajibnya. Maka kita dahulukan haknya orang tua kita karena wajib menjawab panggilannya dia. Kita lagi salat sunnah. Tapi di sini kalau ketemu salat wajib, hak wajibnya Allah dengan panggilan orang tua, enggak boleh harus tetap salat. Enggak boleh kita batalin. Karena hak wajibnya Allah di sini. Ini perlu digarisbawahi ya.

Di sini teman-teman sekalian- Saya sampai lupa tadi mau jelasin apa. Masalah salat empat puluh orang. Jadi teman yang di Jepang ini bilang, Saya bilang salat wajib dikerjakan. Salat Jum ' at pun begitu.Cukup antum berdua salat. Waktu salat yang dibutuhkan hanya lima menit. Kalau salatnya ya. Jadi kalau salat sunnah– enggak usah dikerjakan kalau memang ada akad antara kita dengan perusahaan harus on-time masuk jam satu misalnya. Kita hanya punya waktu– durasi sepuluh menit, ya digunakan itu saja. Bagaimana caranya? Baik Saya ajarkan caranya. Tinggal salah satunya- Azan, kemudian yang satu menjadi khatib dan khatib ini boleh dalam waktu yang ringkas misalnya, maka sesuai dengan sabda nabi ﷻ — termasuk kebijaksanaan dan pemahaman agama seseorang kalau khutbahnya pendek, salatnya panjang. Maka khutbah di sini kata para ulama– boleh dengan satu ayat dijelaskan.

Misal baca ayat dengan terjemahannya karena mereka berada di satu perusahaan dan negara orang kafir– enggak bisa salat. Jadi itu solusinya. Maka mereka, satu orang baca ayat Al-Qur ' an, dia baca terjemahan dari HP-nya kemudian dia tutup dulu — khutbah kedua, lalu kemudian dia tutup.Dan tidak harus duduk kalau tidak ada tempat duduk di sini. Dia kemudian berhenti sejenak, lalu — kemudian dia khutbah yang kedua dengan doa, lalu dia tutup. Lalu kemudian iqomah salat berdua. Ini pendapat ya. Ada pendapat tadi yang mengatakan berpegang pada empat puluh orang, maka kalau kurang dari empat puluh orang — tidak ada Jum ' at. Allahu A ' lam. Tapi yang Saya lihat adalah pendapat yang kuat, salat Jum ' at tetap berlaku karena dia sama hukumnya dengan salat Zuhur.Salat berjamaah dua orang. Pada saat itu nabi ﷻ setelah selesai salat Jum ' at sudah bubar. Beliau masuk menuju ke kota Madinah. Lebih dalam lagi, tentu antara masjid Kuba sama mosque Nabawi sekarang jaraknya kurang lebih tujuh kilometer. Kurang lebih tujuh kilometer jaraknya. Jadi di antara perjalanan itulah ada suku Salim bin Auf nanti. Nabi ﷻ salat Jum ' at di situ tidak jauh dari Kuba. Pada saat nabi ﷻ mulai memasuki pusat kota Madinah dan masyarakat Madinah sudah mengetahui itu, mereka kembali lagi ingin menarik — kekangan unta nabi ﷻ.Maka beliau mengucapkan kalimat yang mahsyur ضعها فإنها مأمورة “Tinggalkan saja unta ini. Jangan ada yang tarik tali kekangannya. Dia mendapatkan perintah dari Allah langsung. Dia tahu dia akan berhenti di mana.

” Karena mereka semua pada berebut. Mereka terus berebut, mereka mengatakan “Ya Rasulullah di rumah kami saja, di suku kami saja. Kami akan membela Anda.” “Kami akan memberikan Anda Ikram( memuliakan Anda ). Segala kebutuhan kami penuhi.” Terus saja suku demi suku saling menarik.” Tapi nabi ﷻ mengatakan ضعها فإنها مأمورة “Tinggalkan unta ini jangan ada yang tarik, karena dia dapat perintah dari Allah'dan dia tahu di mana dia akan berhenti.” akhirnya saat tiba di wilayah suku Najjar.Dan suku Najjar adalah suku dari keluarga Ibu dari nabi ﷻ. Aminah dari Madinah. Asalnya dari Madinah. Banyak keluarganya di Madinah.

Makanya waktu sebelum meninggal, beliau sempat mengajak nabi ﷻ– ke Madinah kemudian kembali dari Madinah mengunjungi suku Najjar ini, suku daripada keluarganya– meninggal lah Aminah di Abwa, di wilayah yang sudah mendekati wilayah Mekkah. Yang jelas nabi ﷻ” waktu itu pas tiba di suku Najjar, unta nabi ﷻ- -duduk. Tiba-tiba duduk di situ. Maka “nabi ﷻ turun. Lalu nabi ﷻ tanya “Ini tanah sekarang di mana unta Saya duduk, tanahnya siapa “?” Kata mereka, “Ini tanah dua orang anak yatim, Ya Rasulullah.” Ada anak yatim di Madinah ini, orang tuanya mati ini tanah warisannya mereka.” Kata nabi ﷻ “Siapa walinya? Mana walinya? Siapa yang bertanggung jawab terhadap dua anak yatim? Karena istilah yatim dipakai untuk siapa? Mana suaranya ini? Siapa itu anak yatim? Bisik-bisik mana Saya dengar. Orang yang meninggal Ayahnya.

Tidak dipakai untuk Ibu ya. Kita di Indonesia tambah-tambahin sendiri itu. Piatu itu. Dalam Islam tidak ada istilah piatu. Ada yatim saja. Anak yatim saja enggak ada anak piatu. Piatu itu bagi yang meninggal Ibunya kan? Makanya kita dalam hukum syar ' i cuman anak yatim saja.Siapa yatim? Yang meninggal Ayahnya saja. Jadi penaungnya dia, walinya dia meninggal si Ayah. Penisbatan nama padanya. Misal– Fulan bin Fulan meninggal, maka dikatakan yatim. Itu word play here harus ada syarat kedua. Belum baligh. Enggak boleh nenek-nenek kakek-kakek ngaku yatim. Minta bantuan Saya yatim. Umurnya berapa? Sebelum balik dikatakan yatim. Sudah baligh tidak ada lagi yatim. Istilah yatim sudah diangkat dari dia.Sudah enggak ada. Makanya harta anak yatim–” kalaupun dia kaya, kemudian sudah dipegang oleh seseorang misalnya pamannya atau siapa saja dan ternyata dia sudah baligh, dikembalikan ke anak yatim itu. Kecuali dia, maaf, gila misalnya anak ini atau apa. Dianggap kurang waras atau masih belum bisa itu mungkin lain cerita. Tapi kalau sudah baligh itu sudah dijadikan tolak ukur. Anak yatim ini, kenapa nabi ﷻ mengatakan mana walinya? Karena belum baligh. Ditanya siapa walinya? Siapa yang pegang hartanya ini? Karena semua anak yatim kalau masih belum mampu mengelola diberikan hartanya kepada walinya kaya pamannya, tantenya- -siapa keluarganya yang terdekat yang masih hidup.Maka datanglah walinya. Lalu kata nabi ﷻ “Saya

ingin membeli tanah ini.” Kata dia “Ya Rasulullah, wakaf buat Anda silahkan.” “Enggak usah dibeli.” Kata nabi ﷻ “Tidak. Saya akan membelinya. Taruh nilainya berapa, Saya akan bayar.” Tapi ternyata orang ini juga masih berat “Ya Rasulullah, berat, enggak usah. Ini wakaf ambilah.” Kata nabi ﷻ “Tidak bisa.” Maka nabi pun ﷻ menilai harga tanah di sekitar lokasi itu. Ditemukanlah nilai tertentu lalu nabi ﷻ menebusnya. Bayar. Tanah tersebut adalah pilihan Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi dan inilah tanah terberkah setelah wilayah Haram Mekkah.Tadi itu di suku Najjar. Setelah itu nabi ﷻ langsung memproses untuk membangun mosque Nabawi. Langsung, jadi belum istirahat pada siang itu juga– siang bolong setelah salat Jum ' at, tiba di wilayah itu, langsung nabi ﷻ membangun mosque Nabawi. Pembangunan masjid, semua sahabat langsung. Langsung bereaksi. Dan waktu itu sederhana sekali. Tanah liat diambil, dibuat cetakan, kemudian ditaruh air dicampur, dicampur dengan air. Setelah itu mereka biarkan kering, sudah jadi batu. Sudah jadi tanah. Tanah cetakan. Atau kadang-kadang karena mereka mengambil batu-batu– yang mereka masukkan ke dalam tanah liat yang dibasahi dengan air, dibiarkan kering, setelah kering

baru dibiarkan ditaruh menjadi tembok. Kadang-kadang juga, cara pembangunan pada saat itu, mereka mengambil langsung tanah liat yang mereka basahkan dengan air. Disiram dengan air– langsung ditempelin pakai tangan “saja. Ditempel-tempel pakai tangan. Sehingga menjadi tembok.” Ini kadang-kadang mudah rubuh sebenarnya.Tapi seperti itulah zaman dulu. Untuk memperkuat bangunan seringkali mereka mengambil batang-batang kurma, pohon-pohon kurma yang” ditebang- -yang ditebang akarnya, ditaruh ditancapin tapi bukan untuk semua bangunan, tapi hanya pojok-pojok bangunan– kemudian antara batang pohon ini dan batang pohon ini ditaruhlah tadi tanah-tanah liat itu. Seperti itu. Dibangun dengan sangat sederhana.

Saking sederhananya mosque nabawi pada saat itu sampai jadi hari itu juga. Udah selesai, dibuat oleh banyak orang, dibangun dan cukup untuk jadi salat. Tempat salat dan mosque sederhana sekali. Serta'dibangunlah di sebelah mosque Nabawi sebuah bangunan kecil yang dijadikan sebagai rumah nabi ﷻ.Beliau langsung tinggal di situ. Sebagian ulama mengatakan hikmahnya yang sangat baik adalah. Kalau seorang pemimpin itu tinggal di dekat rumahnya- -mosque, dia selalu bangun mosque dan rumahnya di dekat mosque sehingga dia bisa selalu hadir di masjid jadi Imam lima waktu salat. Karena memang idealnya pemimpin dalam Islam harus bisa menjadi Imam. Harus bisa jadi imam karena tolok ukurnya begitu. Makanya nabi ﷻ mewasiatkan Abu Bakar untuk menjadi Imam pada saat beliau mau meninggal.Begitu pula — beliau menjadi imam sampai meninggal, Abu Bakar رضي الله عنه. Kemudian, Umar juga begitu. Ustman dan Ali dan keempat Khulaaur Rasyidin َضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ- adalah pemimpin yang harus kita contohi sebagaimana sunnah nabi ﷻ alaykum bis sunnati was sunnati

khulafa’ rasyidin ajmain minutes ba’ di, Berpeganglah pada sunnahku dan juga Khurafaur Rasyidin setelahku; Aku Bakar, Umar, Ustman, Ali ضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ Baik, pada saat itu teman-teman sekalian, sementara membangun mosque Nabawi, maka para sahabat Anshar, dan Muhajirin, karena mereka– sudah terbiasa dengan syair-syair, mereka melantunkan syair. Mereka mengatakan اللَّهُمَّ لا عَيْشَ إلَّا عَيْشُ الآخِرَةِ ، فَاغْفِرْ لِلْمُهَاجِرِينَ والأنْصَارِ. Terus saja mereka saling memotivasi. Artinya “Ya Allah, kami tidak pernah berharap selain kehidupan akhirat, ampunilah seluruh muhajirin dan.

.”–“. dan Anshar.” Nabi ﷻ dalam beberapa Ashar disebutkan coba melantukan bersama mereka tapi beliau tidak bisa menyempurnakannya.Apa sebabnya? Apakah karena nabi tidak pintar? Jawabannya tentu tidak. Nabi ﷻ sangat cerdas, sempurna, tapi ada alasannya kenapa — nabi ﷻ tidak bisa menyebutkan syair. Jadi syair itu nabi ﷻ tidak sebutkan. Kalau word play here beliau sebutkan tidak sempurna. Karena memang Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melarang nabi-Nya Muhammad ﷻ menguasai syair. Karena ucapan yang diucapkan nabi ﷻ adalah wahyu.

Kalau beliau ucapkan syair nanti harus membedakan mana ayat mana syair. maka Allah menurunkan surat Yasin, surat nomor 36 ayat 69 sampai ayat 70 yang bunyinya -عُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ وَمَا عَلَّمْنٰهُ الشِّعْرَ وَمَا يَنْۢبَغِيْ لَهٗ ۗاِنْ هُوَ اِلَّا ذِكْرٌ وَّقُرْاٰنٌ مُّبِيْنٌ ۙ ٦٩ لِّيُنْذِرَ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكٰفِرِيْنَ ٧٠ “Kami tidak mengajarkan syair kepadanya.” Maksudnya kepada nabi Muhammad ﷻ “Dan bersyair itu tidak layak baginya.” Allah buat memang tidak bisa nabi ﷻ menghafal syair-syair. Memang dibuat seperti itu. Nabi Muhamamd sangat menguasai– bahasa Arab padahal bahasanya.Sebabnya adalah Al-Qur ' an yang diucapkan oleh lisan Muhammad ﷻ, tidak lain hanyalah– pelajaran dan kitab yang memberi penerangan. Jadi agar tidak mencampur-baurkan antara syair “dengan Al-Qur ' an. Itu ayat 69. Ayat 70 =nya “Supaya dia Muhammad memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup hatinya “.”–“.”. dan supaya pastilah ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir.” Dan ini alasan kenapa baginda nabi ﷻ tidak bisa menyebutkan tadi kalimat syair yang diucapkan Muhajirin dan Anshar. Dan secara– abadi tidak ada penyebutan syair dari nabi ﷻ. Makanya kita tidak pernah temukan ada syair nabi sebutkan. Tidak ada.Yang ada hanya ayat Al-Qur ' an dan hadis beliau صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ والصلاة والسلام. Semua sahabat waktu itu rame-rame mengangkat batu. Baik batu yang utuh– maupun batu yang dimasukkan ke dalam adonan tanah lihat tadi yang Saya bilang. Semua angkat satu-satu batu, satu batu itu cetakannya besar– di zaman dulu. Satu batunya besar. Untuk mengangkat satu batu saja sudah berat sekali. Tapi ada sahabat nabi yang sangat kuat secara fisik. Terkenal namanya Ammar bin Yasir رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ pada saat di fase Mekkah pernah kita ceritakan di awal Islam. Ammar bin Yasir diuji oleh Allah dengan meninggalnya Ayah dan Ibunya di depan matanya. Ayahnya bernama Yasir, laki-laki pertama yang mati syahid dalam Islam.Dan Sumayyah, Ibunya, wanita pertama yang mati syahid dalam Islam yang dibunuh oleh Abu Jahal. Dan itu sudah kita ceritakan kisahnya. Nah Ammar bin Yasir رضي الله عنه ini waktu itu tumbuh besar dan fisiknya kuat sekali. Sampai-sampai dia satu-satunya sahabat yang mengangkat dua batu sekalian pada” saat itu. Tentu ini penyampaian dalam riwayat. Masalah nanti ada sahabat nabi yang kuat seperti Umar container Khattab, Ali bin Abi Thalib itu semua adalah — Allahu A ' lam kenapa

enggak disebutkan di sini', tapi yang disebutkan adalah Ammar. dan ada penyebabnya. Waktu nabi ﷻ melihat, nabi ﷻ mengatakan “Sungguh kasihan Ammar. Dia akan terbunuh oleh kelompok pemberontak.” Seperti itulah. Subhanallah, nabi ﷻ menyebutkan kalimat ini jauh sebelum kejadian terbunuhnya Ammar 39 tahun. Jadi kapan terbunuh Ammar, 39 tahun setelah pembangunan mosque Nabawi itu. Pada saat terjadi peperangan antara Ali container Abi Thalib رضي الله عنه dengan Muawiyyah رضي الله عنه. Dan ini sudah pernah Saya berikan.- berikan gambaran tapi Saya coba ulas kembali. Kalau peperangan itu tidak diinginkan oleh Ali tidak juga diinginkan oleh Muawiyyah رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Tapi peperangan itu disebabkah oleh orang-orang yang masuk di kelompok Ali bin Abi Thalib yang terkenal nanti dengan kelompok Khawarij. Waktu Ali bin Abi Thalib sedang nagosiasikan keluarnya Muawiyyah dari negeri Syam, membawa sekitar tiga ribu pasukan kalau tidak salah.Itu bukan tujuannya untuk memerangi Madinah, tapi keluar dari Madinah untuk negosiasi sama Ali. Muawiyyah adalah sepupunya Utsman bin Affan. Ibu sama Ibu bersaudara. Maka yang menunjuk juga Muawiyyah jadi gubernur di negeri Syam adalah Usman container Affan. Usman bin Affan mati terbunuh. Maka kata Muawiyyah “Tangkep dulu pembunuhnya sepupuku itu.” Ini Khalifah dibunuh oleh orang bagaimana caranya? Baru kita pilih Khalifah. Kata Ali enggak bisa. Harus ada Khalifah dulu baru kita bisa tangkap. Pemerintah ada baru kita bisa tangkap- -pembunuhnya. Nah ketemu untuk negosiasi sebenarnya. Tapi rupanya mereka mau bubar, sudah mau negosiasi– Muawiyyah sudah setuju dengan Khilafahnya Ali, tapi dengan syarat tangkap pembunuhnya Usman, Ali bin Abi Thalib juga setuju dengan itu– rupanya kelompok Khawarij ini ada yang terbagi dua; Satu ke kelompoknya Muawiyyah, satu kelompoknya Ali.Lalu ini lempar panah api, itu lempar panah api. Lalu ini teriak, kelompoknya Muawiyyah berkhianat. Di sana teriak kelompoknya Ali berkhianat. Peranglah malam itu. Padahal peperangan tidak diinginkan. Ini fitnah yang terjadi di antara kaum muslimin. Dan ini banyak orang salah paham. Dianggap Muawiyyah sengaja memerangi Ali. Mustahil itu. Terbukti pada saat selesai peperangan word play here, Muawiyyah mengatakan– “Hai Ali Saya harus pulang ke negeri Syam. Ini fitnah.” Waktu dia “mau pulang, orang-orang Khawarij ini mengatakan “Hai Ali kenapa kau biarkan Muawiyyah.”–“. pergi. Dia memberontak. Bunuh saja.” Padahal sebenarnya di sini bukan Muawiyyah yang memberontak. Tetapi di sini orang-orang Khawarij ini yang memberontak. Nah ini kita sengaja sebutkan teman-teman sekalian, pada saat itu mereka datang– dan mengangkat Al-Qur ' an dan mengatakan “Hai Ali, kau tidak berhukum dengan hukum Al-Qur ' an ini.” Maka Ali mengatakan “Bagaimana bisa Saya bunuh? Muawiyyah itu penulis wahyunya nabi.Sahabat Rasulullah ﷻ. Enggak mungkin.” Yang ada adalah sebuah hukum kalau terjadi seperti ini keributan, maka pasukan yang dianggap keliru itu diambil semua senjatanya. Senjatanya saja. Tidak boleh lagi diperangi, ditawan, enggak ada Ghanimah di sini kecuali senjatanya ditarik. Supaya tidak terjadi penyerangan-penyerangan yang tidak diinginkan. Nah ternyata dipasukan Ali bin Abi Thalib ada Ammar bin Yasir رَضِيَ

اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ Dan Ammar dibunuh oleh salah satu kelompok Khawarij ini. Jadi makna sabda nabi ﷻ kasihan Ammar dibunuh oleh kelompok pemberontak — bukan kelompoknya Muawiyyah maksudnya. Tapi kelompok yang membunuh Ammar ini adalah kelompok kelompok Khawarij yang dasarnya memang– menjadi otak “masalah peperangan terjadi antara Muawiyyah sama Ali رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ Ini perlu digarisbawahi teman-teman sekalian, karena kalau tidak malah disalahpahami nanti. Dianggap bahwasanya seperti banyakNya orang-orang– Syiah mengatakan Muawiyyah itu kafir dan segala macam dengan pernyataan yang tidak layak untuk penulis wahyunya nabi ﷻ– dan Muawiyyah termasuk penulis wahyu tentunya.Baik itu hanya sedikit tambahan saja, karena Ammar bin Yasir mengangkat dua batu tadi maka nabi ﷻ sebutkan hadis ini. Tapi di sini kita perlu titikberatkan, karena ternyata pernyataan nabi ﷻ ini belum ditangkap oleh para sahabat itu.

” Kasihan Ammar dibunuh– oleh kelompok yang memberontak.” Sahabat belum mengerti karena masih awal Islam. Oh mungkin Ammar nanti dibunuh siapa. Ternyata tiga puluh sembilan tahun kemudian terjadilah perang itu. Nabi ﷻ pada saat sementara membangun masjid. Beliau menjadi tamu di rumah seorang sahabat nabi yang mulia. Siapa yang tahu orang ini? Kalau ada yang tahu Saya kasih hadiah nih. Saya tidak tahu mau kasih hadiah apa, tapi Saya punya minyak wangi dari Saudi. Bisa dikantongin. Ada yang tahu?

Dan dalam masalah ilmu ruqyah, pengobatan orang yang kena sihir, atau diganggu oleh setan, salah satu hal yang harus dijaga adalah – – kebersihan dirinya secara fisik juga tentu secara hati dia harus bersihkan dari semua dosa penyakit hati dibersihkan – – semua secara fisik dan lingkungannya juga harus bersih. Nabi Muhamamd sangat menguasai– bahasa Arab padahal bahasanya.Sebabnya adalah Al-Qur ' an yang diucapkan oleh lisan Muhammad ﷻ, tidak lain hanyalah– pelajaran dan kitab yang memberi penerangan. Baik batu yang utuh– maupun batu yang dimasukkan ke dalam adonan tanah lihat tadi yang Saya bilang. Ayahnya bernama Yasir, laki-laki pertama yang mati syahid dalam Islam.Dan Sumayyah, Ibunya, wanita pertama yang mati syahid dalam Islam yang dibunuh oleh Abu Jahal. Yang ada adalah sebuah hukum kalau terjadi seperti ini keributan, maka pasukan yang dianggap keliru itu diambil semua senjatanya.Pada saat itu nabi ﷻ menjadi tamu di rumah Abu Ayyub Al-Anshori dan ini sahabat nabi yang mulia yang Allah ﷻ – – panjangkan umurnya dan banyak sekali kelebihannya dalam Islam. Dan ini salah satu yang hadir di mosque yang dijebak tadi. Di antara kisah yang paling mahsyur adalah kisahnya dua orang sahabat nabi yang mulia.Dua-duanya orang– kaya raya.

Pada saat itu nabi ﷻ menjadi tamu di rumah Abu Ayyub Al-Anshori dan ini sahabat nabi yang mulia yang Allah ﷻ – – panjangkan umurnya dan banyak sekali kelebihannya dalam Islam. Asma binti Abu Bakar kan yang membawa-bawa makanan ke gua di Jabal

Tsur untuk memberikan makan kepada nabi ﷻ.Ada juga anaknya Abu Bakar yang lain, Abudurrahman ada yang lain juga masih tinggal. Dalam Bahasa Arab, dan ini perlu kita sebenarnya terapkan bagi teman-teman yang ikut di pengajian, coba belajar Bahasa Arab dan– dan coba terapkan istilah-istilah ini. Dan ini salah satu yang hadir di masjid yang dijebak tadi. Di antara kisah yang paling mahsyur adalah kisahnya dua orang sahabat nabi yang mulia.Dua-duanya orang– kaya raya.Baik tentu ada beberapa orang yang lain yang dipersaudarakan oleh nabi ﷻ- -tetap yang paling mahsyur kisahnya adalah Abdurrahman dengan Sa ' ad. Saya ulangi lagi, As ' ad container Zurarah رضي الله عنه adalah orang yang pertama mati di tahun pertama Hijriah dari orang Anshar– kejadian yang kedua teman-teman sekalian, selama empat bulan setelah hijrah di tahun pertama Hijriah ini, semua wanita muslimah yang melahirkan –lahirnya anak perempuan semua.Enggak ada anak laki-laki. Pasukan yang kurang dari seratus orang untuk memerangi Quraisy dan beliau ﷻ memulai dengan menghadang kafilah dagang Quraisy –yang datang dari negeri Syam yang dikawal dari tiga ratus pasukan Quraisy, yang memimpin pasukan pada saat itu pemimpin Sariah namanya– Hamzah bin Abdul Muthalib.

Baik tentu ada beberapa orang yang lain yang dipersaudarakan oleh nabi ﷻ- -tetap yang paling mahsyur kisahnya adalah Abdurrahman dengan Sa ' advertisement. Sekarang kami sudah punya komunitas, maka seluruh–penduduk Quraisy yang kafir, kalau yang beriman datang lain cerita. Saya ulangi lagi, As ' advertisement container Zurarah رضي الله عنه adalah orang yang pertama mati di tahun pertama Hijriah dari orang Anshar– kejadian yang kedua teman-teman sekalian, selama empat bulan setelah hijrah di tahun pertama Hijriah ini, semua wanita muslimah yang melahirkan –lahirnya anak perempuan semua.Enggak ada anak laki-laki. Pasukan yang kurang dari seratus orang untuk memerangi Quraisy dan beliau ﷻ memulai dengan menghadang kafilah dagang Quraisy –yang datang dari negeri Syam yang dikawal dari tiga ratus pasukan Quraisy, yang memimpin pasukan pada saat itu pemimpin Sariah namanya– Hamzah bin Abdul Muthalib. Itu word play here banyak upaya yang gagal.Di antaranya Sariah yang pertama ini dianggap- -tanda kutip gagal di sini.FALSE:: MISTAKE: UNSUPPORTED ENCODING

As found on YouTube

Follow IG @PendongengMerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *