ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
Manusia yang telah dipilih oleh Sang Pencipta di antara seluruh manusia – – dari turunan Adam sebagai penutup risalah Rasul atau utusan Sang Pencipta Allah, untuk membawa peraturan-peraturan yang diinginkan oleh Sang Pencipta – – kita tahu dari manusia terbaik ini, mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang halal dan haram.Dan juga kita akhirnya masuk ke dalam surga yang dijanjikan oleh Sang Pencipta Allah bila meninggal kelak. Dan dari sisi yang lain juga sebagai bentuk terima kasih kita terhadap manusia terbaik ni, manusia yang paling layak dicintai dan dipanuti — karena telah mengorbankan 23 tahun dari masa hidupnya, 13 tahun dari fase Mekkah dan 10 tahun di Madinah, semua — semuanya untuk menyebarkan agama-Nya yang mulia. Maka yang terjadi saudaraku seiman, orang-orang Madinah bingung yang mana nih salah satunya?
Pondasi pertama, dalam pembangunan negara dalam Islam kalau kita juga boleh instansi kelembagaan yang pertama adalah membangun- -mosque dan ini perilaku nabi ﷻ yang pertama teman-teman sekalian, makanya sangat penting di satu kota wilayah negara atau kita lingkup yang lebih sempit– seperti perusahaan seorang muslim harus ada masjidnya. Berarti keputusan yang ketiga adalah– membuat kesepakatan antara muslim dan non-muslim agar tidak saling mengganggu dan siapa yang salah akan dihukum. Tapi kalau dasarnya masjid itu dibangun dengan duit orang-orang non-muslim dan dipakai– dipakai untuk memerangi Allah dan Rasul-Nya, maka masuk dalam kategori masjid Dhirar ini.Hal yang lain dari ayat di sini disebutkan adalah di sekitarnya atau di dalamnya ada lelaki atau orang-orang yang suka membersihkan diri– dan Allah suka dengan kebersihan atau orang-orang yang bersih.
Manusia yang telah dipilih oleh Sang Pencipta di antara seluruh manusia – – dari turunan Adam sebagai penutup risalah Rasul atau utusan Sang Pencipta Allah, untuk membawa peraturan-peraturan yang diinginkan oleh Sang Pencipta – – kita tahu dari manusia terbaik ini, mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang halal dan haram.Dan juga kita akhirnya masuk ke dalam surga yang dijanjikan oleh Sang Pencipta Allah bila meninggal kelak. Dan dari sisi yang lain juga sebagai bentuk terima kasih kita terhadap manusia terbaik ni, manusia yang paling layak dicintai dan dipanuti — karena telah mengorbankan 23 tahun dari masa hidupnya, 13 tahun dari fase Mekkah dan 10 tahun di Madinah, semua — semuanya untuk menyebarkan agama-Nya yang mulia. Pondasi pertama, dalam pembangunan negara dalam Islam kalau kita juga boleh instansi kelembagaan yang pertama adalah membangun- -mosque dan ini perilaku nabi ﷻ yang pertama teman-teman sekalian, makanya sangat penting di satu kota wilayah negara atau kita lingkup yang lebih sempit– seperti perusahaan seorang muslim harus ada masjidnya. Dan kita akan lihat nanti bagaimana persaudaraan yang sangat luar biasa — antara Muhajirin dan Anshar melampaui apa yang biasa kita bayangkan. Tapi kalau dasarnya mosque itu dibangun dengan duit orang-orang non-muslim dan dipakai– dipakai untuk memerangi Allah dan Rasul-Nya, maka masuk dalam kategori mosque Dhirar ini.Hal yang lain dari ayat di sini disebutkan adalah di sekitarnya atau di dalamnya ada lelaki atau orang-orang yang suka membersihkan diri– dan Allah suka dengan kebersihan atau orang-orang yang bersih.Karena rumah yang kotor disukai oleh setan> > Makin bersih, maka makin dibenci oleh setan.Makanya memang
setan itu suka di tempat-tempat yang kumuh, yang kotor, dia kalau lihat tempat bersih – – dia seperti kita lihat tempat kotor manusia. Jadi ada motivasi pembersihan dosa di hari Jum ' at dengan bersihnya badan.Baju yang bersih badan yang wangi. Semua sahabat waktu itu rame-rame mengangkat batu.Baik batu yang utuh– maupun batu yang dimasukkan ke dalam adonan tanah lihat tadi yang Saya bilang.
Masalah nanti ada sahabat nabi yang kuat seperti Umar container Khattab, Ali bin Abi Thalib itu semua adalah– Allahu A ' lam kenapa enggak disebutkan di sini, tapi yang disebutkan adalah Ammar.Dan ada penyebabnya. Tapi peperangan itu disebabkah oleh orang-orang yang masuk di kelompok Ali container Abi Thalib yang terkenal nanti dengan kelompok Khawarij. Yang ada adalah sebuah hukum kalau terjadi seperti ini keributan, maka pasukan yang dianggap keliru itu diambil semua senjatanya.
Karena rumah yang kotor disukai oleh setan> > Makin bersih, maka makin dibenci oleh setan.Makanya memang
setan itu suka di tempat-tempat yang kumuh, yang kotor, dia kalau lihat tempat bersih – – dia seperti kita lihat tempat kotor manusia. Jadi ada motivasi pembersihan dosa di hari Jum ' at dengan bersihnya badan.Baju yang bersih badan yang wangi. Kemudian'ada orang yang datang kepada Saya bertanya Dia bilang “Ustaz, kami di perusahaan ini cuma dua orang yang muslim. Semua sahabat waktu itu rame-rame mengangkat batu.Baik batu yang utuh– maupun batu yang dimasukkan ke dalam adonan tanah lihat tadi yang Saya bilang. Masalah nanti ada sahabat nabi yang kuat seperti Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib itu semua adalah– Allahu A ' lam kenapa enggak disebutkan di sini, tapi yang disebutkan adalah Ammar.Dan ada penyebabnya.Saya mau namanya. Sa'' ad container Muadz pimpinan orang Anshar. Tapi yang betul. Saya ingin tahu namanya. Ada yang tahu namanya? Minyak wangi Saudi Saya pakai kembali nih. Kalau tahu nama Saya, tahu nama beliau. Ada yang tahu nama Saya sama Ayah Saya? Enggak tahu juga nama Saya? la hawla wala quwwata illa billah.Berarti enggak jadi,
nih minyak wanginya. Namanya Khalid container Zaid. Sahabat ini namanya Khalid container Zaid. Kebetulan nama Saya begitu. Ayah Saya namanya Zaid. Khalid container Zaid. Semoga saja kita seperti beliau رضي الله عنه ini orang yang luar biasa. Julukannya Abu Ayyub Al-Anshori. Namanya, ada Khalid container Zaid. Jadi enggak jadi ya maaf. Saya disuruh pakai sendiri rupanya sama Allah. Jadi teman-teman sekalian. Pada saat itu nabi ﷻ menjadi tamu di rumah Abu Ayyub Al-Anshori dan ini sahabat nabi yang mulia yang Allah ﷻ — panjangkan umurnya dan banyak sekali kelebihannya dalam Islam. Dan kisah yang mahsyur adalah bagaimana meninggalnya beliau di Benteng– konstantinopel. Di zaman Yazid container Muawiyyah, anaknya Muawiyyah رضي الله عنه itu sempat ada pasukan besar dibentuk oleh Yazid untuk- -menyerang konstantiopel.Dan kata nabi ﷻ “Pasukan yang menyerang konstantinopel akan diampuni dosanya, maka banyak sahabat.
“– yang berlomba-lomba. Waktu Yazid buat pasukan, Abu Ayub Al-Anshori ikut dan umurnya waktu itu kalau tidak salah sudah” 99 atau 100 tahun. Ikut berperang. Waktu di tengah-tengah malam hari, besoknya sudah mau tiba di benteng konstantinopel — kata Abu Ayub “Hai Yazid, kalau Saya mati malam ini jangan kubur Saya di sini, kubu Saya di bentengnya mereka.” “Bentengnya musuh.” Maka kata “Yazid, baiklah. Ternyata betul malam itu meninggal Abu Ayub رضي الله عنه wafat.” “Akhirnya, jenazahnya dipikul besok pagi, dipikul, dibungkus pakai kain kafan kemudian dibawa. Pada saat dibawa teman-teman sekalian, rupanya ada mata-mata dari konstantinopel ini masuk di pasukan muslimin. Pakai baju seperti orang Islam– bisa bahasa Arab.Lalu dia bertanya waktu dia lihat jenazah dibawa dengan pasukan. Jenazahnya siapa itu? Kata sahabat ada yang hadir di peperangan mengatakan “Itu adalah Abu Ayub Al-Anshari sahabat Rasulullah ﷻ.” Kata orang ini kenapa dibawa-bawa jenazahnya? Dia minta supaya jangan dikubur kecuali di depan benteng konstantinopel. Mata-mata ini pulang sampaikan ke Rajanya, kaisar. Dia bilang “Kita susah kalahkan umat Islam. Jangankan orang hidupnya, orang matinya.” –“. saja mau berperang.” Itu salah satu kisah beliau pada saat akhir wafatnya gitu. Baik. menyambut nabi رضي الله عنه dengan gembira karena ternyata– rumahnya beliau di samping masjid. Nabi ﷻ ingin mudah salat, rumah beliau lagi sementara lagi dibangun. Maka Abu Ayyub Al-Anshari word play here mengatakan “Ya Rasulullah, rumah kami dua lantai. Kami ingin Anda di atas supaya Anda tidak terganggu.” Kata nabi ﷻ “Jangan Saya punya banyak tamu. Jadi Saya lebih baik di bawah saja. Biarkan Anda sama istri silahkan di atas.” Abu Ayyub Al-Anshari susah menolak nabi ﷻ, akhirnya baiklah. Ia pindah ke atas. Begitu pindah ke atas ternyata-” -zaman dulu sama “kaya zaman sekarang, kadang-kadang kita kalau mau tidur kita siapin air putih.Cuman rumah orang di zaman itu dari tanah liat.” Kalau lantai dua biasanya dipasangin potongan-potongan kayu yang disilangkan. Kemudian, ditaruh di antaranya tanah liat. Jadi ada di antara tanah yang bisa jebol itu semustinya. Baiklah. Yang jelas Abu Al-Anshari menyiapkan satu teko air sama istrinya dan waktu itu lagi musim dingin. Maka tumpahlah air tersebut tidak sengaja– tersentuh oleh Abu Ayyub Al-Anshari, tumpah. Basah kena lantainya. Lantai bukan kaya kita sekarang kemarik, bisa tembus ke bawah. Dan di bawah ada nabi ﷻ. Maka Abu Ayyub Al-Anshari sama istrinya semalam suntuk tidak tidur, karena lagi dingin selimutnya dipakai untuk keringin – – tanah itu supaya jangan kena nabi ﷻ, tetesan airnya.Begitu luar biasa mereka memuliakan baginda nabi ﷻ. Besok pagi, Abu Ayyub Al-Anshari menceritakan kepada nabi ﷻ “Ya Rasulullah, kejadiannya begini. jadi lebih baik Anda pindah ke atas.” Daripada kami merasa berat dengan ini. Lebih baik Anda pindah ke atas. Maka kata nabi ﷻ baiklah. Dan Allah mengetahui apa yang kalian buat semalam. Ada pahalanya di sana. Allah tahu bagaimana kalian membuat itu. Juga nabi ﷻ di situ, di awal-awal sekali hijrah. Masih hari-hari pertama, beliau mengutus juga anak angkatnya. Yang dulu menjadi anak angkatnya. Itu adalah Zaid container Haritsah رضي الله عنه diutus oleh nabi ﷻ ke Mekkah untuk menjemput anak-anak nabi ﷻ dan juga– anak-anaknya Abu Bakar. Termasuk Aisyah رضي الله عنه itu baru dijemput pada saat itu. Dan akhirnya Zaid bin Haritsah berhasil menjemput– dan itu adalah terakhir kaum muslimin yang ada di Mekkah. Karena nabi ﷻ mau hijrah, kita sudah tahu kan ada Asma binti Abu Bakar, ada Aisyah– masih di Mekkah semua ini.Asma binti Abu Bakar kan yang membawa-bawa makanan ke gua di Jabal Tsur untuk memberikan makan kepada nabi ﷻ. Ada juga anaknya Abu Bakar yang lain, Abudurrahman ada yang lain juga masih tinggal. Anak-anak nabi ﷻ juga masih di sana. Dibawa semuanya ke Madinah dan Alhamdulillah pada saat itu berhasil lolos ke Madinah. Ada satu kejadian unik teman-teman sekalian, karena– pada saat itu, setelah hijrahnya nabi ﷻ dan setelah pembangunan masjid Nabawi, begitu
selesai pembangunan masjid, maka– ada seorang Yahudi, seorang pendeta dan pimpinannya Yahudi.Ini orang yang fading hafal Taurat, fading pintar namanya Abdullah container Salam. Abdullah container Salam ini, waktu mendengar orang masyarakat pada ribut telah datang Rasulullah, telah datang nabi Allah, telah datang — begini-begitu, dia tahu ini. Abdullah bin Salam tahu. Semua ciri fisik nabi ﷻ ada disebutkan dalam Taurat. Hijrahnya ke Madinah, juga ini termasuk disebutkan dalam Taurat. Karena memang di dalam Taurat disebutkan sebabnya orang-orang Yahudi datang ke Madinah– kita sudah pernah ceritakan di jadikan awal Sirah kita.
Sebab mereka hijrah ke Madinah, teman-teman sekalian, orang-orang Yahudi sudah turun-temurun — karena mereka tahu Madinah adalah tempat hijrahnya, nabi ﷻ nabi terakhir. Maka dia tahu betul. Lalu dia bertakbir dengan suara keras, dia mengatakan — “Allahu Akbar.” Kebetulan waktu itu, Abdullah container Salam berada di rumah tantenya, atau Khalati-nya. Khalati ini dipakai untuk istilah saudarinya Ibu. Dalam Bahasa Arab, dan ini perlu kita sebenarnya terapkan bagi teman-teman yang ikut di pengajian, coba belajar Bahasa Arab dan- -dan coba terapkan istilah-istilah ini.Karena memang berbeda, saudari Ibu namanya Khala. Ini biasa dipanggil di Indonesia atau – – biasa orang Arab juga panggil Khalati. Berarti tanteku dari Ibu. Kalau tante dari Ayah berarti Amma. Dipanggil Ammati. Jadi ada bedanya, nih. Kenapa kita bedain di sini teman-teman”? Selain Bahasa Arab juga dalam hukum syar ' i beda. Kata nabi ﷻ Al-Khalatu container Manzilatil . “Saudarinya Ibu, itu penggantinya Ibu.” Jadi kalau Ibu antum meninggal, yang antum wajib bakti — penggantinya adalah saudarinya Ibu. Dan kedudukanya lebih tinggi daripada saudarinya Ayah. Bisa ditangkap ya? Ini secara syar ' i begitu. Makanya bedain, biasakan kita memanggil saudari Ibu dengan Khalah, kita panggil Khalati – – atau saudarinya Ayah kita panggil ‘Ammati. Tanteku dari Ibu dan Ayah. Begitu pula dengan saudaranya. Laki-laki ya( konteksnya ). Yang tinggi derajatnya, Saudara Ayah. Paman dari Ayah. Dipanggil ‘Amm. Biasa kita bilang'’ Ammi. Pamanku dari Ayah. Ini beda dengan Saudaranya Ibu “. Yang lebih tinggi Saudaranya Ayah.” Kalau saudaranya Ibu dipanggil Khal. Khali biasanya. Bisa dipahami enggak ini? Sudah sarapan belum tadi? Bisa ditangkap ya? Nah kalau saudara Ayah dipanggil Amm. Biasanya kita panggil Ammi. Pamanku. Saudaranya Ibu, Khal. Khali. Ini beda kedudukannya.Lebih tinggi Amm. Lebih tinggi saudara laki-lakinya Ayah. Makanya kalau Ayah kita berhalangan, kalau Akhwat kita yang boleh gantikan ke waliannya adalah — saudaranya Ayah. Dan semua wali bagi wanita untuk menikah adalah keluarganya Ayah, engga boleh dari keluarga Ibu. Beda ya. Jadi saudarinya Ibu lebih tinggi derajatnya daripada saudarinya Ayah. Saudaranya Ayah lebih tinggi daripada saudaranya Ibu. Jelas sampai di sini? Apa boleh buat kalau enggak jelas juga. Mau pakai bahasa apa lagi? Jelas ya? Anggap jelas sudah. Tapi penting untuk diketahui. Baik Abdullah bin Salam رضي الله عنه dia kebetulan berada di rumah( maksudnya) Khalati *- nya. Tantenya dari Ibunya. Maaf tante dari Ayahnya. Dan tante dari Ayahnya ini, ternyata salah satu pendeta Yahudi juga, perempuan terkenal dituakan. Maka waktu dia dengar keponakannya bertakbir. Jadi Khalati-nya, saudari Ibunya. Saya keliru jangan sampai salah. Saya yang keliru, mumpung Alhamdulillah pada saat ini masih sama. Jadi Abdullah container Salam berada di rumah Khalati-nya. Saudari Ibunya. Karena Ibunya sudah meninggal, dia tahu harus bakti sama saudari Ibunya. Maka dia berada di sana. Dan ini seorang pendeta Yahudi. Maka dia teriak, lalu Khalati-nya berkata, saudari dari Ibunya berkata “Hai Abdullah, kenapa kau takbir sekeras itu?” Dia bilang “Wahai Khalati- -” bagaimana Saya tidak bertakbir, bukankah kita semua sudah mengetahui tentang ciri nabi terakhir dan betul-betul ada pada diri orang ini?” Ada pada diri orang ini.Jelas-jelas Muhammad ini utusan Allah. Dan kita temukan dalam Taurat, Saya hafal, Anda hafal, Yahudi tahu semua. Dan kita hijrah ke Madinah justru karena itu. Kata tantenya “Baik, pastikan dulu, temukan, lalu sampaikan kepada Saya.” Maka Abdullah bin Salam word play here pergi kepada nabi ﷻ. Lalu dia memastikan dengan banyak pertanyaan. Di antara banyak pertanyaan Abdullah container Salam adalah — “Saya akan bertanya kepadamu Hai Muhammad tentang tiga hal yang tidak diketahui kecuali oleh nabi.” Kata nabi ﷻ “Silahkan tanyakan.” Dia bilang “Siapa yang pertama masuk surga?” “siapa orang-orang yang pertama masuk surga?” Kata nabi ﷻ “Jibril telah datang kepadaku dan memberitahukanku sekarang.” Informasinya adalah “Kaum Muhajirin, orang miskin dari kaum Muhajirin.” Maksudnya” adalah Muhajirin dari Mekkah nih. Para sahabat nabi ternyata dalam Taurat disebutkan itu. Sudah disampaikan bahwasanya ciri nabi terakhir nanti– itu akan ada pengikutnya dari Mekkah dan mereka akan hijrah keluar dari Mekkah dan mereka meyoritasnya adalah orang-orang yang susah.- dan ini adalah orang-orang yang pertama masuk surga. Kemudian yang kedua ditanya “Apa makanannya ahli surga?” Kata nabi ﷻ “Jibril memberitahukan kepadaku, makanan mereka adalah hati ikan.” Tentu teman-teman “jangan dibayangkan seperti hati ikan antum di sini.Ini hati ikan surga. Sulit dibayangkan. Lalu kemudian yang ketiga ditanyakan “Kapan anak laki-laki itu mirip Ayahnya?” Maksudnya jenis kelaminnya. Laki-laki jadi laki-laki, atau ikut Ibunya yaitu perempuan. Kata nabi ﷻ “Kalau sperma laki-laki mendahului istrinya.”- -“. “maksudnya lebih dulu klimaks, anaknya bakal laki-laki.”” Dan kalau perempuan lebih dulu klimaks, laki-laki terlambat — menyemprotkan” spermanya, maka anaknya perempuan. Dan ini sebuah teori yang sangat tepat dan benar. Jadi kalau teman-teman mau punya anak laki-laki, maka di hari masa subur istri– disepakati, nanti misalnya bulan depan tahun depan, Saya ingin kamu hamil. Dibilang sama istrinya. Perhitungkan masa suburnya kapan, pada saat itu berhubungan biologis, selain tentu ulama membahas tentang masalah pentingnya makan– makanan sehat seperti kurma yang bernutrisi dan alami semuanya.Juga pada saat itu kalau mau anak laki-laki, memang si laki-laki lebih dulu klimaks, di hari hubungan biologis di masa subur. Maka anaknya laki-laki.
Jadi perempuannya yang justru menahan diri, untuk klimaks. Kalau mau anak perempuan, dibalik. Perempuan yang lebih dulu– klimaks dengan rangsangan dan segala macam akhirnya dia terlebih dulu klimaks. Barulah lelaki “menumpahkan spermanya. Baru anak perempuan. Ini penyampaian dalam hadis dan hadis ini hadis sahih riwayat Bukhari.” Maka kata Abdullah bin Salam, “Anda benar. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الل.” Syahadat gara-gara itu. Karena tadi penyampaian Abdullah container Salam, tidak ada yang mengetahui kecuali nabi. Lalu kata Abdullah bin Salam “Ya Rasulullah. Orang-orang Yahudi ini, kaum Qadr.” Kaum Qadr itu suka berkhianat. Pendusta. Jadi orang Yahudi memberikan kesaksian sendiri tentang mereka sifatnya suka bohong. Maka rahasiakan masuk Islamku ini.
Tapi undang pimpinan-pimpinan mereka. Biarkan mereka datang pendeta-pendetanya. Disebutkan — namanya Huya container Akhtab, si Fulan, panggil mereka semua, Ya Rasulullah.” “Lalu tanyakan kepada mereka tentang kedudukanku.” Setelah tanyakan tentang kedudukanku.Baru kemudian Anda –“. menyampaikan kalau aku sudah masuk Islam.” Kata nabi ﷻ “Baiklah.” Diundanglah ini masih di hari-hari pertama masuk di Madinah ya. Sudah langsung didakwahi orang-orang Yahudi itu. Maka panggilah pimpinan orang Yahudi, disuruh temui nabi Muhammad ﷻ. Datanglah mereka. Pada saat mereka datang ke Masjid. Abdullah bin Salam disembunyikan oleh Nabi ﷻ di belakang tembok mosque. Kemudian, karena waktu itu tembok mosque Saya bilang masih sangat sederhana, maka orang kalau bicara dari dalam kedengaran di luar. Atau orang bisa dengar dari luar ke dalam. Apalagi mosque Nabi ﷻ waktu itu tidak sengaja dibuatin atap. Karena udara panas sekali di Madinah. Jadi ini juga sebabnya” kenapa nabi ﷻ bersabda dalam satu kejadian di Madinah– dan ini hadis jangan disalahpahami. Waktu itu panas sekali. Kata nabi ﷻ “Terlambatkan sedikit salat Zuhur ini.””. agar panas mulai reda.” Dan itu kejadiannya satu kali itu saja. Banyak orang mengatakan kalau begitu Zuhur sengaja ditunda. Bukan. Ini harus dipahamin dulu.” “Maka datanglah orang-orang Yahudi. Kata nabi ﷻ “Wahai” Yahudi, bertakwalah kepada Allah.
Kalian tahu Saya utusan Allah.” “Kalianlah orang yang paling tahu di muka bumi.”” Yang paling tahu nabi ﷻ adalah” mereka.Sampai Allah mengatakan dalam Al-Qur ' an. أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ يَعْرِفُونَهُ كَمَا يَعْرِفُونَ أَبْنَاءَهُمْ ۖ. Mereka sangat mengenal nabi Muhammad ﷻ seperti mereka mengenal anak mereka sendiri. Mereka tahu betul seperti kita kenal anak kita– kalau ini nabi saking luar biasanya terincikan dalam Taurat itu. Kata nabi ﷻ “Kalian orang yang paling mengenalku dan tahu kenapa kalian tidak beriman?” “Berimanlah?” Serentak mereka mengatakan, kami tidak mau beriman karena kau bukan dari Bani Israil. Ini kebodohan saja ya. Jadi nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ punya dua orang istri kita sudah tahu. Sarah dan Hajar. Sarah punya anak namanya? Ini kalau begitu Saya enggak datang lagi bulan depan. Musuhan saja deh. Ishak.” “Nabi Ishak.” Istri kedua Hajar. Siapa nama anaknya? Ismail. Masya Allah ini bagus. Ismail dihafal karena selalu bahas masalah sembelihan ya. Ishak ini عَلَيْهِ السَّلَامُ punya anak namanya Yakub, “Yakub ini nama lainnya Israil. Maka kalau dikatakan bani Israil, Bani artinya keturunan. keturunan Yakub. Jadi nama negara Israel sekarang itu namanya namanya Nabi Yakub sebenarnya.
Makanya kebanyakan ulama mengatakan– “Panggil negara Yahudi, jangan negara Israel.” Karena menggunakan nama nabi sebenarnya dan mereka tidak mengikuti– mereka malah merampas.Baiklah. Yakub ini عَلَيْهِ السَّلَامُ keturunannya Yusuf, Musa, Daud, Sulaiman Isya, Yahya, Zakaria, semua ini dikenal dengan nabi- Nah orang-orang Yahudi mengatakan “Kami berharap nabi terakhir yang datang nanti.” Yang mereka tahu akan datang -Dari turunan Israil. Turunannya nabi Yakub. Tapi ternyata nabi Muhammad datang dari turunannya Ismail. Jalur sebelahnya. Lalu mereka buat Isu. Mereka mengatakan– kau bukan dari Bani Israil. Dari turunan Ismail. Ismail ibunya Hajar, Hajar itu mantan budaknya Sarah. Jadi keturunan budak. Seperti itulah. Ini kebodohan hanya fanatisme yang tidak masuk di akal. Maka akhirnya mereka menolak gara-gara itu. Apa kata nabi ﷻ? Wahai orang-orang Yahudi, bagaimana pendapat kalian kalau.– “Bagaimana pendapat kalian tentang Abdullah bin Salam?” Mereka bilang “Dia adalah orang terpintar di antara kami, dia orang yang paling hafal.–“. hafal Taurat, dia ulama kami dan anak ulama kami. Maksudnya Ayahnya word play here ulama kami.” Nabi ﷻ berkata “Bagaimana kalau Abdullah container Salam sudah masuk Islam?” Mereka bilang “Enggak mungkin. Mustahil.” Kata ﷻ “Wahai Abdullah keluarlah. Abdullah keluar dari belakang tembok.” “Hai Yahudi, bertakwalah kepada Allah أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله” Kejebak nih.Orang Yahudi rupanya harus dijebak dulu baru masuk Islam. Itupun masih nolak.
Serentak mereka bilang– subhanallah kaya diatur, bukan satu dua orang, serentak mereka bicara dalam riwayat ini. Mereka dikatakan — “Dia orang yang paling bodoh “di antara kami, dia anaknya orang yang paling bodoh di” antara kami.” Dan seterusnya. Jadi dihina itu Abdullah container Salam, hanya karena syahadat.Maka pada saat itu teman-teman sekalian, ulama mengatakan — “Bagaimana kebodohan Yahudi di sini, karena dia tahu sebenarnya kebenaran tapi dia tolak. Makanya Abdullah container Abbas رضي الله عنه mengatakan- Tafsir surat Al-Baqarah (غير المغضوب عليهم ولا الضالين) “Bukan orang-orang yang Kau murkai dan orang yang sesat.” (cari ayat) adalah Yahudi. Kata Abdullah container Abbas adalah Yahudi, karena mereka tahu kebenaran tapi mereka tolak. Bahkan sekarang, orang-orang “Yahudi tersebar berita, mereka satu sama lain nanti di akhirat kita akan berbicara dengan Allah- -” Ya Allah rahmat-Mu ' kan luas.” Tujuannya supaya enggak dimasukin ke neraka. Mereka tetap kafir. Kan kebodohan. Dan orang kalau sudah sampai di akhirat enggak bisa lagi.” Neraka ya neraka. “Enggak ada lagi waktu untuk bisa beriman. Tapi — itu keyakinan mereka. Dholin adalah Nasrani. Tidak tahu” kebenaran “tapi mereka mau sebarkan. Ini perkataan Ibn Abbas رضي الله عنه Kita angkat teman-teman sekalian di sini juga, tambahan informasi. Salah satu istri nabi ﷻ adalah Shofia binti Huyay binti Akhtab رضي الله عنه Sofhia Ayahnya namanya Huyay container Akhtab.Ini salah satu pendeta Yahudi juga. Dan ini” salah satu yang hadir di masjid yang dijebak tadi. Huyay bin Akhtab ini. Jadi nanti dia jadi mertua nabi, tapi dia meninggal dulu. Jadi dia sudah meninggal baru nabi ﷻ menikah dengan Sofhia. Kata Sofhia, salah satu alasan kenapa Sofhia mudah “masuk Islam, jadi ditawarkan nabi ﷻ dia masuk tawanan perang di Khaybar -Kata” nabi ﷻ “Hai Sofhia, kau mau masuk Islam? Aku bebaskan kamu dari keterbudakan ini dan juga kamu akan aku nikahi.” Maka nanti langsung syahadat. أَشْهَدُ أَنْ “لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الل Nabi ﷻ heran, kenapa kok mudah sekali kamu syahadat? Orang Yahudi kan susah sekali masuk Islam? Sampai kalau tidak salah ada sebuah riwayat “kata nabi ﷻ “Kalau dua belas orang Yahudi– masuk Islam di tanganku, maka semua Yahudi bisa masuk Islam.” Saking sulitnya. Di zaman nabi word play here tidak sampai 12 orang yang masuk Islam.Sofhia ini tiba-tiba syahadat. Maka nabi ﷻ bertanya “Kenapa kau tiba-tiba syahadat?” Nanti kita jelaskan ini kejadian di perang Khaybar. Nanti akan ada penjelasan. Ini masih masuk ke masa hijrah.” Maka kata Sofhia “Ya Rasulullah, Saya waktu masih kecil–“. dan selalu kalau Saya pulang, dan kalau Ayah Saya pulang, Huyay bin Akhtab dengan ada pamannya namanya Yatsir container Akhtab.” – Dua-duanya pendekta ini. Khuyay container Akhtab itu pendeta, Yatsir bin Akhtab juga pendeta. “Dua-duanya ini sangat menyayangiku.” Kata Sofhia. “Setiap kali mereka pulang ke rumah, selalu mereka bermain-main dengan aku, menyambutku, menyiumku, tapi di hari yang pada saat.”–“. mereka dijebak oleh Abdullah container Salam, di mosque Anda, itu mereka pulang ke rumah karena sumpeknya mereka, sampai.”- -“. mereka bukan pintu dan mereka tidak lagi melihatku, tidak memelukku dan menciumku. Dan aku mendengarkan pembicaraan mereka.” Pembicaraannya adalah Huyay container Akhtab bertanya kepada Yatsir, kepada saudaranya “Apakah dia benar nabi?” “Benar enggak dia ini nabi?” Kata Yatsir “Iya.” Lalu kata Huyay bin Akhtab, “Apa kau sudah temukan betul-betul ciri dalam Taurat yang disebutkan?” “Yang kita tunggu selama ini?” Kata Yatsir “Iya.” Lalu kata Huyay bin Akhtab lagi “Apa keputusanmu?” Kata Yatsir “Saya akan musuhi dia selamanya.” Tahu kebenaran tapi tidak mau.Tidak mau beriman. Maka bodohnya juga Huyay mengatakan apa? “Kalau begitu Saya ikut denganmu.” Ikut juga masuk neraka. Ini kejadian yang pertama tentang masalah pembangunan masjid Kuba dan masjid Nabawi. Dan ada sedikit tambahan tadi tentang masuk Islamnya, Abdullah container Salam رضي الله عنه pada saat selesai pembangunan Mosque Nabawi dan juga dari “– dari kita ada kisah tentang Abu Ayyub Al-Anshar yang juga menjamu nabi ﷻ di rumahnya.” Kita masuk ke pondasi negara yang kedua. Masalah Muakha. Persaudaraan antara Muhajirin dan Anshar. Muakha atau Baina Muhajirin wal Anshar. Setelah pembangunan mosque baru selesai, nabi ﷻ mengumpulkan semua sahabat untuk salat, kemudian setelah salat beliau mengiklankan informasi– keputusan kedua, yaitu seluruh Muhajirin dan Anshar wajib “bersaudara. Menjalin persaudaraan karena Allah. Mereka berkumpul karena Allah, mereka berpisah karena Allah. Lalu nabi ﷻ memotivasi mereka dengan banyak hadis berhubungan dengan — Muakha ini di antaranya adalah Allah ﷻ akan menaungi tujuh naungan pada hari kiamat. “Tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.” Salah satunya “dari tujuh golongan ini adalah Dua orang yang saling mencintai karena Allah, mereka saling dekat satu sama lain bersahabat karena – – “lihat sahabatnya ini ibadahnya luar biasa dengan Allah dan berpisah karena Allah.Kalau saudaranya ini berbuat dosa, maksiat diingatkan tidak mau, maka dia tinggalkan karena Allah. Juga hadis nabi ﷻ yang mahsyur Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى akan berfirman pada Hari Kiamat “Mana orang yang saling mencintai karena Aku?” “Hari ini aku akan menaungi mereka di bawah naungan yang tidak ada naungan kecuali naungan-Ku.” Juga hadis nabi ﷻ yang lain kata nabi ﷻ “Sesungguhnya Allah “akan” menyiapkan mimbar di Hari Kiamat “, mimbar yang penuh dengan cahaya.” “Sampai para nabi-nabi dan para syuhada cemburu melihat mimbar itu.” Maka, pada saat itu ditanya “Mimbar siapakah itu?” Kata nabi” ﷻ “Itu mimbar disiapkan untuk orang “yang saling mencintai karena Allah.” Makanya perlu teman-teman sekalian, antum mencari sesama jenis, laki-laki sama laki-laki
, perempuan sama perempuan siapa di antara — teman-teman kita ini yang lebih saleh, lebih baik, ibadahnya kepada Allah.Lebih tinggi ilmunya lalu kita datang kepadanya mengucapkan — “Aku mencintai kamu karena Allah.” Ini sunnah. Sebab pernah ada sahabat yang mengatakan di hadapan nabi ﷻ “Ya Rasulullah.”– “Saya suka orang ini, Saya cintai orang ini karena Allah. Karena orang itu salatnya khusyuk, bagus ibadahnya.” Kata nabi ﷻ “Kejar dia dan ucapkan di hadapannya.” Jadi dia mengucapkan kalimat itu.Ini sunnah nabi ﷻ dan ukhuwah dalam Islam ada dua macam, ada ukhuwah Ammah yaitu ukhuwah yang sifatnya umum. Semua muslim wajib kita hormati dan cintai. Dan ada ukhuwah khasah, ukhuwah yang khusus. Ini hanya terjadi pada orang-orang– tertentu yang kita pilih saja. Nah nabi ﷻ menerapkan kedua jenis ukhuwah ini. Semua muslim itu saudara. Keluarlah hadis nabi ﷻ juga (كلُّ المسلِمِ على المسلِمِ حرامٌ ، دمُهُ ، ومالُهُ ، وعِرضُهُ.) “Semua muslim dan muslim lain hukumnya haram tidak boleh saling mengganggu.” “Baik itu jiwanya, fisiknya tidak boleh disakiti, hartanya, juga kehormatannya.”( HR. Bukhari: 6064 )Maka banyak sekali hadis-hadis nabi yang keluar pada saat itu dan dimotivasi oleh para sahabat untuk saling mencintai karena Allah. Ada di antara sahabat yang milih sendiri teman-temannya jadi sahabatnya. Muhajirin dan Anshar. Jadi bukan Anshar sama Anshar. Tapi Muhajirin sama Anshar pada saat itu untuk menarik agar orang-orang Muhajirin tidak dianggap orang yang nomor dua di Madinah. Semua bersaudara. Ada juga yang nabi ﷻ tunjuk. Di antara kisah yang paling mahsyur adalah kisahnya dua orang sahabat nabi yang mulia. Dua-duanya orang– kaya raya. Abdurrahman container Auf رضي الله عنه sahabat nabi “yang kaya raya di Mekkah, di mana dia terkenal “dengan kekayaannya dan dia termasuk- -orang yang selevel dengan Abu Bakar dan Ustman container Affan رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ.Ini orang-orang kayanya Mekkah. Milyardernya Mekkah. Tapi waktu dia mau hijrah ke Madinah, teman-teman sekalian orang-orang Mekkah menahan seluruh hartanya. Bahkan- -istri dan anaknya pun tidak ada yang ikut dengannya. Jadi dia hijrah dengan badannya “sendiri meninggalkan seluruh hartanya pada saat itu. Semua ditinggalkan. Waktu dia hijrah ke Madinah, nabi ﷻ mempersaudarakan dia dengan Sa ' ad رضي الله عنه. Sa ' advertisement itu mahsyur dengan kekayaannya. Maka Sa ' ad word play here saat itu menerima persaudaraan tersebut dan langsung berkata di hadapan nabi ﷻ Bahkan, sebagian besar sahabat mendengarkan.
Sebagai bentuk cinta di jalan Allah, maka “Hai Abdurrahman, aku akan menawarkan kepadamu.”–“. dua hal; yang pertama aku menawarkan kepadamu, aku memiliki dua orang istri yang dua-duanya di bawah naunganku.” “Aku ingin engkau melihat salah satunya “, mana yang menarik buat kamu.” Bukan Sa ' ad yang memilihkan, tapi dia mengatakan engkau pilih. Yang mana kau suka di antaranya. Aku ceraikan “, setelah masa ' idah kau nikahi.” Itu penawaran pertama.
Penawaran yang kedua- Aku adalah orang terkaya di Madinah, memiliki setengah Madinah ini kebun kurmanya milikku.Sampai hari ini teman-teman sekalian, dianggap orang itu kaya kalau dia punya kebun kurma kalau di Timur Tengah. Karena luar biasa kebun kurmanya. Umur panjang, buahnya banyak, sepanjang tahun dibutuhkan, dan seterusnya. Dianggap itu orang kaya raya. “Aku memiliki setengah kebun kurma ini di Madinah ini milikku. Aku ingin bagi dua denganmu.” Jadi Abdurrahman pada hari itu– bisa langsung menjadi orang kaya raya.
Pada saat itu nabi ﷻ menjadi tamu di rumah Abu Ayyub Al-Anshori dan ini sahabat nabi yang mulia yang Allah ﷻ — panjangkan umurnya dan banyak sekali kelebihannya dalam Islam. Ada juga anaknya Abu Bakar yang lain, Abudurrahman ada yang lain juga masih tinggal. Perhitungkan masa suburnya kapan, pada saat itu berhubungan biologis, selain tentu ulama membahas tentang masalah pentingnya makan– makanan sehat seperti kurma yang bernutrisi dan alami semuanya.Juga pada saat itu kalau mau anak laki-laki, memang si laki-laki lebih dulu klimaks, di hari hubungan biologis di masa subur. Dan ini” salah satu yang hadir di mosque yang dijebak tadi. Di antara kisah yang paling mahsyur adalah kisahnya dua orang sahabat nabi yang mulia.Tapi Abdurrahman orang yang sudah tertanam iman dalam hatinya. Jangankan hartanya Sa'' ad, harta dia pun yang banyak di Mekkah ditinggalkan. Jangankan memilih istri Sa'' ad, istri dia pun dia tinggalkan. رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ orang yang luar biasa keimanannya. Maka Abdurrahman mengtakan “” Semoga Allah memberikahi di keluargamu.” “””. dan di hartamu. Tunjukkan padaku pasar, biarkan aku memulai usaha.”” Coba bayangkan teman-teman kalau kita di posisi Abdurrahman, kira-kira terima enggak ini? Ketawanya sudah merupakan jawaban. Ditawarkan punya istri pada saat itu dan istrinya Abdurrahman saat ini bukan orang yang jelek. Orang yang sangat cantik punya kedudukan karena Sa'' ad sendiri kepala suku di Madinah. Nah ini luar biasa. Tapi ditolak sama dia dengan santun. Dan Abdurrahman dengan kemuliaan pada saat itu رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ pergi ke pasar kemudian ada satu toko jual cangkul – – karena waktu itu mayoritas pekerjaan masyarakat Madinah adalah tukang kebun.Kebun kurma.
Maka dia pun datang ke toko itu dan mengatakan – – “” Saya Abdurrahman dari Mekkah Muhajir.”” Dan orang-orang Anshar sudah tahu. Pada saat nabi ﷻ hijrah ke Madinah seluruhnya hampir masuk Islam – – tinggal beberapa orang yang saja yang belum masuk Islam pada saat itu. Maka Sa'' ad ingin mulai usaha “, “Bisa enggak Saya pinjam.”” – – “” beberapa cangkul ini, jual beli tapi jatuh pace. Saya bayar besok.”” Maka pemilik tokoh mengatakan “” Baiklah silahkan ambilah.”” Maka Abdurrahman mengambil lalu mulai keliling pasar dan jual lima enam cangkul. Laku. Dibayar ke toko itu. Besok lagi begitu. Sampai cuman satu bulan saja, beliau sudah punya kios cangkul sendiri رضي الله عنه Sampai nabi ﷻ memuja Abdurrahman dalam riwayat sahih mengatakan “” Sungguh kalau Abdurrahman kalau segenggam tanah, niscaya dia akan untung.”” Karena cerdasnya dalam berdagang رضي الله عنه dan satu-satunya sahabat yang punya ide untuk membuat dan membangun pasar adalah Abdurrahman رضي الله عنه Beliau melihat pasar di Madinah begitu-begitu saja terus.Maka beliau
melihat ada banyak lahan yang tidak terpakai. Beliau datang izin kepada nabi ﷻ “” Lahan ini tidak ada pemiliknya?”” Lahan kosong begitu saja. “” Bagaimana bisa enggak Saya buat pasar?”” Nabi ﷻ jawab “” Silakan.”” Dia bangunlah kios-kiosnya. Tempat-tempatnya, kemudian dia mengajak “” Hai muslimin, siapa yang mau pakai.”” – – “”. pasar ini silakan. Gratis enggak ada pembayaran apa-apa. Silahkan dipakai.” “” “Kalau misalnya ada yang punya keuntungan dari perdagangan dan mau memberikan kepada kami bagi hasil, kami menerima.”” Seperti itulah.Tapi kalau tidak mau bayar juga, tidak masalah. Maka mulailah terbuka pasar satu, pasar dua, banyak pasar yang dibangun oleh Abdurrahman- -container Auf رضي الله عنه dan ini teman-teman bisa kembali ke kisah beliau yang sudah Saya sampaikan di serial sahabat di YouTube. Alhamdulillah sekarang sudah ada 20 serial sahabat, di antaranya 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga dan salah satunya –Abdurrahman bin Auf رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Baik tentu ada beberapa orang yang lain yang dipersaudarakan oleh nabi ﷻ–tetap yang paling mahsyur kisahnya adalah Abdurrahman dengan Sa ' ad.Yang terakhir teman-teman sekalian adalah Keputusan pemerintahan di Madinah. Setelah persaudaraan Muhajirin dan Anshar selesai, pada hari itu juga si Fulan dan Fulan –sudah bersaudara, semuanya saling bantu membantu, jadi yang mukim penduduk asli memilih satu orang Muhajirin. Kemudian dijadikan sebagai sahabatnya. Boleh tinggal di rumahnya bershabat sama dia, dia penuhi kebutuhannya modal usaha–pokoknya menjadi sahabat dekatnya. Maka nabi ﷻ mengeluarkan instruksi yang ketiga, dan keputusan yang ketiga itu keputusan pemerintahan–di Madinah.Maka keluarlah pada saat itu piagam yang mahsyur dengan piagam Madinah. Kesepakatan antara nabi ﷻ dengan–orang-orang kafir di Madinah. Baik itu orang Yahudi ataupun orang-orang yang asli
dari Madinah yang belum masuk Islam. Di antara isi piagam itu adalah, mereka harus tidak saling mengganggu satu sama lain. Tidak saling mengganggu satu sama yang lain. Dan. mereka harus sama-sama membela Madinah jika diserang musuh. Jadi agama masing-masing berjalan, لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ. Kemudian juga keputusan di Madinah saling bekerja sama kalau Madinah di serang. Keputusan yang lain dari piagam Madinah, teman-teman sekalian adalah bahwasanya siapapun orang-orang Mekkah dari Quraisy- -yang masuk ke Madinah tidak boleh dijamu dan tidak boleh melindungi mereka.Kalau ada orang-orang Mekkah datang, kan ini ceritanya muslimin hijrah ke Madinah karena apa? Karena disiksa di Mekkah. Dirampas hartanya, dizalimi. Sudah tahu beberapa kisah sahabat yang sudah kita sampaikan mereka disiksa. Ada yang ditusuk perutnya kaya kisah Sumayyah. Abu Jahal tuannya pada saat itu pegang tombak, dengan kepala tombak yang tajam sambil dilihatkan di mata Sumayyah. Kalau kau tidak mau tinggalkan agama Muhammad, Saya akan tusuk perutmu pelan-pelan. Waktu itu Sumayyah lagi hamil رضي الله عنه Bukan ditusuk mati, enggak. Ditusuk pelan-pelan sampai mati. “Kalau kau tidak mau dengar.” Sumayyah tidak mau sampai dibunuh oleh Abu Jahal. Jadi penindasan yang luar biasa. Penyiksaan. Abdurrahman container Auf, seluruh hartanya diambil. Begitu juga dengan sahabat-sahabat nabi yang lain. Di antaranya Abu Bakar, Ustman container Affan, banyak yang sudah jadi kaya milyardernya Mekkah, diambil semua hartanya. Maka nabi ﷻ ingin menunjukkan kepada mereka perilaku kezaliman ini akan terjadi juga pada kalian. Sekarang kami sudah punya komunitas, maka seluruh–penduduk Quraisy yang kafir, kalau yang beriman datang existed cerita.Kalau yang kafir dan datang ke Madinah, tidak ada jaminan bagi dia. Tidak boleh dijamu, tidak boleh diajak ngobrol, tidak boleh dilindungi. Ini keputusan yang ada pada saat itu. Dan ini kata sebagian ahli sejarah adalah iklan atau informasi perang dari nabi ﷻ Pada saat itu kepada orang-orang Quraisy. Ya ini mulai awal iklan peperangan yang memang disebutkan oleh para ahli sejarah dari nabi ﷻ. Kita tutup teman-teman sekalian dengan kejadian-kejadian penting pada awal hijrah. Kejadian penting yang terjadi di awal hijrah, maksudnya di sini di tahun awal hijrah. Tahun pertama hijriah. Pada saat itu, wafatlah salah seorang sahabat nabi yang mulia As ' advertisement container Zurarah siapa orang ini? Sa ' ad bin Zurarah. Tadi baru kita sebutkan. Saya kasih minyak wangi deh.Sa ' ad container Zurarah tadi kita sebutin. Ahsan, yang tadi Saya bilang salat jumat di rumahnya, kasih ini(parfum). Akhirnya dapat juga tuh. Jangan dilupa namanya, tadi Saya bilang dihapalkan nama ini. As ' ad container Zurarah رضي الله عنه ini adalah sahabat nabi yang mendirikan-salat Jum ' at di rumahnya sampai empat puluh orang sehingga keluar pendapat ulama tentang harusnya empat puluh orang yang'salat, sudah kita jelaskan.Ini khilaf di antara ulama. Pada tahun pertama Hijriah, As ' advertisement container Zurarah meninggal رضي الله عنه mati normal. Maaf mati typical ya, bukan mati di medan perang. Mati di tahun pertama hijriah. Saya ulangi lagi, As ' advertisement container Zurarah رضي الله عنه adalah orang yang pertama mati di tahun pertama Hijriah dari orang Anshar– kejadian yang kedua teman-teman sekalian, selama empat bulan setelah hijrah di tahun pertama Hijriah
ini, semua wanita muslimah yang melahirkan –lahirnya anak perempuan semua.Enggak ada anak laki-laki. Setiap hari ada wanita-wanita muslimah melahirkan tapi semua perempuan. Empat bulan. Sampai lahir puluhan orang pada saat itu, semuanya perempuan. Orang-orang Yahudi sebarkan isu. Mereka bilang apa? “Kalau kami telah menyihir kaum muslimin sehingga tak ada lagi keturunan laki-laki. Bohong, isu bohong. Tapi memang dengan hikmah Allah selama empat bulan tak ada anak laki-laki. Setiap melahirkan perempuan, setiap melahirkan perempuan. Sampai akhirnya tiba Zubair
bin Awwam dan istrinya Asma bin Abu Bakar رضي الله عنه. Baru hijrah dari Mekkah nih. Asma lagi hamil besar. Asma lagi hamil besar رضي الله عنه. Pas tiba di Madinah beberapa hari kemudian–dia melahirkan dan subhanallah anaknya “laki-laki. Lalu anaknya dibawa kepada nabi ﷻ, anaknya Zubair. Dan Asma رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ diberikan nama Abdullah yang mahsyur, Abdullah bin Zubair رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ Baik. Abdullah container Zubair dibawa ke nabi ﷻ lalu nabi ﷻ sangat gembira dan beliau pun mentahniknya. Memberikan kepadanya kurma yang dikunyahnya- -lalu ditempelkan lagi di langit-langitnya, maka awal yang masuk ke dalam perut Abdullah adalah air liur nabi ﷻ. Nabi ﷻ yang memberikan nama, Abdullah dan sekaligus memberikan Abdullah kepada para sahabat untuk digotong keliling Madinah–dan dilewatkan dipemukiman orang-orang Yahudi kalau ternyata isu apa yang mereka sebar selama ini dusta. Kaum muslimin sudah memiliki keturunan laki-laki dan mereka sambil bertakbir melewatin pemukiman orang-orang Yahudi. Abdullah bin Zubair ini teman-teman sekalian adalah sahabat nabi yang mulia dan terbunuh pada itu di Mekkah. Dibunuh oleh seseorang yang bernama Hajjaj. Hajjaj container Yusuf dialah yang membunuh Abdullah bin Zubair. Jadi pada Muawiyyah meninggal mati, teman-teman sekalian, ada beberapa sahabat nabi yang masih muda. Umurnya waktu itu masih di bawah empat puluh tahun. Abdullah bin Zubair, Abdullah container Abbas, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amr bin Ash. Yang dikenal dengan, empat Abadillah atau empat Abdullah. Kemudian juga ada sahabat-sahabat nabi yang lain Anas bin Malik, Usama bin Zaid.Ini mereka semua masih muda. Waktu Muawiyyah meninggal dunia, Muawiyyah menulis wasiat untuk menunjuk anaknya dia yang bernama Yazid menjadi–Khalifah. Rupanya sahabat-sahabat nabi yang masih muda ini tidak menerima itu. Termasuk di dalamnya Hasan رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Ini semua adalah sahabat-sahabat nabi yang masih muda. Mereka berharap yang jadi khalifah setelah Muawiyyah adalah sahabat nabi juga. Karena sahabat nabi masih ada. Tapi sudah terlanjut masyarakat Syam membaiat Yazid. Abdullah bin Zubair رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ ini pergi ke Mekkah, tinggalkan Madinah menuju ke Mekkah, lalu kemudian mengiklankan dirinya– sebagai Khalifah muslimin juga. Dan penduduk HIjaz, Mekkah Madinah, Jeddah ini membaiat Abdullah bin Zubair. Maka pada saat itu terjadilah dua khalifah. Di Negeri Syam ada Yazid, di Negeri Hijaz ada Abdullah bin Zubair. Sempat memimpin beberapa waktu pada saat itu. Abdullah container Umar dan sahabat-sahabat nabi yang lain mengingatkan Abdullah container Zubair–sudahlah, jangan ribut tentang masalah politik seperti ini.Enggak usah ikut-ikutan.” Yazid sudah dinobatkan terlebih dahulu sebelum kamu. Jadi enggak usah sekarang nobatkan diri. Dia bilang “Enggak bisa. Sahabat nabi masih hidup kenapa dia harus jadi Khalifah?” Akhirnya tetap ngotot untuk jadi Khalifah. Saya lupa pada saat itu berapa bulan, tidak sempat tahunan kalau tidak salah. Kemudian Yazid mengirim pasukan yang dimimpin oleh Hajaj bin Yusuf. Ini panglima perang yang sangat bejat pada saat itu. Dia datang menyerang Mekkah. Abdullah container Umar, Abdullah container Abbas waktu itu tidak memilih siapapun. Tidak membaiat Yazid,–tidak juga membiaiat Abdullah container Zubair. Sampai ada yang satu orang baru kemudian mereka milih. Pada saat itu terjadi peperangan sampai pada akhirnya Mekkah berhasil ditaklukan oleh Hajaj dan pada saat itu bangunan Ka ' bah sempat runtuh sebagian.
Serta Abdullah container Zubair terbunuh رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ.Lalu digantung jenazahnya di dekat Ka ' bah. Pada saat itu “sebagai iklan. Ini adalah pemberontal dan seterusnya. Maka Abdullah container Umar رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ waktu mendengar pasukan Yazid, pasukan Hajaj bertakbir, dia mengatakan –” Sungguh demi Allah.” Kata Abdullah container Umar “Demi Allah aku telah menyaksikan hari kelahirannya Abdullah bin Zubair ini.” Dan hari terbunuhnya. Dia waktu lahir pertama, tadi waktu Ayahnya hijrah Zubair dan Asma ke Madinah, dan hilangnya fitnah–ata isu Yahudi yang mengatakan “Kami sihir muslimin, itu pada saat itu. aku menyaksikan lahirnya.” “Dan aku tahu siapa pada saat itu yang bertakbir.” Maksudnya para sahabat nabi. “Dan aku menyaksikan matinya sekarang.”- -“. dan aku tahu siapa yang bertakbir.” Orang-orang yang jauh dari sahabat nabi. Bukan sahabat-sahabat nabi tapi orang-orang yang –baru masuk Islam dan demi
Allah, yang bertakbir pada saat dia lahir lebih baik daripada yang bertakbir pada saat dia meninggal.” Tapi di sini Abdullah bin Umar tidak memvonis siapapun yang salah atau benar. Tapi beliau hanya mengatakan kalimat–lalu beliau melihat jenazahnya Abdullah container Zubair sambil berkata “Wahai Ibn Zubair, bukankah Saya sudah nasihatin kamu.”” –“. bukankah Saya sudah “nasihatin kamu?” Terus saja begitu.Lalu Abdullah container Umar pun kembali ke Madinah lalu membaiat Yazid. Mengatakan “Baiklah.” Khilafah kepada Yazid. Tidak boleh ada lagi sahabat yang memberontak ataupun membantah di sini khilafah yang sudah ada. Supaya tidak terjadi. masalah bagi kaum muslimin. Ini termasuk tambahan saja tentang Abdullah container Zubair, tapi yang jelas– saksi bahasan Ayahnya Zubair bin Awam dan Ibunya Astma binti Abi Bakar رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا َجْمَعِيْنَ. Ayahnya dan Ibunya Abdullah adalah–orang yang hijrah ke Madinah dan akhirnya mendapatkan anak laki-laki. Kejadian yang lain teman-teman sekalian pada saat awal Hijriah itu. Nabi ﷻ juga menikahi Aisyah رضي الله عنه di tahun pertama Hijriah. Setelah Aisyah diajak atau hijrah sudah tiba di Madinah, maka di Tahun pertama itulah nabi ﷻ menikahi Aisyah. Kejadian yang lain, di awal tahun pertama Hijriah perintah salat ditambah jumlah rakatnya. Waktu pertama kasus salat Isra dan Mi ' raj teman-teman sekalian, jumlah rakaat salat semuanya dua rakaat “. Subuh dua, Ashar dua, Maghrib dua, Isya dua. Semua sama dua.
Dan di tahun pertama hijriah turun wahyu mengubah itu. Yang tetap dalam rakaatnya subuh saja dua rakaat.Zuhur ditambah dua, Ashar ditambah dua, Maghrib tambah satu, Isya tambah dua. Dan ini terjadi di tahun pertama Hijriah. Juga pada saat itu terjadi teman-teman sekalian, azan pertama kali dikumandangkan. Itu diawal Hijriah. Diawal hijriah. Jadi setelah diubahnya jumlah rakaat salat, belum ada wahyu yang menyampaikan bagaimana caranya, muslimin untuk tahu waktu salat sudah masuk. Kecuali dari tanda-tanda saja, seperti sabda nabi ﷻ “Zuhur itu adalah kalau seseorang berdiri di bawah matahari dan tidak terlihat bayangannya.” Kalau kita berdiri dan matahari ada di tengah-tengah kepala kita, jadi bayangan tidak terlihat, maka itu masuk waktu Zuhur.Waktu Ashar pada saat matahari sangat terang. Waktu Maghrib pada saat terlihat awan merah, dan waktu Isya pada saat awan merah hilang dan subuh- -pada saat langit sudah bisa terlihat bukan gelap lagi seperti malam. Jadi ada ciri-cirinya. Maka para sahabat cuman mengingat itu saja. Lalu mereka kumpul untuk salat berjamaah bersama nabi ﷻ. Apalagi ini tidak'ada microphone sekarang untuk pengeras suara untuk manggil orang.Maka pada saat itu teman-teman sekalian, nabi ﷻ beristihaj karena belum ada wahyu turun. Untuk memberikan tanda yang terbaik tentang waktu salat. Sampai dalam beberapa Atsar disebutkan, nabi ﷻ
sempat menyuruh sahabat untuk mencari lonceng yang digunakan oleh orang-orang Nasrani. Cari lonceng biar lonceng juga dibunyiin. Tanda salat sudah masuk waktu. Saat itu belum ada wahyu turun. Akhirnya sahabat pada nyari semua. Di Madinah tidak ada Nasrani dan orang Yahudi tidak pakai lonceng. Maka mereka tidak temukan. Akhirnya pada malam itu, seorang sahabat nabi yang mulia namanya Abdullah container Zaid container Tsa’labah.Sahabat nabi yang mulia ini mimpi. Dia melihat dalam mimpinya ada seseorang membawa lonceng lalu dia tanya –” Hai tuan mau enggak jual lonceng itu buat Saya?” Kata orang itu “Untuk apa kau beli lonceng?”” Dia bilang untuk panggilan salat kami. Maka orang itu word play here berkata, “Maukah kamu Saya tunjukkan padamu daripada lonceng ini?” Kamudian Abdullah container Zaid mengatakan- -” Iya tentu saja mau.” Kemudian orang itu mengajarkan lafadz Azan yang kita tahu sekarang. الله أكبر الله أكبر Dan seterusnya sampai -لا إله إلا الله,. Maka dia pun segera bangun pada saat itu sebelum subuh, lalu pergi ke mosque dan mengatakan–” Ya Rasulullah Saya mimpi seperti ini.” Kata nabi ﷻ “Sungguh itu mimpi yang baik. Ajarkan lafadz itu kepada Bilal karena–“. Bilal lebih indah suaranya darimu.
” Berarti Muadzin harus suaranya yang bagus. Jangan buat orang tambah tidur. Suaranya Azan itu makin membuat enak, indah, menarik orang untuk datang salat.Pada hadis ini pelajaran juga teman-teman sekalian karena kalau seorang Muazin harus dipilih yang paling bagus suaranya. Wajar untuk memanggil orang, walaupun memang ada motivasi dalam Islam untuk menjadi muadzin > Saat Bilal mengumandangkan azan, pakai lafadz tadi subuh itu, orang-orang sudah mulai dengar. Allahu Akbar 2x sampai seterusnya. Sampai la ilaha ilallah. Umar bin Khattab baru terbangun dan ternyata Umar mimpi juga sama. Maka Umar datang mengatakan “Ya Rasulullah, demi Allah Saya mendengar lafadz ini
dalam mimpi Saya.” “Dan Saya sudah ingin menyampaikan ini kepada Anda.” Kata nabi ﷻ “Sungguh itu mimpi yang baik hai Umar dan sudah diterapkan.” Dan ini juga pelajaran teman-teman sekalian, kalau mimpi orang mukmin itu benar. Tapi ada bedanya antara” mimpi orang mukmin atau para- -sahabat di zaman nabi ﷻ masih ada dan setelah nabi ﷻ meninggal.Kalau di zaman nabi ﷻ, mimpi sahabat bisa menjadi hukum Syar ' i. Kenapa? Karena wahyu masih turun. Seperti kasus mimpinya tadi Abdullah container Zaid bin Tsa’labah رضي الله عنه. Ini pada saat beliau mimpi, dengar azan dilaporkan nabi, nabi bilang “Iya, baik.” Karena wahyu menyampaikan ke nabi itu adalah bagian dari Syar ' i. Tapi setelah nabi ﷻ meninggal, tidak ada lagi mimpi orang mukmin yang merupakan syariat baru, karena agama sudah lengkap. Tapi mimpi dia bisa saja” misal mimpi baik “atau Ruqyah Shadiqah sebagaimana sabda nabi ﷻ “Mimpi yang baik atau Ruqyah Shadiqah.”–” … adalah cabang daripada enam puluh tiga kemukjizatan nabi ﷻ.” Jadi, itu bisa merupakan kebagian dari mukjizat nabi. Jadi teman-teman sekalian, kita mimpi umrah haji, kita mimpi melihat Ka '
bah. Itu Ruqyah Shadiqah mimpi yang baik dari Allah. Kita mimpi melihat surga, misal. Kita mimpi bertemu dengan orang tua kita dan ternyata dua hari lagi mereka datang. Mengunjungi kita. Maka ini semua namanya Ruqyah Shadiqah. Dan ada dua macam mimpi. Ru ‘yah Shadiqah dan Hilm. Kalau Ru’yah Shadiqah–mimpi yang baik bagi orang-orang beriman. Ini biasanya orang itu sangat saleh dan Allah berikan petunjuk dalam mimpinya tapi bukan syariat ya.Bukan syariat. Ini perlu digarisbawahi. Jadi kalau ada orang mimpi dia mengaku dengan simbolnya Islam pakai kopiah–pakai surban, pakai jubah, tapi mimpi” “salat sekarang sudah berubah sekarang jadi tiga rakaat atau tiga waktu, ini enggak benar mimpinya. Ini masuk ke dalam mimpi keduanya namanya Hilm, dari setan. Ibnu Sirin menyebutkan رحمه الله mimpi dari setan seperti misalnya orang mimpi jatuh dari jurang, digigit hewan. Kemudian dia berbuat kemaksiatan, itu semua dari setan. Bahkan sebagian ulama memasukkan mimpi junub adalah–gangguan setan, karena seperti dia berzina tapi untung dia tidak melakukannnya dalam kondisi tidak sadar dalam mimpi. Itu permainan setan. Makanya nabi ﷻ tidak pernah junub. Seperti itulah. Tapi kita ambil pelajaran dari sini masalah mimpi itu. Dan ternyata betul setelah mimpi tersebut, wahyu turun waktu Abdullah container Zaid bin Tsa’labah menyampaikan kepada nabi ﷻ–nabi mengatakan “Ini adalah digunakan. Sampaikan kepada Bilal.” Karena ada wahyu menyampaikan kalau itu benar. Kejadian yang existed adalah teman-teman sekalian di tahun pertama Hijriah adalah Rasulullah ﷻ membentuk pasukan pertama. Dengan istilah Sariah. Apa itu Sariah? “Dan ini akan sering kita sebutkan. Nanti ada Sariah ini-itu. Sariah teman-teman adalah–pasukan yang kurang dari seratus orang jumlahnya, pasukan yang kurang dari seratus orang dan ini strategi perang nabi ﷻ.Beliau selalu mengirim ini. Pasukan kurang dari seratus orang namanya Sariah. Dikirim misalnya untuk menyerang satu lokasi. Kadang-kadang cuman tiga puluh orang, kadang-kadang cuman sepuluh orang, kadang-kadang lima belas orang. Kadang-kadang tujuh puluh orang. Tergantung. Tapi Sariah ini biasanya kurang dari seratus orang. Kalau sudah lebih dari seratus orang, dinamakan dengan Ma ' rakah alias peperangan. Kalau nabi ﷻ tidak hadir. Kalau nabi ﷻ hadir,–dinamakan dengan istilah lain, Gazwah. Jadi ada tiga istilah peperangan.
Sariah, yaitu seratus orang kurang jumlah pasukan dan nabi ﷻ di situ–mengutus orang untuk menyerang wilayah tertentu dan bukan peperangan besar. Yang kedua Ma ' rakah. Ma ' rakah itu peperangan yang dibentuk atau dikirim yang terjadi di muslimin dan orang kafir –tapi jumlah mereka di atas seratus dan nabi ﷻ tidak hadir. Kalau yang ketiga, Gazwah, peperangan di atas seratus orang yang dipimpin langsung oleh nabi ﷻ. Jadi teman-teman baca dalam Bahasa Arab biasanya Badr itu dikatakan Gazwah badr. Uhudd Gazwah, karena nabi hadir. Kalau nabi ﷻ tidak hadir namanya Ma ' rakah. Baik, pada saat itu pertama kali nabi ﷻ membentuk Sariah. Pasukan yang kurang dari seratus orang untuk memerangi Quraisy dan beliau ﷻ memulai dengan menghadang kafilah dagang Quraisy–yang datang dari negeri Syam yang dikawal dari tiga ratus pasukan Quraisy, yang memimpin pasukan pada saat itu pemimpin Sariah namanya– Hamzah container Abdul Muthalib.Yaitu paman nabi ﷻ. Jadi perlu kita gambarkan teman-teman, kalau kondisil laptop Saya ini kita ibaratkan dengan Jazirah Arab ini namanya negeri Syam. Maka bagian atas utara Jazirah Arab ini namanya negeri Syam. Di wilayah timurnya itu adalah Irak, Iran, Afghanistan, Rusia. Wilayah baratnya, itu Afrika. Mesir Tunis dan seterusnya. Wilayah selatannya, di bawah. itu adalah Yaman. Di bawah lagi sampai ke kita ke Asia tenggara, sampai ke Indonesia. Jadi kita di Selatan Jazirah Arab. Kalau kita petakan empat tadi, Utara, Selatan, Timur, Barat, maka Mekkah sama Madinah ada di tengah-tengah Jazirah Arab.Kurang lebih di atas tengah sedikit. Lebih dekat ke negeri Syam. Tapi Mekkah itu berada di bawah Madinah. Mekkah itu berada di Selatan Madinah. Jadi kalau posisi Negeri Syam itu yang lebih dekat ke Negeri Syam adalah Madinah. Madinah dulu, baru Mekkah di bawahnya. Orang-orang Mekkah teman-teman sekalian, mereka kan pada saat itu ambil dagangan dari Negeri Syam, Kita tahu waktu zaman nabi ﷻ masih di Mekkah Saya ceritakan nabi ﷻ dagang ke negeri Syam. Allah sebutkan dalam Al-Qur ' an tentang Quraisy (رحلة الشتاء والسيف )” Perjalanan musim dingin dan musim panas perjalanan perniagaan mereka.” Jadi orang-orang Quraisy kalau mau ke Negeri Syam, mereka lewatin Madinah. Jadi ini Madinah ini Mekkah. Mereka harus lewat Madinah baru –baru sampai ke negeri Syam. Waktu itu enggak ada jalur lain. Karena Madinah lebih dekat dengan negeri Syam. Nah pada saat kafilah dagang mereka kembali –nabi ﷻ hadang dengan menyuruh sahabat hadang. Dan pasukan yang dibentuk oleh nabi ﷻ menghadang ini khusus dari orang-orang–Muhajirin.Orang Anshar enggak ikut waktu itu. Apa sebabnya teman-teman sekalian? Karena orang-orang Mekkah telah merampas hartanya–sahabat. Jadi perlu digarisbawahin ini, karena banyak sebagian orang orientalis mengatakan Muhammad sengaja merampas- -hartanya orang-orang Mekkah untuk memburukkan nama nabi ﷻ padahal sebenarnya tidak. Merekalah orang Quraisy yang telah merampas- – hartanya muslimin dan dirampas kembali oleh nabi ﷻ. Itu word play here banyak upaya yang gagal. Di antaranya Sariah yang pertama ini dianggap – – tanda kutip gagal di sini.
Gagalnya kenapa? Waktu Hamzah bin Abu Muthalib mendapatkan kafilah tersebut,–padahal jumlahnya banyak padahal sebanyak tiga ratus orang yang mendampingi kafilah itu. Dan kafilah ini dikatakan kafilah kalau marginal tiga ekor unta. Sampai ke atas; sampai seribu ekor unta, dua ribu ekor unta, itu semua.Dan rata-rata kalau kafilah dagang di jaman dulu itu di atas seribu seribu lima ratus sampai dua ribu ekor unta. Mereka dikawal dengan tiga ratus prajurit. Diserang oleh Hamzah, kurang lebih hampir seratus orang. Tapi rupanya, mereka sempat berada –di wilayah suku Dumrah namanya. Suku Dumrah ini salah satu suku Arab yang lebih cenderung kepada Quraisy. Pimpinannya namanya
Majdi container Amr. Majdi container Amr ini waktu dengar Quraisy mau lewat, Quraisy minta tolong maka Majdi membuat pasukan –lalu menghadang muslimin. Waktu dihadang muslimin jumlahnya banyak, ribuan pasukan suku Dumrah ini. Dihadang. Lalu kata Dumrah, kata majelisnya, Saya tidak mau ada peperangan di wilayah Saya. Saya cuman minta kalian kembali ke Madinah, jangan serang kafilah Quraisy. Hamzah waktu itu salah satu pemimpin perang yang tahu tentang hukum Syar ' i. Tidak boleh menyerang kecuali yang diinstruksikan. Nabi ﷻ suruh serang'kafilah Quraisy sekarang yang dihadapi Dumrah.Belum ada perintah untuk “itu. Tidak ada alat komunikasi untuk nanya ke Nabi ﷻ ke Madinah.” “Serang Dumrah” enggak adak. Maka yang terjadi Hamzah mundur, Hamzah kembali ke Madinah kemudian melaporkan itu ke nabi ﷻ. Maka nabi ﷻ word play here membentuk yang lain lagi. Dibentuklah pada saat itu teman-teman, untuk menyerang kafilah yang lain. Ada kafilah Quraisy existed datang dipimpin oleh Abu Jahal. Disuruh keluar lagi sama nabi ﷻ seranglah. Ternyata sama. Jadi antara kafilah dari negeri Syam lewat itu untuk memisahkan diri dari Madinah.Mereka harus mutar dari samping Madinah ke
sampai ke Mekkah. Nah ditransisi jalan mutar ini di situlah suku Dumrah itu. Suku Dumrah campur tangan lagi di sini yang kedua kali. Majelik keluar lagi menahan lagi muslimin, tidak boleh sama sekali menyerang Dan nabi ﷻ juga tidak menginstruksikan kepada Hamzah untuk yang kedua kalinya untuk menyerang Dumrah. Kembali, dan mereka word play here kembali. Pada bulan Syawal, nabi ﷻ mengutus Syariah yang ketiga yang dipimpin oleh Rubaidhoh bin Harits container Abdul Muthalib.
Baik tentu ada beberapa orang yang lain yang dipersaudarakan oleh nabi ﷻ–tetap yang paling mahsyur kisahnya adalah Abdurrahman dengan Sa ' ad.Yang terakhir teman-teman sekalian adalah Keputusan pemerintahan di Madinah. Maka nabi ﷻ mengeluarkan instruksi yang ketiga, dan keputusan yang ketiga itu keputusan pemerintahan–di Madinah.Maka keluarlah pada saat itu piagam yang mahsyur dengan piagam Madinah. Sekarang kami sudah punya komunitas, maka seluruh–penduduk Quraisy yang kafir, kalau yang beriman datang lain cerita.Kalau yang kafir dan datang ke Madinah, tidak ada jaminan bagi dia. Ma ' rakah itu peperangan yang dibentuk atau dikirim yang terjadi di muslimin dan orang kafir –tapi jumlah mereka di atas seratus dan nabi ﷻ tidak hadir. Pasukan yang kurang dari seratus orang untuk memerangi Quraisy dan beliau ﷻ memulai dengan menghadang kafilah dagang Quraisy–yang datang dari negeri Syam yang dikawal dari tiga ratus pasukan Quraisy, yang memimpin pasukan pada saat itu pemimpin Sariah namanya– Hamzah container Abdul Muthalib.Yaitu paman nabi ﷻ.FALSE:: MISTAKE: UNSUPPORTED ENCODING