اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Alhamdulillah, selalu saja kita memuji Tuhan kita Allah ﷻ, karena memang dengan memuji-Nya, segala kebutuhan kita – – akan dipenuhi oleh-Nya. Dan juga kita panjatkan salam hormat kita, selawat dan taslim kepada nabi besar Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ والصلاة والسلام – sebagai bentuk kepatuhan terhadap Sang Pencipta yang telah menjadikan membacakan salam hormat kepada beliau – – sebagai ibadah. Saudaraku seiman, kita akan lanjutkan bahasan kita Sirah Nabawiyyah. Dan kita akan melanjutkan bahasan yang tadi pagi atau tadi siang tepatnya, pada saat kita sudah selesai menutupnya. Tentang beberapa orang-orang Quraisy yang bertauhid. Yang bertauhid. Dan yang terakhir kita bahas tadi adalah surat Ad-Dhuha. Surat yang turun setelah terputusnya wahyu yang ketiga. Setelah surat Al-Mudatsir, Al-Muzamil, kemudian surat Ad-Dhuha. Sebelum kita masuk ke masalah dakwah nabi ﷺ, sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, memang seperti itu judulnya – – di dalam buku-buku Sirah, maka kita akan sebutkan dulu beberapa orang-orang Quraisy.
– yang tidak ikut-ikutan sembah berhala. Jadi teman-teman sekalian, orang-orang Quraisy beriman kepada Allah – – sebagaimana sudah kita sebutkan tadi. Mayoritas mereka mengenal Allah ﷻ Tetapi mereka berbuat kemusyrikkan. Mereka mendatangkan patung-patung yang diprakarsai oleh seseorang yang bernama – – Amru Bin Luhay, kemudian turun-temurunlah mereka menjadikan patung itu sebagai perantara antara mereka dengan Allah – – sementara patung itu adalah benda mati. Maka Allah cap mereka sebagai orang musyrik. Ada di antara Quraisy yang tidak ikut-ikutan sembah berhala. Tadi sempat ada yang bertanya kepada Saya, cuman kata beliau – – “” Ustaz Saya enggak bisa hadir malam, Saya titip pertanyaannya.”” Kebetulan pertanyaan ini memang tidak perlu Saya tunggu sebentar – – sampai masuk waktu pertanyaan kita, karena memang sesuai dengan apa yang mau Saya sampaikan sekarang.Jadi Muhammad ﷺ sebelum ada ajaran Islam, atau ajaran syariat yang dibawa oleh Beliau, beliau beragama apa? Jadi di Mekkah itu teman-teman, masyarakat itu mengikuti ajaran nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ. Di Mekkah, mereka mengikuti ajaran nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ, makanya pelajaran Sirah kita dimulai dari pelajaran sejarah– nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ, kalau antum masih ingat dari awal kita ceritain Nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ datang membawa Hajar dan Ismail- -kemudian adanya air zam-zam, pembangunan ka ' bah, segala macam, sampai disyariatkannya haji, itu adalah turun-temurun. Pertahankan. Hanya saja waktu antara nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ dan nabi Muhammad ﷺ sangat jauh. Dan memang tidak ada lagi nabi di Mekkah, maka karena lamanya waktu ini, kemudian datangnya Amru Container Luhay — ia mendatangkan patung, sehingga akhirnya ia mencampur-baurkan antara ibadah mereka. Ibadah kemurnian- -syariat nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ dan dicampurbaurkan dengan kemusyrikkan. Jadi ini betul-betul pelajaran teman-teman sekalian. Tentang bahayanya orang berbuat musyrik. Banyaknya sekarang umat Islam yang begitu. Mereka bilang dalam salatnya- -اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ “Hanya kepada-Mu Ya Allah kami menyembah. Hanya kepada-Mu kami minta tolong.” Lalu habis salat pergi minta-minta ke kuburan sebelah masjidnya.Baik, mana komitmen tadi kita mengatakan– “Hanya kepadamu. Hanya kepadamu.”? Orang saleh pun meninggal. Sesaleh apapun mereka– siapa yang lebih saleh daripada nabi-nabi? Siapa yang lebih saleh daripada para sahabat, teman-teman “sekalian? Jelas tidak ada.” Tapi nabi-nabi tetap kita bacakan selawat kepada mereka kan? Permintaan tambahan rahmat. Bahkan nabi Muhammad ﷺ orang yang paling mulia kita disuruh memberikan selawat untuk beliau. Minta agar Allah tambahkan– karunia rahmat. Karunia dan rahmat yang luas kepada nabi ﷺ. Begitu juga para nabi-nabi, begitu juga para sahabat. Kita tetap mengatakan رضي الله عنه Kenapa kita doakan mereka? Karena memang orang sudah mati memang begitu perintahnya. Perintah agama kita disuruh doakan. Bukan kita yang datang minta-minta ke kuburannya. Belum pernah teman-teman ada satu riwayatpun yang menjelaskan sahabat-sahabat kalau waktu setelah nabi ﷺ– meninggal mereka datang minta-minta di kuburan nabi. Enggak pernah seperti perilaku banyak umat Islam sekarang. Taruh air lah, ambil tanahnya lah, berdoa di situlah, minta tolonglah, minta jodohlah, minta jabatan. Ini semua kemusyrikkan, ini musyrik saudaraku seiman. Tinggalkan tidak boleh. Allah ﷻ menyuruhkita memurnikan ibadah kepada-Nya. Makanya kalau para sahabat sendalnya putus, minta ke langit.Ya Allah sendal Saya putus, sakit. Ya Allah sembuhkan. Bukankah nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ mengatakan– dan Allah kekalkan dalam Al-Qur ' an. أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “Dialah yang menghidupkan dan mematikan Saya.” Kemudian dalam ayat yang lain nabi Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ mengatakan– و إذا مرضت فهو يشفين – “Kalau Saya sakit cuman dia yang menyembuhkan Saya.” Kalimat tahudi semuanya, pengesaan kepada Allah ﷻ Berapa banyak orang terjerumus dalam kemusyrikkan dan tidak sadar. Menyembelih untuk kuburan, menyembelih untuk patung. Menyembelih untuk kuburan, padahal statusnya muslim. Atau menyebarkan segala macam apa di pertaniannya, di perkebunannya, memasang buhul-buhul, percaya kepada jin-jin. Ini semua perbuatan kemusyrikkan. Enggak ada dari ajaran nabi ﷺ kalau boleh pakai tenaga jin, nabi sudah pakai tenaga jin. Iya kan? Di perang Uhudd, di perang Badr, di perang Khaybar. Enggak usah suruh sahabat berperang.Panggil aja jin suruh perang. Orang Mekkah enggak lihat kok. Bisa saja kan tapi enggak dilakukan. Karena memang itu bukan bagian dari syariat kita. Tidak bisa kita lakukan. Jadi hati-hati dengan kemusyrikkan teman-teman. Abu Jahalو Abu Lahab perhatikan, beriman kepada Allah loh. Mereka tahu ada Allah makanya tadi ayat yang Saya — bacakan. Allah berfirman. أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ.
وإذا سألتهم. “Hai Muhammad, kalau kau tanya mereka orang-orang Mekkah itu.”- من خلق السموات. “Siapa pencipta mereka?” “Yang mengatur dan menunduukan bulan dan matahari.” “Mereka penduduk Mekkah pasti serentak mengatakan ada Tuhan namanya Allah.” Tanya mereka Hai Muhammad, kenapa mereka sembah-sembah berhala itu kalau begitu? Untuk apa mereka datangkan berhala? Mereka jawab dan Allah kekalkan. ما نعبدهم إلا ليقربنا إلى الله زلفى.
0:06:29.047,0:06:34.190″. “Kami enggak sembah berhala-berhala ini kecuali hanya perantara yang memudahkan kami mendekatkan diri– sama Allah.” Apa hubungannya?” “Kecuali Saya bilang tadi, kalau benda-benda itu memang” “dasarnya dalam Islam diperintahkan. Untuk dipake. Tanah dipakai untuk sujud misalnya. Masjid dibangun begini lalu kemudian kita salat di dalamnya.Ka ' bah tadi Saya bilang– kita sujud ke arahnya. Karena ada perintahnya. Kalau enggak ada perintahnya enggak usah.
Jadi mereka masih menjaga kemurnian ajaran Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ Karena nanti di antara mereka juga ada yang mengikuti ajaran Nabi Isa عَلَيْهِ السَّلَامُ.Empat orang ini teman-teman sekalian, adalah yang pertama Ustman Container Talhah, kemudian Warakah bin Naufal, yang kedua. Yang kedua Warakah bin Naufal, yang ketiga Zaid container Amr container Nufail, dan yang keempat Qis container Sailah. Tapi yang dua tadi, jelas-jelas ada hadisnya walaupun sebagian ulama mengatakan keempat nama ini, karena mereka — bertauhid atau yang duanya mengikuti ajaran Isa عَلَيْهِ السَّلَامُ selama mereka tidak menyekutukan Allah, dan kita tahu sebelum nabi Muhammad ﷺ — setiap nabi diutus untuk wilayahnya masing-masing.
Mereka mendatangkan patung-patung yang diprakarsai oleh seseorang yang bernama – – Amru Container Luhay, kemudian turun-temurunlah mereka menjadikan patung itu sebagai perantara antara mereka dengan Allah – – sementara patung itu adalah benda mati. Jadi mereka masih menjaga kemurnian ajaran Ibrahim عَلَيْهِ السَّلَامُ Karena nanti di antara mereka juga ada yang mengikuti ajaran Nabi Isa عَلَيْهِ السَّلَامُ.Empat orang ini teman-teman sekalian, adalah yang pertama Ustman Container Talhah, kemudian Warakah container Naufal, yang kedua. Yang kedua Warakah bin Naufal, yang ketiga Zaid container Amr bin Nufail, dan yang keempat Qis bin Sailah. Tapi yang dua tadi, jelas-jelas ada hadisnya walaupun sebagian ulama mengatakan keempat nama ini, karena mereka — bertauhid atau yang duanya mengikuti ajaran Isa عَلَيْهِ السَّلَامُ selama mereka tidak menyekutukan Allah, dan kita tahu sebelum nabi Muhammad ﷺ — setiap nabi diutus untuk wilayahnya masing-masing. Dan pada paling awal beliau dakwahi adalah- -istrinya yang tercinta, Khadijah رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاا dan Khadijah tidak ragu dan langsung menerima Islam dan dia wanita pertama yang menganut Islam.Dan yang terakhir masuk Islam, bilang Abu Bakar, bukan terakhir pada hari itu saja– masuk Islam seorang sahabat nabi yang lain, yang juga dijamin masuk surga. Sampai Rasulullah ﷻ bersabda setelah itu “Bila ditimbang iman seluruh umat ini, dengan imannya ABu Bakar — Iman umat ini, semua kita ini, semua sahabat, semua tab ' in, semua ulama, semua masyarakat awam yang sudah mati yang sekarang hidup- Yang akan lahir nanti.Semua umat ini sampai hari Kiamat ditaruh imannya di suatu timbangan dan Iman Abu Bakar di timbangan sebelahnya– tetap iman Abu Bakar fading berat Karena tidak ada ragu. Kita pindah teman-teman sekalian di sub-judul yang lain- -setelah berjalan beberapa waktu, tapi Saya pribadi tidak menemukan beberapa bulan, atau beberapa hari kah jaraknya, ini tapi yang jelas– Allah ﷻ memerintahkan setelahnya kepada baginda nabi ﷻ yang disebutkan dalam surat Al-Hijr.
Diundang nabi ﷻ siapkan makanan undang mereka, rencananya habis makan– mau disampaikan.Abu Lahab datang juga waktu itu. Datang orang ini. Belum nabi ﷻ bicara, baru datang orang kumpul semua langsung dia bilang — “Hai Muhammad, bila engkau mengumpulkan kami untuk menyampaikan agamamu yang kemarin kau sampaikan.” “.”–“. maka jangan kau bicara.” Ini perasaan dia seorang paman, maka harus” ponakannya dengar. Nah ini satu hal yang buruk ya. Banyak orang begitu “. Ada orang tua, ada paman, kadang-kadang walaupun ponakannya itu benar atau anaknya” benar dia enggak mau dengar.
Ini kebodohan ini ya. Tidak benar seperti ini. Harusnya kita bijaksana kalau itu benar walaupun dari lisan anak kecil kita harus dengar. Mungkin seseorang minum berdiri, lalu anaknya mengatakan “Ayah jangan minum berdiri” “.” Benar “Oh iya nak. Terima kasih.”” Mustinya begitu. “Ah kamu anak kecil ngerti apa?” Enggak boleh. Menolak kebenaran. Ini bahaya dan enggak boleh sama sekali. Abu Lahab begitu prinsipnya.” Dia menganggap nabi ﷻ ponakan. Ponakan berarti harus lebih di bawah. Mau lebih pintar mau lebih apa enggak penting. Maka dia ribut. Nabi ﷻ pun akhirnya melihat kejadian tersebut, nabi tidak mau bicara. Sudahlah silahkan makan. Abis makan bubar. Nabi ﷻ akhirnya mengundang, beberapa hari kemudian, seluruh kerabat “kecuali Abu Lahab.” Dalam buku ini lho.Semua datang silahkah, dikirimin undangan, kecuali orang ini jangan diundang. Waktu semuanya datang, habis makan, Abu Lahab enggak tahu berita nih. Nabi ﷻ sampaikan Saya begini– Saya utusan Allah, turun firmannya Allah, Saya ketemu sama Jibril. Diceritakan semuanya panjang lebar dan yang pertama masuk Islam adalah Shofiah رضي الله عنه Tante nabi ﷻ yang mulia, ibunya Zubair bin Awam. Dakwah Islam makin menyebar saat itu, setelah kerabat-kerabat nabi ﷻ ada yang terima ada yang tidak, tapi yang disebutkan dalam buku sejarah– pada saat pertemuan itu yang langsung mengucapkan syahadat adalah Shofiah.Apalagi anaknya, Zubair sudah masuk Islam sebelum Ibunya ketika di tangan Abu “Bakar. Dakwah Islam menyebar teman-teman sekalian– cepat sekali, tapi kebanyakan yang memeluk ini adalah orang-orang yang miskin dan kalangan di bawah. Terutama dari hamba sahaya. Yang terkenal kisahnya, yang mahsyur, adalah orang yang sangat mulia– Yasir رضي الله عنه bersama istrinya Sumayyah رضي الله عنها yang terkenal dua-duanya orang yang pertama mati syahid dalam Islam.
Dan juga anak mereka Ammar رضي الله عنه. Juga ada dari kalangan budak yang lain seperti Khabbab container Art, Bilal container Rabbah “, Suhaib Ar-Rumi, Amir bin Fuhayroh — Abdullah bin Mas ' ud رضي الله عنه ini semua adalah orang-orang yang dulu pekerja.” Abdullah container Mas ' ud bukan hamba sahaya, tapi pengembala kambing. Nanti akan kita jelaskan bagaimana Abdullah bin Mas ' ud menebas lehernya Abu Jahal di perang Badr. Nanti akan ada kisah sendiri masalah itu. Tapi yang jelas waktu itu Abu Bakar رضي الله عنه satu-satunya orang yang mengiklankan Islamnya. Maka ia menjaharkan Al-Qur ' an di depan Ka ' bah. Waktu sudah mulai beberapa hari berjalan ayat yang turun- Abu Bakar sudah mulai menghafal gitu kan ayat-ayat lalu Abu Bakar datang kemudian beliau membaca depan Ka ' bah.Maka mendengar “bacaan tersebut, orang-orang Quraisy datang mengeroyokinya sampai darah memenuhi wajahnya رضي الله عنه. Tapi beliau tidak berhenti membaca sampai selesai suratnya. Abdullah bin Mas ' ud juga begitu. Sahabat nabi yang mulia ini beliau pengembala kambing– dan orangnya sangat kurus kecil Abdullah container Mas ' ud ini. Sampai-sampai teman-teman sekalian saking kurusnya– Abdullah container Mas ' ud ini, sampai nanti pas sudah hijrah di Madinah, suatu waktu beliau pernah naik ke atas pohon kurma kemudian ditiup oleh angin.
Akhirnya kain di bawahnya tersingkap, menyingkap pahanya. Saking kecilnya betisnya sampai sahabat tertawa. Spontan mereka tertawakan. Bukan niat mengolok ya.
Kemudian orang ketiga yang masuk Islam adalah sepupu nabi ﷻ yang diambil oleh nabi ﷻ, tinggal di rumahnya. Maka nabi ﷻ word play here– memilih Ali container Abi Thalib dan ini satu karunia yang besar” sekali dari Allah yang Maha Tinggi dan Maha Pemurah untuk Ali رضي الله عنه Bagaimana dia hidup di rumah nabi ﷻ, rumah kenabian, dan nanti nabi ﷻ juga menikahkan dia dengan anak nabi ﷻ, Fatimah, yang sudah mahsyur tentunya. Dan yang terakhir masuk Islam, bilang Abu Bakar, bukan terakhir pada hari itu saja– masuk Islam seorang sahabat nabi yang lain, yang juga dijamin masuk surga. Sampai Rasulullah ﷻ bersabda setelah itu “Bila ditimbang iman seluruh umat ini, dengan imannya ABu Bakar — Iman umat ini, semua kita ini, semua sahabat, semua tab ' in, semua ulama, semua masyarakat awam yang sudah mati yang sekarang hidup- Yang akan lahir nanti.Semua umat ini sampai hari Kiamat ditaruh imannya di suatu timbangan dan Iman Abu Bakar di timbangan sebelahnya– tetap iman Abu Bakar paling berat Karena tidak ada ragu. Kita pindah teman-teman sekalian di sub-judul yang lain- -setelah berjalan beberapa waktu, tapi Saya pribadi tidak menemukan beberapa bulan, atau beberapa hari kah jaraknya, ini tapi yang jelas– Allah ﷻ memerintahkan setelahnya kepada baginda nabi ﷻ yang disebutkan dalam surat Al-Hijr.FALSE:: ERROR: UNSUPPORTED ENCODINGLalu kemudian mereka mengatakan “” Kita harus membunuhnya, satu kalimat dia ucapkan kita berhenti semuanya? Lalu kemudian mereka mengeroyoki nabi waktu itu. Pada saat nabi sudah terpojok pada saat itu dikeroyokin makin banyak orang datang, dan tidak ada sahabat waktu itu yang melihat nabi karena – – memang sedikit sahabat nabi.Melihat kejadian tersebut, Fatimah رضي الله عنه anak nabi berusaha membantu Ayahnya tapi tidak mampu- -karena perempuan.
Lalu kemudian mereka mengatakan “” Kita harus membunuhnya, satu kalimat dia ucapkan kita berhenti semuanya? Lalu kemudian mereka mengeroyoki nabi waktu itu. Pada saat nabi sudah terpojok pada saat itu dikeroyokin makin banyak orang datang, dan tidak ada sahabat waktu itu yang melihat nabi karena – – memang sedikit sahabat nabi.Melihat kejadian tersebut, Fatimah رضي الله عنه anak nabi berusaha membantu Ayahnya tapi tidak mampu- -karena perempuan. Maka Abu Bakar word play here datang lalu menghunuskan pedangnya dan kemudian berusaha –mendorong orang-orang itu dari sisi nabi. Dan pada saat itu teman-teman sekalian, berhentilah orang-orang Quraisy–pada saat itu menyiksa nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّم.