Sirah Nabawiyah #4 : Kelahiran Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wassalam – Khalid Basalamah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُ للَّ
selalu kita memuji Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Zat yang paling pantas untuk dipuji, dicintai, dihormati, dan ditunduki. Memang kata kuncinya لا إله إلا الله لا معبود بحق إِلَّا اللَّهُ. “” Tidak ada Tuhan yang berhak disembah di langit dan di bumi kecuali Allah.” “” “Dan dia telah menggantungkan segala kebutuhan kita.” “” “Yang kita butuhkan untuk roda kehidupan
اَلْحَمْدُ للَّهِ”” Maka sangat wajar kalau kita selalu mengucapkan kalimat yang mulia ini. Juga dari sisi yang lain, sang pencipta Allah bersama malaikat-Nya mengucapkan salam hormat kepada manusia terbaik ini. Kalau seseorang di negeri Arab atau suku Arab itu memiliki kelebihan fisik; kepintaran, kekayaan, keturunan,– maka dinisbatkan suku padanya.
Bagaimana bisa Mekkah ini yang tadinya dikuasai oleh suku dia- Dan juga kakeknya Ismail عَلَيْهِ السَّلَامُ, direbut oleh Khuza ' ah walaupun di Mekkah itu suku Khuza ' ah sama suku Jurhum suadh berbaur. Kami yang membentuk komunitas di Mekkah, kami yang membentuk ekonominya, kami yang membangun Ka ' bah. Pada saat itu, Qushay melakukan banyak sekali perkembangan di Mekkah di antaranya dia membangun sebuah tempat bernama- -Darun Nadwah.
Dilakukan apa saja di situ. Siapapun orang Mekkah menikah kecuali di Darrun Nadwah. Nanti kita akan pelajari saat beliau mau hijrah pun ke Madinah, waktu mau dibunuh itu mereka kumpulkan di Darun Nadwah.
Saya tidak temukan anak ke berapa. Abduddar karena anak pertama, biasanya kalau dinisbatkan nama seseorang adalah nama anak pertamanya. Jadi Qushay ini dipanggil Abu Abduddar. Tapi Abduddar ini orangnya lemah
secara fisik. Dia enggak punya keterampilan, enggak punya kepintaran
, sehingga- Tidak punya kedudukan di tengah-tengah masyarakat, sementara adik-adiknya semua terutama Abdul Manaf– menonjol sekali. Punya suara, berdagang, majulah. Maka, Qushay ingin anaknya ini, Abduddar, punya kedudukan. Apa yang dia lakukan? Pada saat dia mau meninggal, dia tulis sebuah keputusan (surat) “Kalau Saya meninggal, semua kerajaan.” –” … semua pengurusan Ka ' bah, jemaah haji, itu di tangan Abduddar.” Waktu Qushay meninggal dunia, surat dibuka, ditemukan tertulis seperti itu, maka semua anak-anaknya patuh.Keputusan raja. Abduddar akhirnya menjadi raja. Berjalan waktu, teman-teman sekalian, Abduddar wafat. Pada saat wafat, keturunan Abduddar mau melanjutkan kerajaan ayahnya. Tapi, turunan Abdul Manaf tidak setuju.
Masih di Mekkah di masa Jahiliyah. Karena kedudukan si Ibunya Syaibah ini tinggi di sukunya, anak kepala suku, maka, Isma (cerai) di tangannya Ibunya. Jadi dikatakan di “sini ciri-cirinya adalah tempat zam-zam itu ada darah yang bercampur dengan rafat( buas) akan bercampur sama tanah.Lalu dikatakan lagi dalam mimpinya, عند نقرة الغراب الأعصم Di bawah patokannya burung gagak yang memiliki warna keputih-putihan.
Dan kalau masih ingat dulu pada pertemuan kita di bulan yang lalu. Ada penjelasan tentang dua patung yang disembah di Mekkah Isaf dan siapa yang ingat? Tempatnya itu sangat luas, jadi jangan dipahami ini tadi misalnya Ka ' bah, kemudian di sini posisinya tapi agak jauh di kiri-kanan.

Kami yang membentuk komunitas di Mekkah, kami yang membentuk ekonominya, kami yang membangun Ka ' bah. Pada saat itu, Qushay melakukan banyak sekali perkembangan di Mekkah di antaranya dia membangun sebuah tempat bernama- -Darun Nadwah.
Masih di Mekkah di masa Jahiliyah. Karena kedudukan si Ibunya Syaibah ini tinggi di sukunya, anak kepala suku, maka, Isma (cerai) di tangannya Ibunya. Tempatnya itu sangat luas, jadi jangan dipahami ini tadi misalnya Ka ' bah, kemudian di sini posisinya tapi agak jauh di kiri-kanan.Dari sekian orang ini, nanti setiap sama yang mati duluan dikubur oleh temannya, Very little nanti ada satu orang yang tidak tertutup kuburannya. Yang datang bertanya percaya, maka kufur kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad ﷺ. Makanya kita ketemukan bahasa Arab

yang kalau tanda kutip- -yang paling kacau itu bahasa Arabnya orang Mekkah.

Dari sekian orang ini, nanti setiap sama yang mati duluan dikubur oleh temannya, Minimal nanti ada satu orang yang tidak tertutup kuburannya. Siapa yang keluar namanya, itu yang Saya korbankan. Yang datang bertanya percaya, maka kufur kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad ﷺ. Itu meyakini kalau nabi terakhir yang mereka tunggu di Madinah keluar itu- -kalau dia lahir akan kelihatan bintang yang mereka istilahkan dengan Bintang Ahmad. Dan puncaknya yang terakhir adalah yang keempat belas meninggal di zaman Umar رضي الله عنه.Itu Aminah sakit keras dan meninggal di tempat itu dan dikubur di situ.Lalu nabi ﷺ dibawa pulang ke Mekkah oleh pembantunya Aminah dan diserahkan kepada kakeknya– Abdul Muthalib. Di antara yang dilakukan oleh nabi ﷺ adalah membeli beberapa produk di pasar Ukaz- pasar khas orang Mekkah. Pada saat mau tiba di negeri Syam, sebelum tiba di negeri Syam,- -kafilah ini melewatin sebuah gereja teman-teman sekalian, dan di situ ada satu pendeta bernama Bahirah.
Fisiknya segalanya. Bahirah memperhatikan.nabi ﷺ ini “semua ciri yang disebutkan dalam Injil ada. Dia masih bimbang, dia” ingin buktikan satu hal. “Apa itu? Dalam taurat dan injil juga disebutkan– setiap nabi itu punya tanda kenabian.” Apa tanda kenabian teman-teman sekalian? Sebuah daging yang menggumpal di pundak– sebelah kanan dan daging itu berwarna merah kehitam-hitaman dan dimiliki dengan bulu yang lebat. Maka Bahirah berkata “Hai anak kecil, apa kau izinkan Saya untuk melihat punggungmu?” Dia mengatakan “Iya silahkan.” Dibukalah oleh nabi ﷺ. Begitu dia lihat tanda itu. Lalu Bahirah menciumnya- -dan mengatakan “Kaulah orangnya.” Tapi garisbawahi satu hal ya. Tanda ini tanda kenabian. Sudah selesai dengan nabi Muhammad ﷺ.

“Jadi kalau dipunggung antum ada, dusta semua itu. Tidak ada hubungannya sama nabi. Loh iya karena banyak orang yang ngaku-ngaku nabi.Kata nabi ﷺ “Akan datang lima puluh dajjal atau pendusta, setelah aku meninggal.” Ngaku semuanya nabi. “Mereka semua pendusta. Aku penutup para nabi dan rasul.” Karena ada orang mengaku-ngaku. Jadi ini khas untuk nabi-nabi dan sudah ditutup dengan nabi Muhammad ﷺ. Jadi kalau ada gumpal-gumpal. itu daging numpang aja. Pada saat itu, Bahirah pun membawa nabi ﷺ masuk ke dalam ruangan makan lalu berkata– “Siapa walinya anak ini?” Wali. Siapa walinya anak ini? Kata Abu Thalib, “Saya ayahnya.” Abu Thalib berkata pamannya. Kata Bahirah “Tidak mungkin kau ayahnya.” “Anak ini mati ayahnya waktu masih enam bulan di perut ibunya.” Pendeta di Negeri Syam tahu. Anak ini meninggal ayahnya waktu dia umur enam bulan di perut ibunya.” Dan ibunya meninggal pada saat dia umur enam tahun. Serta dia dibina dan dididik. Dibina itu maksudnya dikasih” kalau bahasa Arab bina itu seperti — bangunan itu dibanguni, Dididik di besarkan dan seterusnya oleh kakeknya sampai umur 8 tahun.” “Dan kalau kau benar kerabatnya, kau adalah pamannya.” Abu Thalib kaget, “Dari mana Anda tahu semua itu?” Dia bilang, “Kami temukan dalam

kitab kami.Ketahuilah keponakan “kamu ini adalah nabi terakhir yang sedang ditunggu orang-orang.”” “Dan kalau orang Yahudi tahu dia dari turunan Arab, maka pasti mereka akan membunuhnya sebagaimana mereka–“. berusaha membunuh Isa ﷺ.” Kalau mereka tidak suka, mereka tolak. Maka jangan bawa ke Negeri Syam. Bawa pulang ke Mekkah segera.
Waktu dibawa pulang ke Mekkah, setelah tiba di Mekkah, maka ada kejadian kecil di sini. Seperti itulah.Waktu itu, pas Abu Thalib tiba di Mekkah, pas peramal-peramal lagi masuk di Mekkah. Kalau dia tanya jangan sebutin di mana anak ini.

Itu Aminah sakit keras dan meninggal di tempat itu dan dikubur di situ.Lalu nabi ﷺ dibawa pulang ke Mekkah oleh pembantunya Aminah dan diserahkan kepada kakeknya– Abdul Muthalib. Nabi ﷺ selalu di mana kakeknya, di situ ada dia. Di antara yang dilakukan oleh nabi ﷺ adalah membeli beberapa produk di pasar Ukaz- pasar khas orang Mekkah. Pada saat mau tiba di negeri Syam, sebelum tiba di negeri Syam,- -kafilah ini melewatin sebuah gereja teman-teman sekalian, dan di situ ada satu pendeta bernama Bahirah. Masuk di satu ruangan di gereja kemudian nabi ﷺ berdiri lalu berkata.Orang-orang Nasrani, di antara tafsir Al-Fatihah yang disebutkan oleh Ibnu Abbas رضي الله عنه. غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ “” Bukan orang-orang yang Kau murkai dan bukan orang-orang yang sesat.”” Kata Ibnu Abbas. Ini Ibnu Abbas Hibbur Ummah, ini ulamanya sahabat terutama dalam ilmu tafsir. Beliau mengatakan الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ Orang yang dimurkai adalah Yahudi. وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ dan orang-orang yang sesat adalah Nasrani. Lalu dirincikanlah. Kenapa Allah murka dengan orang Yahudi? Karena Yahudi tahu betul kebenaran Islam. Tapi mereka nolak. Dan bukan cuman nabi Muhammad ﷺ, mereka sudah menolak nabi Isa sebelumnya. Padahal alasan mereka nolak masuk Islam karena mereka bilang nabi terakhir dari bani Israil. Bukan dari Arab. Karena Arab kami enggak mau. Tapi ini dusta. Karena nabi Isa sebelumnya – – sudah dari bani Israil. Tapi mereka tidak mau mengimani. Jadi dusta saja.Maka Ibnu Abbas

mengatakan الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ orang-orang Yahudi. Kemudian Nasrani itu الضَّاۤلِّيْنَ. Yahudi tahu kebenaran tidak mau diikuti, maka Allah murka. الضَّاۤلِّيْنَ adalah sesat. Sesat maksudnya apa? orang sesat jalan berarti dia tidak punya ilmu. Orang-orang Nasrani mau menyebarkan agama mereka tapi mereka salah dengan mengatakan trinitas misalnya. Sementara Allah mengatakan لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ dan memang dalam agama, dalam kelompok nasrani sekarang — masih ada kelompok nasrani yang mentauhidkan Allah. Umumnya yang dapat hidayah dari mereka-mereka ini. Tapi kalau orang mengatakan trinitas ini biasanya sudah terdoktrin dengan keyakinan itu. Dan Allah sudah mengatakan. أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ لَّقَدۡ كَفَرَ ٱلَّذِینَ قَالُوۤا۟ إِنَّ ٱللَّهَ ثَالِثُ ثَلَـٰثَة ۘ( المائدة ٧٣) Telah kafir orang-orang yang mengatakan “Allah itu.” Atau trinitas.Saya sarankan teman-teman, saran Saya, tentu Saya tidak kenal orang ini. Tapi Saya melihat sendiri cuplikan di YouTube yang disampaikan benar.

Saya tidak ikutin, belum ikutin semua serialnya tapi Saya melihat orang ini dia ahli sejarah dari Palesetina. Coba mengangkat tentang kenapa bisa ada Nasrani yang mengatakan trinitas dan ada yang– yang juga mentauhidkan Allah. Namanya Jihad Turbani. Jihad Turbani ini kalau teman-teman ketik InsyaAllah sudah ada terjemahan Bahasa Indonesia. Ada salah satu serialnya dia menjelaskan tentang perpecahan Nasrani dan– sebab-sebab kemudian kapan terjadi bahkan orang-orang yang mengatakan trinitas membunuh– orang-orang nasrani yang bertauhid kepada Allah. Banyak hal yang dibongkar sama dia. Mungkin ini lebih banyak memberikan jawaban kepada penanya ini. InsyaAllah. Saya sarankan begitu dan InsyaAllah cuplikannya enggak lama. Lima belas menit, dua puluh menit. “Apakah Lath berhala adalah keturunan dari Abdul Manaf?” Tidak pernah ada riwayat masalah ini. Allahu A ' lam. Tanya sesuatu yang ada isinya. Karena kalau Lath nama patung. Kalau mau ditanya keturunan Abdul Manaf “, tidak ada sesuatu yang kita bisa ambil — artinya tidak perlu lah dia keturunan Abdul Manaf atau bukan, enggak penting buat kita. “Apakah Najasy di zaman Abrahah sama dengan Najasy yang di zaman nabi ﷺ?” “Yang menerima beberapa sahabat di Habasyah?” Tentu saja bukan.Yang lebih kuat pendapat mengatakan karena Najasy kan istilah, Saya sudah bilang tadi kan? Istilah Raja, seperti kaisar, seperti kisrah, seperti Tuba '. Jadi di bawah si Najasy ini, itu nama induknya ada” “nama-nama orang lagi. Yang lebih kuat yang Saya temukan dalam buku-buku sejarah, bukan yang hidup di zaman nabi ﷺ. Karena ini jauh di zaman Abrahah. Masih jauh sebelum nabi ﷺ lahir malah. Allahu A ' lam. Baik, mungkin begitu dulu teman-teman sekalian. Sesuai tema tidak? Karena ada Saya temukan banyak orang tidak sesuai dengan tema, ada juga orang yang sengaja ngetes-ngetes. Lempar pertanyaan sengaja ngetes, terulang-ulang, dan sekarang itu yang banyak diplintir= plintir di YouTube. Diambil lagi tanya jawab, diplintir, dibuat masalah lagi, untuk apa ini semua? Kalau ada teman-teman yang hadir di sini. Saya nasihati bertakwa kepada Allah. Hadir di majelis ilmu niat untuk ilmu, sudah paham yasudah amalkan. Semua ada pertanggungjawabkan di hadapan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dan Saya manusia biasa. Ikhwan dan Akhwat sekalian. Dan Saya bisa salah. Tapi kesalahan Saya untuk dinasihati bukan untuk dijadikan masalah, karena semua orang (punya )salah.Sahabat saja punya pendapat dua kadang-kadang. Imam Syafi ' i pernah punya pendapat lama dan pendapat baru. Bukan sesuatu yang manusia bisa salah. Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad, empat imam mazhab ini mereka punya pendapat lama dan pendapat baru. Kadang-kadang diperbaiki dengan pendapat yang baru karena dulu pernah keliru. Wajar saja. Kadang-kadang kita salah mengucapin sesuatu, mungkin kesalahan kedangkalan ilmu– atau mungkin kesalahan menyebutkan. Maka ini harus lebih hati-hati teman-teman sekalian. Bagaimana menanggapi tuduhan non-muslim mengenai kematian Rasulullah ﷺ? “Katanya beliau meninggal karena diracuni oleh wanita Yahudi sewaktu di Khaybar.” “Semoga anak ustad yang sedang sakit diberi kesembuhan.” Jazakallah khair.Aamiin InsyaAllah. Tentu kalau Saya pribadi, Saya bukan menemukan pendapat Nasrani, itu pendapat sebagian ahli sejarah muslim. Karena memang nabi ﷺ nanti akan kita bahas di fase Khaybar peperangan Khaybar. Beliau sempat dihidangkan- -makanan racun dan ada satu sahabat yang memakan makanan yang sama racunnya itu lumpuh. Sahabat itu dan meninggal beberapa waktu setelah lumpuh “, karena ganasnya racun itu. Maka sebagian ahli sejarah muslim mengatakan– nabi ﷺ berkumpul pada beliau dua hal. Kemuliaan pada saat meninggal. Meninggal dalam keadaan nabi, dan meninggal pada saat mati syahid. Ini ijtihad-nya sebagian ulama. Tapi kita tidak ambil pendapat orang-orang Nasrani.Ini pendapat memang sejarawan muslim. Allahu A ' lam. Baik sampai di sini InsyaAllah bahasan kita, dan kita akan lanjutkan nanti dengan izin kalau Allah masih panjangkan umur dan berkahi. Bulan depan InsyaAllah masalah menikahnya nabi ﷺ dengan Khadijah, keturunannya. Dan beberapa hal yang berhubungan dengan itu, kemudian kita masuk InsyaAllah ke masalah fase penobatan kenabian. InsyaAllah( cari ayat )Mungkin begitu semoga apa yang kita bahas pada hari ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga semua dosa yang pernah kita lakukan dimaafkan oleh sang pencipta Allah dan diganti menjadi pahala– dengan ke Maha Murahannya, dan semoga semua amal yang pernah kita kerjakan diterima oleh-Nya. Semua sisa umur kita ke depan diberkahi baik di keluarga, di harta, di keturunan, kemudian juga– puncaknya kita masuk surga tanpa hisab. Dan kita selalu mendoakan saudara kita di Palestina– di Syria, di Yaman, di Irak, di Myanmar, di Aqsa, di manapun yang sedang tertindas. Semoga Allah ikhlaskan niat mereka, terima para Syuhada mereka, mudahkan Islam di tangan mereka. Dan kita semua, semoga Allah dengan ke Maha Murahannya menyatukan kita semua di surga Firdaus-Nya tanpa hisab. Kalau ada benar itu dari Allah, kalau ada salah dari Saya dan mohon dimaafkan sebelum kafaratul majelis. Saya mengajak teman-teman sekalian untuk kembali ke situs resmi di www.khalidbasalamah.com Dan Saya ingin ingatkan, kalau ada teman-teman yang ingin menyebarkan ceramah, maka Saya sarankan tidak ada komersial. Jangan dikomersialkan. Kalau dikomersialkan akhirnya nanti antum memaksakan diri untuk memberikan judul yang kritiklah– dan seterusnya dan ini akhirnya menjadi sumber fitnah yang menjadi kemana-mana. Jadi ada satu orang bahkan sempat memasukkan e-mail ke tim kami, lalu mengatakan- “Kenapa ustad sekarang menahan ceramah-ceramah ini?” “Apakah ustad lebih mendahulukan dunia daripada akhirat?” Gara-gara dianya mengomersialkan ceramah ini. Kemudian kami tahan komersial itu. Tidak boleh dikomersialkan. Kalau tim yang mengomersialkan itu hak, karena kita yang syuting dan segalanya. Hak umum saja tidak ada pelanggaran agama. Tapi teman-teman, lalu kemudian dia bersangka buruk. Mengatakan “Saya sudah meng-upload sekian ratus ceramah lalu ada si Fulan sekian ratus ceramah.” “Kenapa harus ditahan?” Kami enggak tahan, asal tidak dikomersialkan.

Tapi komersial melanggar akad. Kan begitu. In itidak boleh sama sekali teman-teman sekalian. “Cukup dengarkan, sebarkan sebagai hal yang bermanfaat. Kemudian “juga, InsyaAllah besok subuh, kita akan bahas bedah buku judulnya Akibat Makanan Haram. Dan teman-teman bisa temukan bukunya InsyaAllah dengan panitia masjid, itu buku kecil dan InsyaAllah kita akan bahas– secara terinci. Mudah-mudahan Allah mudahkan, kita selesaikan juga dan temanya sudah diangkat sebenarnya di YouTube. Kemarin Tabligh Akbar di Makassar sekitar dua jam lebih. Tapi besok mungkin karena waktu kita kepepet,– Saya akan masuk ke poin-poin intinya. Allahu A ' lam. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ ، أشْهَدُ أنْ لا إلهَ إِلاَّ اللهَ ، أسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُV.

Coba mengangkat tentang kenapa bisa ada Nasrani yang mengatakan trinitas dan ada yang– yang juga mentauhidkan Allah. Yang lebih kuat yang Saya temukan dalam buku-buku sejarah, bukan yang hidup di zaman nabi ﷺ. Beliau sempat dihidangkan- -makanan racun dan ada satu sahabat yang memakan makanan yang sama racunnya itu lumpuh. Semoga semua dosa yang pernah kita lakukan dimaafkan oleh sang pencipta Allah dan diganti menjadi pahala– dengan ke Maha Murahannya, dan semoga semua amal yang pernah kita kerjakan diterima oleh-Nya. Kalau dikomersialkan akhirnya nanti antum memaksakan diri untuk memberikan judul yang kritiklah– dan seterusnya dan ini akhirnya menjadi sumber fitnah yang menjadi kemana-mana.

As found on YouTube

Follow IG @PendongengMerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *